Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Gempa Bumi, Jangan Panik!

Dini NHaH 0 Komentar

Ketika terjadi gempa bumi harus ingat, apa saja tindakan yang sebaiknya dilakukan untuk menyelamatkan diri.

INDIFFS.COM – Sebagian masyarakat masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menyelamatkan diri saat gempa bumi mengguncang. Hal ini terkadang membuat timbulnya korban jiwa lebih banyak ketika gempa terjadi.

Berikut ini cara menyelamatkan diri ketika terjadi gempa bumi:

1. Ketika Berada di Bangunan yang Ramai

Ketika kalian berada di gedung yang ramai, hindari untuk bergegas ke pintu. Pasalnya, banyak orang pasti memikirkan hal yang sama dan berbondong-bondong menuju pintu untuk keluar.

Sebagai gantinya, berlindung lah dari rak, jendela, atau benda yang mungkin jatuh lainnya. Gunakan sesuatu untuk melindungi kepala dan leher dari serpihan.

2. Ketika Berada di Luar Ruangan

Saat berada di luar ruangan, lindungilah kepala Anda, dan hindari bahan-bahan yang berbahaya. Hati-hati dengan reruntuhan seperti balok semen, genteng, kaca dan jatuhan dinding-dinding atau pagar tembok.

Hindari juga pohon-pohon yang tinggi dan tegangan listrik serta bergeraklah ke daerah terbuka atau bebas.

3. Ketika Berada di Pusat Perbelanjaan

Jangan panik atau membuat kepanikan. Panik merupakan keprihatinan yang utama di tempat keramaian dimana banyak orang berkumpul seperti di pusat perbelanjaan, bioskop dan pasar.

Apabila Anda berada di salah satu tempat tersebut ketika terjadi gempa bumi, harap mengikuti petunjuk petugas yang sedang piket seperti karyawan atau penjaga.

4. Ketika Berada di Kendaraan yang Bergerak

Jika kalian sedang berada di mobil, tepikan kendaraan ke tepi jalan atau bahu jalan. Jauhi potensi bahaya, termasuk jalan layang, jembatan, dan kabel di atas kepala. Tetaplah di dalam mobil dan tarik rem parkir.

Ketika gempa berhenti, berjalanlah perlahan dan waspadai retakan trotoar, tiang atau kabel yang roboh dan jembatan atau jalan layang yang runtuh. Jika tidak aman untuk meninggalkan mobil, tunggu sampai bantuan tiba.

5. Ketika Berada di Pegunungan atau Laut

Kemungkinan besar tanah longsor akan terjadi di pegunungan, bukit dan lereng yang curam. Harap segera mengungsi ke daerah yang aman, yakni daerah terbuka yang datar.

Sementara di daerah pantai, getaran gempa bumi dapat menimbulkan tsunami. Oleh karena itu, di samping waspada terhadap bahaya runtuhan rumah, Anda harus memperhatikan arah pantai. Bilamana ada tanda-tanda naiknya pasang gelombang, segeralah melarikan diri ke tempat yang tinggi yang sebelumnya sudah Anda kenal dengan baik.

6. Ketika Berada di Gedung Bertingkat

Ketika berada di gedung bertingkat, angan meninggalkan gedung atau menggunakan lift jika listrik padam. Hindari juga untuk bergegas ke tangga darurat untuk keluar gedung karena itu bisa menyebabkan cidera atau penumpukan manusia yang berusaha menyelamatkan diri.

Hindari jendela, berada di dinding dan berdiri atau berlindung di dekat benda berat atau kaca. Tundukkan badan dan berlindunglah di bawah meja dan apa pun yang bisa melindungi ketika ada benda jatuh.

Nah itulah beberapa cara untuk menyelamatkan diri dari gempa bumi yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru