Catat! Inilah Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Hanni Hnsa 0 Komentar

Lengkuas merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang kerap digunakan sebagai bumbu makanan. Apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan? 

IndiffsManfaat Lengkuas – Lengkuas merupakan salah satu rempah khas Indonesia yang kerap digunakan sebagai bumbu makanan. Selain itu, manfaat lengkuas pun begitu banyak terutama untuk kesehatan. Dikenal juga sebagai akar laos, kah, atau jahe siam, lengkuas (Alpinia Galangal) adalah anggota dari Zingiberaceae. Berasal dari keluarga yang sama dengan jahe, tampilan nya mirip tapi rasanya berbeda.

Lengkuas memiliki rasa pedas yang tajam, hampir seperti jeruk. Sedangkan jahe segar, terasa pedas dan tidak terlalu manis. Kulit lengkuas lebih halus dan lebih pucat dari jahe dan dagingnya jeuh lebih keras. Selama ribuan tahun, lengkuas digunakan sebagai makanan dan obat-obatan di wilayah Arab dan Asia. Lantas, apa saja manfaat lengkuas untuk kesehatan?

Berpotensi Anti-Kanker

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Jurnal Nutrients, komponen utama yang ditemukan dalam lengkuas, yaitu galangin, memiliki sifat anti-kanker. Studi ini menemukan galangin sangat efektif dalam kasus kanker melanoma, hepatoma dan kanker usus besar.

Riset lain dari Biomedicine & Pharmacotherapy juga memaparkan bahwa galangin berpotensi mengendalikan sel kanker payudara. Suatu studi tabung juga menunjukkan galangin dapat membunuh sel kanker dan mencegah nya menyebar. Sayang nya, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia untuk membuktikan temuan ini.

Menambah Nafsu Makan

Menurut penelitian yang diterbitkan Systematic Reviews in Pharmacy, lengkuas bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Dalam hal ini, lengkuas mengandung zinc untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Studi dari American Society for Nutritional Sciences memaparkan bahwa saat tubuh kekurangan zinc, tubuh akan menghasilkan asam amino yang tinggi dan memberikan efek malas makan. Untuk itu, kadar zinc pada lengkuas mampu menutupi kekurangan mineral yang satu ini.

Mendukung Kesehatan Otak

Manfaat laos dianggap dapat mendukung kesehatan otak karena kandungan antioksidan yang terdapat di dalam nya. Dengan mengurangi plak beta-amyloid di otak, rempah ini bisa memperlambat atau mencegah timbulnya penyakit neurodegeratif. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kematian sel saraf di otak yang bisa menyebabkan gangguan gerakan tubuh dan fungsi mental.

Mengurangi Peradangan dan Nyeri

Manfaat lengkuas dipercaya dapat mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan penyakit. Lengkuas mengandung senyawa fitokimia (senyawa kimia alami dalam tanaman) yang terdapat di dalam nya.

Pada uji tabung dan penelitian hewan menunjukkan bahwa senyawa tersebut memiliki khasiat anti-peradangan yang kuat. Selain itu, khasiat lengkuas juga dianggap dapat mengurangi rasa sakit yang menjadi gejala umum peradangan.

Studi terbitan Arthritis and Rheumatism meneliti selama 6 minggu yang melibatkan 261 orang penderita osteoartritis lutut. Sebanyak 63% dari mereka yang menggunakan ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari melaporkan nyeri lututnya berkurang ketika berdiri.

Menurunkan Risiko Diabetes

Antioksidan yang tinggi dalam rempah ini cukup baik dalam menjaga kadar gula darah. Sehingga mengurangi risiko kita dalam mengalami lonjakan gula darah cukup tinggi atau terkena diabetes. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk melihat dampak signifikan untuk mengurangi gejala kronis dari diabetes.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru