Cara Mudah Menginstall Ulang Windows 10 Pada Laptop atau PC

Admin 0 Komentar

Cara berikut bisa kamu lakukan untuk menginstall ulang windows 10 dengan mudah, tanpa harus menggunakan jasa reparasi komputer.

INDIFFS.COM – Menginstall ulang Windows 10 bukanlah perkara yang sulit, bahkan orang awampun sebetulnya bisa melakukan cara ini di rumah. Terlebih, melakukannya tanpa harus menggunakan jasa reparasi atau servis komputer.

Nah, dengan melakukan install ulang, sistem Windows akan kembali seperti awalnya. Sehingga, perangkat komputer atau laptop kamu akan terbebas dari berbagai masalah seperti virus dan lainnya.

Syarat-Syarat Install Ulang Windows 10

Dalam hal ini pengguna Windows 10 tak perlu mempersiapkan banyak hal untuk melakukan install ulang. Namun, ada beberapa syarat yang harus kamu perhatikan, diantaranya:

  • Koneksi yang memadai dan sistem Windows dengan lisensi resmi.
  • Laptop harus selalu terhubung dengan charger.
  • Jangan matikan laptop hingga seluruh prosesnya sudah selesai.
  • Pastikan juga kestabilan koneksi internetmu saat melakukan instalasi.
  • Jangan sampai internet mati di tengah-tengah proses install ulang. Karena jika hal itu terjadi, kamu harus memulainya kembali dari awal proses.

Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa Menggunakan Flashdisk

Ada 3 cara yang bisa dilakukan saat ingin menginstall ulang windows tanpa menggunakan flashdisk. Diantaranya, install ulang melalui dekstop, install ulang melalui boot menu, dan install ulang menggunakan bantuan software pihak ketiga.

1. Install Ulang Melalui Dekstop

  • Pertama buka terlebih dahulu start menu atau logo windows di pojok kiri bawah atau bisa juga tekan logo windows di keyboard. Setelah itu kamu “klik settings.”
  • Di tab-tab sebelah kiri itu kamu pilih dan klik “Update & Security“, selanjutnya pilih “Recovery” dan setelah itu klik “Get Started“.
  • Kemudian akan muncul tampilan yang menampilkan 2 pilihan, yaitu “Keep my files” dan “Remove everything“. Jika kamu ingin file-file kamu tidak hilang saat install ulang pilih “Keep my files“. Namun, jika ingin melakukan install ulang secara bersih klik “Remove everything“.
  • Setelah kamu sudah menentukan mau pilih opsi yang mana maka klik dan tunggu sampai proses install ulang selesai.

2. Install Ulang Melalui Boot Menu

  • Pertama restart windows kemudian langsung tekan tombol Shift di keyboard saat windows masih proses restart atau masih loading restart.
  • Cara selanjutnya melalui CMD, caranya tekan tombol windows + r (tanpa tanda +) secara bersamaan. Setelah jendela CMD terbuka tinggal ketikan perintah shutdown.exe /r /o kemudian tekan enter. Setelah itu windows akan terestart dan masuk ke boot menu windows 10
  • Setelah kamu lakukan salah satu dari 2 cara diatas maka akan muncul tampilan boot menu pilih windows setelah itu pilih Troubleshoot. Perhatikan disana akan ada 3 opsi yaitu : Refresh your PC, Reset your PC dan Uninstall Preview Updates.
  • Pilih diantara Refresh your PC dan Reset your PC. Opsi Refresh your PC akan menginstall ulang windows kamu tanpa kehilangan file-file. Namun, untuk melakukan install ulang bersih maka pilih Reset your PC.
  • Lebih jelasnya fitur Refresh your PC tidak akan menghapus file-file pribadi kamu, pengaturan personal, dan juga software modern yang diunduh dari web store microsoft. Yang akan di rubah menjadi default kembali adalah sistem windows dan semua program di dekstop juga akan dihapus. Sedangkan opsi Reset your PC akan menghapus semua, baik file-file pribadimu, pengaturan personal, software modern, dan semua program di dekstop.
  • Tentukan mana opsi yang kamu inginkan, setelah itu klik dan tunggu sampai proses install ulang berjalan sampai selesai.

3. Instal Ulang dengan Menggunakan WinToHDD

WinToHDD merupakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan instalasi ulang windows.

Adapun satu hal yang perlu kamu siapkan jika ingin menggunakan aplikasi ini ialah kamu harus mempunyai file windows 10 iso. Yang mana, cara kerja aplikasi ini adalah meng-install windows atau juga install ulang dari file iso windows 10 langsung ke hardiskmu tanpa CD maupun flashdisk.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menginstall ulang windows 10. Yang mana kamu bisa melakukannya dirumah.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru