Cara Meningkatkan Mood Belajar, Agar Kamu Semangat!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Terkadang belajar itu mudah sekali malas dan bosan. Nah jika kamu ingin meningkatkan mood belajar mu yuk simak berikut ini.

IndiffsBelajar merupakan kegiatan yang sering kali dicap membosankan oleh beberapa orang. Karena alasan itu pula, mereka jadi tak mampu melakukannya lama-lama. Biasanya seseorang baru akan semangat belajar kalau suasana hatinya sedang mendukung. Tentu hal ini membuat kegiatan belajar jadi kurang efektif karena mood belajar tidak selalu datang setiap saat. Oleh karena itu, mood belajar perlu ditingkatkan supaya kamu betah saat belajar. Nah, jadi kalau mood belajar mu sedang turun, jangan membiarkannya sampai berlarut-larut. Kamu mesti cari cara buat meningkatkan kembali semangat belajar.  Yuk simak cara meningkatkan mood belajar berikut ini!

Mencari Tempat Belajar yang Nyaman

Kamu pasti bosan belajar di tempat yang itu-itu saja, coba belajar di tempat lain yang lebih asyik dan nyaman menurut kamu. Misalnya seperti kafe, perpustakaan, taman, atau bisa juga di tempat wisata. Suasana sekitar sangat memengaruhi kegiatan belajar lho. Jadi solusinya carilah tempat belajar yang nyaman dan bisa menenangkan pikiran.

Relaksasi

Jika mood kamu turun drastis di tengah-tengah aktivitas belajar, maka tidak usah dipaksakan. Coba rehat dan tenangkan diri sejenak, atau di lain kesempatan, kamu bisa coba rileks dulu sebelum mulai belajar dengan cara-cara yang sederhana. Misalnya kayak jogging, mengatur napas, mendengarkan musik, atau tidur beberapa jam. Intinya, lakukan hal-hal yang bisa bikin kamu merasa rileks dan santai sebelum mulai belajar.

Berimajinasi Tentang Kesuksesanmu

Apabila kamu punya target yang ingin dicapai, jadikan itu sebagai motivasi agar mood belajar kamu terjaga. Pikirkanlah hal-hal positif di masa depan yang bisa kamu raih dengan belajar sungguh-sungguh. Seperti perasaan bahagia pas dapat nilai A di akhir semester, atau berhasil masuk perguruan tinggi bergengsi. Imajinasikan juga ekspresi bangga guru dan orang tuamu, biar tambah termotivasi.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa memberi efek yang menenangkan saat belajar sehingga tidak membuat kamu bad mood. Sebaiknya jangan mendengarkan musik yang kamu hafal liriknya, takutnya malah jadi semakin tidak fokus belajar. Kamu bisa mendengarkan musik dengan instrumennya saja, banyak playlist di YouTube atau Spotify yang menyediakannya. Kamu bisa cari rekomendasi musik untuk belajar di platform tersebut.

Membuat Sesi Belajar

Durasi belajar yang terlalu lama akan membuatmu mudah lelah, sehingga semangat belajar pun berangsur menurun. Jika terus dipaksakan, malah yang kamu pelajari tak akan masuk ke kepala. Cobalah untuk membuat sesi belajar yang sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya dengan menggunakan teknik pomodoro,  belajar selama 25 menit, istirahat 5 menit, lalu lanjut ke sesi belajar berikutnya selama 25 menit lagi, dan begitu seterusnya.

Sediakanlah Makanan dan Minuman

Tips meningkatkan mood belajar yang selanjutnya adalah menyediakan makanan dan minuman. Belajar saat keadaan perut lapar terkadang membuat makin malas membuka buku. Pastikan kamu menyediakan makanan yang bisa meningkatkan mood mu, atau coklat yang ampuh mengembalikan good mood. Makanlah disela-sela belajar, jangan kebanyakan agar kamu tidak mengantuk.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru