Ciri-Ciri Kucing Hamil Dan Mau Melahirkan, Wajib Diketahui!

Resa Azzahra 0 Komentar

Sebagian orang yang memelihara kucing belum mengetahui dari ciri-ciri kucing hamil serta kucing mau lahiran. Untuk itu, yuk ketahui disini

INDIFFS.COM –  Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Tingkah nya yang lucu serta mengemaskan membuat kucing selalu berhasil menghibur para pemiliknya. Hewan yang satu ini kerap seringkali menjadi teman serta penenang saat stres atau banyak masalah. Namun, pencinta kucing pun harus tau dari ciri-ciri kucing kesayangan bila sedang hamil.

Karena sebagian orang belum mengetahui ciri-ciri tersebut, jika kamu salah satunya, sebaiknya kamu segera ketahui agar kucing mu bisa mendapatkan perawatan yang lebih baik lagi. Tak hanya sekedar menyediakan tempat tinggal dan memastikan kebutusan nutrisi nya, kamu juga perlu melakukan perawatan yang tepat pada kucing hamil pada kandungan nya agar sehat saat dilahirkan.

Ciri-Ciri Kucing Hamil

Kucing hamil seringkali tidak menunjukkan gejala fisik kehamilan sampai memasuki beberapa minggu masa kehamilan. Jika kamu masih kebingungan bagaimana tanda kucing hamil? Simak berikut ini:

1. Kucing Sering Muntah

Mirip dengan morning sickness pada manusia, kucing yang sedang hamil kemungkinan juga akan mengalami tahap muntah. Jadi bersiaplah untuk pembersihan ekstra. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir tentang muntah dalam waktu singkat. Namun, jika muntah pada kucing hamil ini terjadi cukup parah, segera konsultasikan ke dokter segera karena mungkin bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit.

2. Perubahan Pada Tubuh

Seperti yang kamu harapkan, tubuh kucing hamil mengalami beberapa perubahan selama kehamilan. Puting akan menjadi lebih besar dan lebih merah muda dalam waktu sekitar 3 minggu, sedangkan perut akan terasa lebih besar dalam waktu 5-6 minggu. Pastikan untuk tidak mengganggu area ini karena dapat membuat kucing stres dan bahkan membahayakan kesehatan janin yang belum lahir.

3. Perubahan Perilaku

Seekor kucing hamil akan lebih senang tinggal di dalam rumah, mencari perhatian pemiliknya daripada kucing jantan mana pun. Kucing hamil akan terlihat kurang bermain-main dan mungkin ingin tidur lebih lama dari biasanya. Meskipun kamu akan melihat kucing lebih pendiam, kamu mungkin juga harus tahan dengan perubahan suasana hati sesekali.

4. Siklus Panas

Sebagai pemilik kucing yang mungkin kucingmu sering tidak dimandikan, pasti kamu akrab dengan perilaku kuncing yang sedang kepanasan, biasanya kucing menjilat seluruh badannya. Jika kamu tidak mengetahui sebenarnya bisa saja pada saat kucing berhenti melakukan hal itu bisa menjadi tanda kehamilan, tetapi karena kucing cenderung mengalami kehamilan palsu, itu bukan jaminan untuk itu.

5. Nafsu Makan Menjadi Turun

Perubahan makan pada seekor kucing hamil mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan di awal kehamilannya. Pada paruh-paruh kedua kehamilan, dia akan menunjukkan minat yang meningkat pada makanan. Lagi pula, kucing hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk beberapa janin. Sebagian besar ratu hamil akan bertambah sekitar 2 hingga 4 pon berat badan selama kehamilan.

Ciri-Ciri Kucing Mau Lahiran

Setelah kucing mulai bekerja aktif , cobalah untuk membiarkannya tidak terganggu. Perhatikan dari jarak yang aman untuk memastikan dia tidak mengalami kesulitan. Tanda-tanda ini menunjukkan anak kucing sedang dalam perjalanan:

  • Aktivitas Bersarang: Saat kelahiran semakin dekat, kucing hamil  mungkin mencari tempat yang tenang dan pribadi untuk melahirkan. Ini biasanya dimulai hingga dua hari sebelum persalinan, tetapi mungkin hanya dimulai beberapa jam sebelumnya.
  • Kegelisahan: Sekitar 24 hingga 48 jam sebelum persalinan, kucing hamil mungkin tampak gelisah atau cemas. Dia mungkin masuk dan keluar dari area bersarang nya, hampir seperti mondar-mandir.
  • Vokalisasi: Selain mondar-mandir dan perilaku gelisah, kucing hamil mungkin mengeong dan menangis lebih dari biasanya.
  • Menurunkan Suhu Tubuh: Dalam 12 hingga 36 jam persalinan, suhu tubuh kucing akan turun di bawah 100 derajat Fahrenheit (suhu normal biasanya antara 100,5 dan 102,5 derajat Fahrenheit). 
  • Kehilangan Nafsu Makan: Kucing hamil kemungkinan akan memiliki nafsu makan aktif selama kehamilannya. Saat dia mendekati persalinan, dia akan mengalami penurunan nafsu makan yang drastis.
  • Menjilati Vulva: Saat persalinan semakin dekat, kucing akan mulai menjilati vulvanya untuk membersihkan kotoran ringan. Kamu mungkin tidak akan melihat keputihan ini, karena ia ingin menjaga kebersihan area tersebut.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri kucing hamil serta tanda akan melahirkan yang bisa kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru