Cara Merawat Kuku Agar Tetap Cantik, Bersih Dan Sehat

Wiwin Indriani 0 Komentar

Kuku kotor menjadi sarang bagi kuman yang dapat sebabkan penyakit. Berikut cara merawat kuku tangan agar terlihat cantik, bersih dan sehat.

Indiffs – Memiliki kuku yang cantik, bersih serta sehat tidak hanya mempengaruhi penampilan, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, kuku perlu dirawat agar tetap sehat, kuat, dan berkilau. Banyak orang yang menganggap cara merawat kuku dengan baik hanya dilakukan di salon kecantikan. Padahal, rangkaian cara merawat kuku di rumah sebenarnya lebih sehat untuk dilakukan sendiri di rumah. Cara membersihkan kuku tangan dan kaki sama saja dilakukan.

Cara Merawat Kuku

Berikut cara merawat kuku agar tetap cantik, bersih dan sehat:

1. Memotong kuku

Menggunting kuku adalah satu dari sekian banyak perawatan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku. Namun, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memotong kuku yang benar. Memotong kuku memang penting agar tampak rapi dan terbebas dari kotoran. Meski begitu, hal ini harus dilakukan berhati-hati.

Sebagai contoh, Anda tidak dianjurkan untuk ikut memotong kuku bagian kutikula. Hal ini dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam (cantengan). Selain itu, gunakan gunting kuku yang bersih dan tajam, usahakan punya gunting kuku pribadi yang tidak sembarang dipinjamkan ke orang. Gunting bagian atas kuku lurus mendatar.

2. Menjaga kuku tetap bersih dan kering

Setelah mencuci tangan atau melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan Anda basah, pastikan untuk selalu mengeringkan kuku dan membersihkan sela-sela kuku dengan sikat yang lembut. Hal ini dapat mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kuku cantik Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring, untuk mencegah kuku terpapar bahan kimia keras dan berbahaya.

3. Jangan sering menggunakan cat kuku

Cat kuku memang dapat mempercantik kuku, tetapi penggunaannya perlu dibatasi. Penggunaan cat kuku secara terus-menerus, dapat membuat kuku menjadi rapuh. Berikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum Anda menggunakan kembali cat kuku. Hindari pula penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton, karena dapat membuat kuku, kutikula, dan kulit di sekitarnya kering.

4. Rendam menggunakan larutan garam

Cara merawat kuku tangan agar putih bersih yang lainnya adalah dengan menggunakan garam yang dilarutkan ke dalam air hangat. Rendam tangan di dalam air garam untuk membunuh bakteri di sela-sela jari kuku.

Metode perawatan kuku ini sangat sederhana dan bahannya mudah didapat, hingga bisa dilakukan di rumah. Pertama, siapkan 2 sdm garam, tuang ke wadah berisi air hangat. Rendam kuku tangan sekitar 10 menit sambil digosok perlahan, kemudian bilas memakai air bersih

5. Oleskan pelembab

Cara merawat kuku tangan agar lebih sehat adalah Anda bisa menggunakan pelembap. Sama halnya dengan kuku kaki. Anda bisa mencari lotion kaki, dan mengoleskannya pada area kuku jari kaki.

Lotion bisa dioleskan setelah area kulit kaki kering sesaat sesudah mandi atau merendam kaki. Dengan demikian, lotion lebih terserap dengan baik. Tak perlu terburu-buru, nikmati momen tersebut untuk memanjakan kulit tangan dan kaki Anda.

6. Jauhi kebiasaan menggigit kuku

Menggigit kuku juga menjadi cara merawat kuku tangan yang harus dipatuhi. Kebiasaan menggigit kuku tangan dapat merusak bagian dasar kuku. Bahkan, luka kecil di sela-sela kuku jari tangan dapat mengundang masuknya bakteri atau jamur sehingga menimbulkan infeksi.

Jika ada bagian kuku yang mengelupas, segera bersihkan menggunakan alat pemotong kuku. Jangan menarik atau menggigit kuku hingga lepas karena dikhawatirkan bakal melukai kuku dan memindahkan bakteri dari gigi ke kuku.

7. Konsumsi makanan bernutrisi

Bagian terpenting dari rangkaian perawatan kuku tangan yaitu mengimbangi konsumsi makanan bernutrisi yang kaya akan kalsium, vitamin, dan mineral seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging, telur, buah-buahan, serta sayuran tinggi zat besi, hingga antioksidan. Seluruh manfaat nutrisi itu sangat penting memperkuat sel-sel pertahanan kuku dari dalam agar tidak mudah rapuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru