Childish, Orang Dewasa yang terlihat Seperti Anak Kecil

Hani Hnsa 0 Komentar

Childish merupakan keadaan ketika seseorang belum matang secara emosional, sehingga kesulitan untuk mengomunikasikannya.

INDIFFS.COM – Pernahkah bertemu atau kenal dengan orang yang memiliki sifat tidak dewasa atau memiliki pemikiran yang seperti anak kecil? Sifat itu merupakan salah satu ciri orang dengan sifat childish.

Childish merupakan keadaan ketika seseorang belum matang secara emosional, sehingga akan kesulitan untuk mengomunikasikan atau memproses emosi mereka secara efektif dan sering kali terlihat egois atau menyendiri. Seseorang yang memiliki sifat childish, dapat menjadi sangat merugikan dan membawa tekanan batin bagi orang di sekelilingnya.

Ciri-Ciri Childish

Biasanya, orang yang belum dewasa secara emosional akan bereaksi secara berlebihan terhadap situasi. Ini karena mereka kesulitan dalam mengendalikan emosi.

Kemungkinan besar, orang dewasa yang memiliki sifat kekanak-kanakan tidak memiliki keterampilan emosional dan sosial tertentu, serta sulit berhubungan dengan orang dewasa lainnya.

Melansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri orang yang memiliki sifat childish:

  • Tidak Mengakui Kesalahan

Mengakui kesalahan memang tidak mudah, bahkan bagi orang dewasa sekalipun. Akan tetapi, pada akhirnya kamu belajar mengenai hal tersebut dan mencari cara untuk memperbaiki suatu masalah. Sekalipun bagi orang dewasa sulit, hal ini akan lebih sulit lagi bagi mereka yang punya sifat kekanak-kanakan.

Orang dewasa yang punya sifat childish cenderung merasa segala tindakannya benar dan tidak mempertimbangkan orang lain. Itu sebabnya, mereka juga cenderung untuk menyalahkan orang lain ketimbang mengakui kesalahan.

  • Haus Akan Perhatian

Untuk orang dewasa, perilaku aneh dan upaya yang tidak tepat untuk menarik perhatian bisa menjadi gangguan bagi orang-orang di sekitar mereka. Hal ini ia lakukan untuk mendapatkan perhatian, pujian, dan pujian orang lain dari orang lain.

Haus perhatian adalah salah satu tanda bahwa seseorang belum dewasa. mereka mencoba untuk fokus pada orang lain, bahkan melalui perilaku negatif. Misalnya, kamu mungkin sengaja membuat lelucon yang tidak pantas hanya untuk menarik perhatian dia.

  • Mudah Emosi

Memperlihatkan emosi adalah hal yang umum pada setiap manusia. Namun, seiring bertambahnya usia, kamu akan mulai mampu untuk mengendalikan emosi. Sementara itu, anak kecil yang kemampuan emosional nya masih berkembang lebih kesulitan untuk mengatur emosi nya.

Beberapa sifat kekanakkan pada orang dewasa dapat dilihat jika ia bertingkah layaknya anak kecil, seperti cengeng, marah dan mudah merajuk.

  • Perilaku Impulsif

Banyak yang tidak tahu bagaimana menghadapi tanda-tanda dan perilaku impulsif. Padahal, perilaku ini sering dilakukan oleh banyak orang, seperti melalui belanja berlebihan. Jika itu jarang terjadi, ini tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ketika kontrol menjadi semakin sulit, perilaku impulsif harus segera ditangani.

Perilaku impulsif adalah sikap seseorang untuk mengambil tindakan tanpa mempertimbangkan konsekuensi dari tindakannya. Kondisi ini umumnya ditunjukkan oleh anak-anak karena mereka tidak mengerti bagaimana menyampaikan emosi atau menekan dorongan yang mereka rasakan.

Perilaku impulsif baru dapat diklasifikasikan sebagai gangguan mental jika sering terjadi atau terasa sulit dikendalikan. Penyebab pasti dari perilaku impulsif seseorang tidak pasti.

Orang yang kekanak-kanakan cenderung memiliki sifat ini. Misalnya, mereka bicara dengan menyerobot pembicaraan orang lain, masuk ke ranah yang bukan menjadi urusannya, berbicara tanpa memikirkan bagaimana kata-katanya mempengaruhi orang lain.

  • Menghindari Tanggung Jawab

Semakin bertambahnya usia, maka semakin bertambah pula tanggung jawab kamu. Baik dalam pekerjaan, rumah tangga, keluarga, ataupun kehidupan personal. Sayangnya, orang dewasa yang mempunyai sifat childish cenderung tidak memahami pentingnya tanggung jawab, bahkan menghindarinya. Alasannya, karena orang yang belum matang secara emosional mungkin saja tidak mempunyai pemahaman tentang bagaimana merencanakan masa depan.

Begitu juga ketika seseorang menolak untuk bertanggung jawab, seperti komitmen dalam hubungan, pekerjaan tetap, dan lain-lainnya. Terkadang, kondisi ini disebut sebagai sindrom Peter Pan, karena tidak pernah ingin tumbuh dewasa.

Cara Menghadapi Orang yang Childish

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara menghadapi orang yang memiliki sifat childish:

  • Bantu Dia Berperilaku Layaknya Orang Dewasa

Bantu dia merubah perilakunya. Bila sifat manja dan childish nya keluar kamu harus membantunya bersikap sesuai dengan umurnya. Biasanya mereka bergantung dan mengandalkan orang lain dalam menyelesaikan permasalahan hidupnya.

Jangan turuti keinginannya. Yakinkan ia bahwa ia mampu dan bisa melakukannya sendiri. Biarkan dia menyelesaikan permasalahannya agar rasa mandiri nya tumbuh. Namun tetap dampingi dia pada saat-saat yang menurut mu tidak akan sanggup ia hadapi.

  • Jangan Terpancing dengan Perilakunya

Bila sikapnya makin menjadi-jadi jangan biarkan dirimu terpancing dengannya. Jika, emosi mu memuncak selalu tanamkan pada dirimu sendiri bahwa kamu lebih dewasa dan kamu tidak perlu meladeni nya.

Bila emosi mu tidak tertahankan dan ingin meledak segera menyingkir dan tinggalkan saja ia. Tenangkan dirimu dulu. Jangan sampai emosi dan amarahmu justru menjadi bumerang bagi dirimu.

  • Ajak Berbicara Tentang Perilakunya

Daripada kamu meluapkan kekesalan di belakang dan bergosip sana-sini yang justru menurunkan kualitas dirimu dan membuatmu terlihat seperti fake people. Lebih baik kalian berdua berbicara dari hati ke hati.

Bahas tentang perilakunya yang childish dan tawarkan bantuan untuk merubah nya. Bawalah orang lain, significant others atau orang terdekat nya agar ia tidak tersinggung. Berikan pengertian bahwa kamu menyayangi nya dan menginginkan dia berubah menjadi lebih baik.

Itulah penjelasan terkait sifat childish. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru