Cara Menjaga Prokes Saat Menikmati Liburan Nataru 2023

Resa Azzahra 0 Komentar

Akhir tahun identik dengan aktivitas liburan. Terapkan cara Menjaga Prokes protokol kesehatan selama Nataru atau Natal & Tahun Baru 2023 ini!

INDIFFS.COM – Periode liburan Nataru atau Natal dan Tahun Baru telah tiba, bagi yang merayakannya mungkin banyak acara atau kegiatan perencana untuk berlibur bersama keluarga, sahabat dan lainnya. Maka sangat penting bagi kita, menjaga Prokes atau Protokol Kesehatan saat liburan Nataru 2023.

Mengatur pola istirahat dan makan selama berlibur, mungkin akan sulit kita jaga. Namun demikian, kesehatan tubuh harus selalu menjadi prioritas utama. Terlebih, tentang virus-virus yang kini masih mengintai serta perubahan iklim yang sering berubah. Prokes penting untuk di jaga.

Cara Menjaga Prokes Nataru 2023

Sebelum menikmati liburan, berikut ini Protokol Kesehatan yang perlu diperhatikan:

1. Tercukupi Cairan Tubuh (Tetap Terhidrasi)

Banyak dari kita mengabaikan cairan tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. Padahal cairan dalam tubuh tidak cukup dan lebih mudah merasa lapar, lelah dan lesu. Maka untuk menjaga tubuh tetap fit ketika berlibur, kita minum air putih diantara sebanyak 2 liter sehari agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga tubuh tetap fit.

2. Konsumsi Makanan dengan Bijak

Menikmati makanan yang terhidangkan tentu membuat selera makan kita bangkit dan ingin mencicipi semua hidangan yang ada. Namun kita perlu bijak dalam menyikapinya, jika dituruti dampaknya mungkin sudah tidak baik bagi kesehatan. Sebaiknya upayakan agar kita dan keluarga menghindari makanan berlebih. 

3. Konsumsi Makanan Sehat

Dalam menjaga tubuh tetap fit, disarankan untuk menikmati hidangan sehat seperti salad, buah-buahan dan sayuran terlebih dahulu. Hal ini dapat membantu menekan nafsu makan agar tidak makan secara berlebihan. Akan lebih baik juga untuk tubuh karena menjauhi makanan makanan mengandung lemak dan tunggu gula. Hindari juga makanan pedas sebagai sumber penyakit diare.

4. Istirahat Cukup (Tidur)

menikmati liburan bersama keluarga hingga lupa waktu karena berkumpul bersama, memanglah menyenangkan yang tidak selamanya bisa dilakukan. Namun sebaiknya jaga pola tidur agar ke esok hari nya kita dapat berlibur kembali. Karena kurang tidur dapat menyebabkan kurang fokus, mudah lelah dan marah, bahkan dapat meningkatkan risiko masalah mental dll.  

5. Tetap Aktif (Olahraga)

Sebagian orang biasanya akan bermalas-malasan ketika liburan tiba. Namun kita harus menghilangkan keinginan tersebut. Bergeraklah dengan aktif dan lakukan aktivitas fisik yang cukup selama 30 menit minimalnya, agar tubuh tetap terjaga kesehatannya. 

6. Jaga Prokes Covid-19

Nah ini salah satu prokes yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan maupun dirumah. Ingatlah untuk selalu menjalankannya seperti yang telah dihimbau sebelumnya. Ingat selalu 5M, yakni:

    1. Mencuci tangan dengan bersih selama 20 detik.
    2. Memakai selalu masker.
    3. Menjaga jarak.
    4. Menjauhi kerumunan.
    5. Mengurangi mobiitas.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kita jaga sebelum terlambat. Semoga cara menjaga Prokes saat liburan Nataru 2023 ini dapat membuat momen berharga bersama keluarga dan lainnya, semakin ramai dan seru tanpa adanya bahaya penyebaran penyakit. 

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru