Catat! 7 Tips yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Make-Up

Resa Azzahra 0 Komentar

Untuk pemula yang ingin mencoba make-up, sebaikanya ketahui beberapa tips sebelum memilih make-up, agar tak salah pilih simak berikut ini!

INDIFFS.COM – Hampir semua wanita pasti ingin tampil lebih cantik. Untuk menunjang penampilan, pemakaian make up adalah solusinya. Akan tetapi, sebaiknya kita perlu berhati-hati dan tau tips sebelum memilih make-up agar wajah tidak mendapatkan dampak yang sangat merugikan.

Pada dasarnya, saat memilih makeup kita perlu memperhatikan budget yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan. Tak harus mahal atau dari brand luar negeri, saat ini sudah banyak produk lokal yang tak kalah bagus dengan hargai terjangkau. Pastikan juga kamu memperhatikan beberapa hal ini saat memilih makeup. 

1. Lihat Tanggal Kadaluwarsa

Setiap barang pastinya memiliki expaier dan tanggal produksi. Sebelum akan membeli, pastikan kosmetik yang hendak di beli masih dalam masa berlaku, tidak kedaluwarsa. Hal ini untuk memastikan umur efektif suatu produk yang dapat mempengaruhi kualitas produk. Sebab, jika wajah menggunakan produk yang masa nya sudah lewat, dapat berakibat fatal pada wajah.

2. Terdapat Logo BPOM

Sebelum beredar di masyarakat, semua barang yang dijual sebaiknya sudah melalui proses pengawasan ketat oleh negara kita melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Dengan adanya izin edar, produk tersebut telah dijamin keamanan dan kelayakan nya. Oleh karena itu, sebaiknya periksa atau cek terlebih dahulu, apakah kosmetik yang kamu beli telah memiliki kode dari BPOM atau belum.

3. Pilih Sesuai Dengan Jenis Kulit

Sebelum memakai makeup, pastikan kamu mengetahui jenis kulitmu. Jangan pernah mau terbawa oleh promosi penjualan, karena hal ini dapat dilakukan dengan periksa pada dokter yang akan memberi tahu jenis kulitmu terlebih dahulu. Jika kamu sudah mengetahui jenis kulitmu, carilah produk khusus untuk menangani jenis kulit yang kamu alami.

4. Uji Produk Terlebih Dahulu

Selain mengecek label dan kandungan yang ada dalam suatu produk, kamu juga perlu mencoba apakah produk yang kamu pilih cocok untuk jenis kulit kamu atau tidak. Ini karena satu merek makeup yang cocok pada kulit orang lain, belum tentu akan cocok di kulitmu. Ujilah terlebih dahulu produk di bagian kulit tangan atau leher. Bila tidak menimbulkan reaksi alergi, itu tandanya cocok dengan jenis kulitmu.

5. Pilih Warna Yang Sesuai Dengan Kulit

Saat memilih bedak, concealer dan foundation maka harus disesuaikan dengan warna kulitmu. Concealer yang biasanya digunakan untuk menyamarkan kekurangan di kulit wajah, seperti bekas jerawat, noda hitam hingga kantung mata yang hitam. Sedangkan bedak, foundation, BB dan CC cream berguna untuk meratakan kulit wajah. Kamu dapat tampil maksimal dengan menggunakan keduanya. Namun, yang perlu diingat jangan lupa untuk menyesuaikan undertone kulit agar wajah tidak berwarna abu-abu.

6. Perhatikan Saat Akan Memilih Bedak

Bedak bisanya digunakan untuk menjaga makeup agar tidak mudah luntur dan biasanya digunakan setelah concealer, foundation, BB cream, CC cream atau Cushion. Agar tidak salah pilih, kamu bisa memilih bedak dengan klaim hypoallergenic agar aman digunakan semua jenis kulit.

Sedangkan untuk kulit kering pilih bedak translucent powder, untuk kulit sensitif pilih bedak yang berbasis mineral dan two way cake cocok untuk kulit kombinasi.

7. Pilih Warna Natural Untuk Mempercantik Mata

Ada banyak alat makeup untuk mata, yakni pensil alis, maskara dan eyeliner, eye shadow. Nah, saat memilih pensil alis, usahakan jangan pernah memilih warna hitam pekat karena dapat membuat tampilan alis mu sangat tebal, sebaiknya pilihlah warna coklat atau abu-abu agar lebih natural.

Selanjutnya saat sedang memilih eye liner dan maskara 2 produk tersebut dapat membuat tampilan mata lebih tegas. Untuk memilih nya, gunakan produk dengan bahan waterproof agar tidak mudah luntur saat terkena air. Dan yang terakhir adalah eye shadow, usahakan pilih warna dasar seperti cokelat, pink, nude dan corel, jika kamu masih pemula.

Demikianlah 7 tips sebelum memilih make-up yang perlu di perhatikan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru