Cara Merawat Gigi Pada Anak Yang Wajib Diketahui

Admin 0 Komentar

Menjaga perawatan gigi pada anak memang sedikit sulit, namun ada beberapa cara merawat gigi pada anak agar tetap tumbuh secara sehat.

,Indiffs – Pertumbuhan gigi pada anak ini berbeda dengan pertumbuhan gigi orang biasa, gigi pada anak lebih cenderung sensitif dan mudah rusak. Maka dari itu sebagai orang tua perlu memperhatikan bagaimana cara merawat pertumbuhan serta perkembangan gigi pada anak ini.

Apalagi di era sekarang untuk mengunjungi klinik spesialis dokter gigi memerlukan biaya yang cukup tinggi dan tidak murah. Maka dari itu dari pada uang kamu sayang begitu saja, lebih baik kamu mencegahnya dengan cara memperhatikan kondisi gigi pada anak dan merawatnya agar terhindar dari kerusakan, berikut akan kami bahas.

Cara Merawat Gigi Pada Anak

Kebiasaan merawat gigi pada anak ini harus dilakukan sejak sedini mungkin, agar tumbuh rapi pada saat dewasa. Berikut ini cara merawat gigi pada anak:

1. Mengurangi Mengonsumsi Makanan yang Manis Pada Anak

Tips merawat gigi pada anak yang pertama ini dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang manis, karena dengan mengonsumsi makanan yang manis ini akan mudah menyebabkan gigi berlubang pada anak. Selain itu juga, pemanis tambahan yang akan membuat kerusakan pada gigi. Maka dari itu hal ini perlu di perhatikan dan di awasi.

2. Berkumur-kumur Setelah Makan

Hal ini dilakukan agar sisa sisa makanan yang menempel pada gigi bisa terbawa arus dan terbuang. Karena apabila hal ini tidak dilakukan ini akan membuat berkumpulnya bakteri pada sisa makanan tersebut dan akan menyebabkan kerusakan pada gigi anak.

3. Memperhatikan Sikat Gigi yang Digunakan

Sikat nyaman untuk di gunakan akan berpengaruh juga terhadap kebiasaan anak dalam menggosok gigi. Dan pastikan sikat yang kamu beli berbahan bulu halus dan aman terhadap anak-anak apabila di gunakan. Hal ini akan melindungi pada gusi anak.

4. Mengganti Sikat Gigi 3 Bulan Sekali

Hal ini sering di lupakan pada sebagian orang pada umumnya, padahal hal ini apabila tidak dilakukan akan menjadi sumber sarang bakteri dan kuman yang berkumpul pada sela sela bulu sikat.

5. Gunakan Pasta Gigi Secukupnya

Menggunakan pasti gigi secukupnya ini dilakukan agar gigi pada anak tidak mudah sensitif karena kandungan yang terkandung pada pasta gigi akan berpengaruh juga. Dan pastikan pasta gigi yang di gunakan pada anak ini, yang dikhususkan untuk penggunaan bagi anak- anak, dan tidak mengandung bahan kimia lainnya.

6. Rutin Menggosok atau Membersihkan Gigi

Hal ini dilakukan agar anak tidak lupa terhadap aktivitas yang di konsumsi makanannya yang terkadang jika dibiarkan akan menumpuk kuman kuman. Akan tetapi hal ini perlu di dampingi oleh orang tua juga karena anak anak suka bermain main di air ditakutkan anak mengonsumsi pasta giginya.

7. Periksa Gigi Secara Rutin

Dengan membawa anak ke dokter gigi ini maka setidaknya kamu akan mengetahui perkembangan gigi anak, berupa bentuk rahang dan arah atau posisi gigi yang akan tumbuh. Sehingga, jika ditemukan keanehan dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah beberapa tips bagaimana cara merawat gigi pada anak yang harus dilakukan oleh orang tua. Namun pastikan kembali pada saat membersihkan atau menggosok gigi gunakan lah sikat gigi anak agar lebih aman dalam penggunaannya. Semoga Bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru