Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental, Tertarik Mencoba?

Hanni Hnsa 0 Komentar

Sama halnya dengan tubuh, kesehatan mental juga penting dan harus dijaga dengan baik. Bagaimana cara untuk dapat menjaga kesehatan mental?

Indiffs – Sama halnya dengan tubuh, kesehatan mental atau Mental Health juga penting dan harus dijaga dengan baik. Sayangnya, hingga saat ini masih banyak orang yang kurang aware terhadap kesehatan mentalnya sendiri, maupun orang-orang disekitar nya.

Melansir dari Medical News Today, kesehatan mental mengacu pada proses berfikir, berperilaku, serta kesejahteraan emosional seseorang. Meski kadang tidak terlihat secara kasat mata, tetapi kesehatan mental dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari lho!

Kondisi seperti kecemasan, stres, ketakutan, dan semacamnya dapat mengganggu keseharian. Maka dari itu, menjaga Mental Health bisa membuat seseorang menjalani hidup dengan lebih bahagia. Lalu, bagaimana cara untuk dapat menjaga Mental Health?

Menerima Diri Sendiri

Kesehatan Mental

Menerima Diri Sendiri – Alpas.id

Setiap orang itu memiliki karakter dan keunikan nya masing-masing. Menerima semua keunikan, kelebihan dan kekurangan diri akan membuat kamu menjadi lebih bersyukur dan bahagia. Selain itu,merasa nyaman dengan diri sendiri juga akan membuat kamu lebih percaya diri. Sehingga kesehatan mental kamu dapat terjaga.

Melakukan Sesuatu yang Disukai

Kesehatan Mental

Melakukan Sesuatu yang Disukai – Brilio.net

Biasanya, setiap orang memiliki hobi atau kegemarannya masing-masing. Cobalah tanya pada diri sendiri, apa sesuatu yang kamu sukai? Melakukan sesuatu yang disukai dapat membuat kamu lebih bergairah dalam menjalani hidup. Hal tersebut pada akhirnya akan membantu kamu untuk menjaga Mental Health.

Istirahat yang Cukup

Kesehatan Mental

Istirahat yang Cukup – Alodokter

Kekurangan tidur dapat menyebabkan berbagai macam masalah. Mulai dari masalah pada kesehatan fisik maupun mental. Sebab, kurang tidur bisa menambah risiko seseorang untuk merasa stres dan kelelahan secara emosional. Maka dari itu, tidur dengan porsi yang cukup dapat menjaga Mental Health kamu.

Mengungkapkan Perasaan

Mengungkapkan Perasaan – SehatQ

Terkadang, mengungkapkan apa yang sedang kamu rasakan kepada orang terdekat bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, itu akan membantu untuk melegakan perasaan kamu. Mengungkapkan isi hati juga bukanlah suatu kelemahan. Karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Meski begitu, memilah siapa yang akan kamu ajak bicara tentu sangat penting. Jangan sampai curhat ke orang yang salah, ya!

Itulah 4 cara sederhana menjaga kesehatan mental kamu agar tetap sehat. Semoga artikel bermanfaat, ya!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru