Cara Menghindari Pergaulan Bebas Remaja, Orangtua Wajib Tau!

Resa Azzahra 0 Komentar

Tentunya sebagai orang tua sangat menghawatirkan akan lingkungan sang anak remaja. Untuk itu berikut cara menghindari pergaulan bebas

Indiffs – Pergaulan anak mudah memang wajib untuk diawasi oleh orang tua. Tak hanya disekolah, tetapi juga dilingkungan masyarakat. Apalagi anak mudah yang mudah sekali terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Untuk itu para orang tau wajib mengajarkan anak dengan beberapa cara menghindari pergaulan bebas yang ditakuti oleh semua orang tua.

Pergaulan bebas adalah perilaku menyimpang yang melewati batas norma-norma masyarakat. Dan faktor kurang nya perhatian dari orang tua, dapat menjadi penyebab anak remaja masuk ke dalam pergaulan bebas. Dan dampak pergaulan bebas ini bisa dirasakan mulai daru gangguan kesehatan yang diakibatkan dari obat-obatan atau minuman yang berakohol. Pendidikan akan terhambat serta tidak konsentrasi dalam belajar.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Untuk itu sangat diperlukan upaya pencegahan agar para remaja tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Hal ini tentunya perlu diperhatikan oleh para orang tua untuk mengajarkan anak nya apa saja yang tak boleh ia lakukan maupun apa yang akan ia makan dan minum.

Berikut cara yang bisa dilakukan dalam bentuk upaya pencegahan pergaulan remaja:

1. Kuatkan Pendidikan Agama

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk selalu menanamkan keagamaan kepada anak sejak dini. Dengan memperkuat pendidikan agamanya, diharapkan dapat menjadi cara ampuh dalam upaya pencegahan pergaulan bebas. Tentunya, pendidikan agama serta moral dapat memperkuat iman seseorang yang sudah ditanamkan sejak kecil. Jika anak sudah ditanamkan nilai-nilai agama, hal ini dapat menghindari pergaulan bebas yang menyimpang.

2. Dengan Menjaga Hubungan Orang Tua & Anak

Hubungan orang tua dan anak yang erat secara langsung dapat meningkatkan pengawasan yang lebih baik kepada anak. Selain itu, hubungan yang baik dengan keluarga juga bisa membuat anak semakin terbuka dengan orang tua.

Sikap terbuka kepada orang tua ini, berperan penting untuk meminimalisir anak bertindak menyimpang. Oleh karenanya, sudah seharusnya orang tua menciptakan suasana rumah yang hangat dan nyaman untuk anak. Dengan begitu, anak akan terhindar dari pergaulan bebas.

3. Bentuk Karakter Positif

Pembentukan karakter manusia sejak kecil sangat diperlukan agar ia dapat menjadi pribadi yang kuat dan berpendirian kokoh, sehingga walaupun mempunyai kesempatan untuk hidup bebas, ia dapat mengendalikan dirinya. Teguh berpegang pada prinsip hidup merupakan salah satu cara untuk mencegah pergaulan bebas.

4. Perluas Pengetahuan Anak

Pengetahuan adalah kekuatan yang akan membuka cakupan wawasan yang luas. Seseorang akan mudah menentukan pilihan hidupnya karena ia sudah mengetahui banyak tentang berbagai sisi dan dampak dari pilihan dia buat. Sebaliknya, apabila seseorang hanya memiliki sedikit pilihan, ia tidak akan tahu bahwa ada banyak pilihan yang lebih baik untuk kehidupannya. Misalnya, jika ia tidak mempunyai pilihan lain selain gaya hidup bebas, maka ia bisa terhindar dari pergaulan bebas.

5. Ajarkan Untuk Menerima Diri Sendiri

Terkadang alasan anak remaja memasuki pergaulan bebas adalah untuk diterima oleh lingkungannya. Hal ini biasanya selalu merasa tak cukup punya kepercayaan diri dan sulit mencari cara agar selalu berpikir positif. Maka ia ingin membuktikan diri dengan menjadi orang yang bebas tanpa terikat pada norma sosial. Agar terhindar dari pergaulan bebas, maka seseorang harus menjadi pribadi yang tahu cara meningkatkan rasa percaya dirinya.

Nah bagi orang tua harus lebih berhati hati dalam memilih lingkungan sekitar agar anak tak merasa percaya diri. Jika anak merasa seperti itu, sebagai orang tua kamu bisa menasehatinya dengan bijak dan dari hati ke hati.

6. Beritahu Tentang Memilih Teman

Jika orang tua mengajarkan anak untuk lebih selektif dalam memilih teman hal ini akan sangat berpengaruh dalam perilaku anak dalam sehari-hari. Ada baiknya untuk selalu memilih teman yang baik dan memiliki pondasi agama yang kuat. Dan cari lingkungan yang kondusif. Jika anak berada di lingkungan yang positif, ia juga akan mencotohkan hal baik tersebut, dan begitu juga sebaliknya.

7. Beritahukan Pendidikan Seks

Seks bebas adalah salah satu hal yang sering terjadi dalam pergaulan bebas yang dilakukan oleh anak remaja. Banyak anak remaja yang tak mengetahui tentang bahaya nya seks sejak kecil. Memang tak bisa dipungkiri, keingin tahuan remaja memang sangat tinggi mengenai hal yang berkaitan dengan seksualitas, terkadang tak mendapatkan penyaluran yang benar, sehingga banyak dari mereka akan mencari tau melalui jalan yang salah.

Seksualitas sepatutnya didapatkan pengetahuan anak sejak dini, hal ini bertujuan agar pada saat anak menginjak remaja, mereka akan menjaga dirinya dengan baik serta terjauh dari namannya pergaulan bebas.

8. Batasi Pergaulannya

Pergaulan bebas bukanlah cara hidup yang baik karena banyaknya kerugian yang akan ditimbulkan pada seseorang jika menjalaninya. Untuk menghindari pergaulan bebas, ada baiknya jika membatasi pergaulan kepada lingkungan atau teman yang hanya akan memberikan pengaruh positif.

9. Batasi Waktu Bermain Di Luar Rumah

Terlalu banyak waktu yang digunakan untuk melakukan kegiatan di luar rumah yang kurang bermanfaat, membuka peluang bagi pengaruh buruk untuk masuk. Jika bisa, batasilah kegiatan di luar rumah yang kurang penting agar dapat memfokuskan diri kepada cara hidup yang positif.

Dan itulah 9 cara menghindari pergaulan bebas yang bisa dilakukan oleh para orang tua dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru