Ciri-ciri Teman Toxic Yang Perlu Kamu Jauhi

Admin 0 Komentar

Tidak semua pertemanan berpengaruh baik untuk kita, apabila kamu mendapatkan teman toxic sebaiknya hindarilah dia

Indiffs – Banyak dampak negatif yang diakibatkan oleh toxic friendship (teman toxic) yaitu rasa stress, sedih, cemas meragukan diri sendiri, merasa disalahgunakan, merasa tidak menjadi diri sendiri, hilangnya kepercayaan dan membuat kita selalu merasa melakukan giving (memberi). Jika pertemanan sejati bisa membawa kita pada hal yang positif, seperti membuat hidup lebih bahagia, mendapat dukungan yang baik, dan mengurangi kita dari rasa kesepian. Dalam sebuah pertemanan tidak selalu menghasilkan pengaruh positif untuk diri kita sendiri. Apabila kamu mendapatkan teman seperti ciri-ciri berikut ini, sebaiknya kamu hindari dia!

Ciri toxic friendship (teman toxic)

1. Membuat tidak nyaman

Jika kamu sering merasa tidak nyaman saat bersama teman-temanmu, bisa jadi mereka termasuk dari toxic people (orang toxic). Hal ini terjadi apabila kamu pernah mendapatkan pengalaman buruk dengan mereka, atau perilaku buruk mereka sering membuatmu tidak nyaman. Misalnya seperti memberikan tekanan mental terhadap orang lain dan melakukan perbuatan yang merugikan.

2. Suka membandingkan

Suka membandingkan teman satu dengan teman lainnya juga merupakan salah satu sifat toxic. Teman yang toxic biasanya membandingkan dirinya lebih baik baik daripada kamu, atau membandingkan kamu seolah lebih baik daripada kawan lain. Padahal semua ucapannya itu tidak tulus dan seolah-olah hanya untuk mendapatkan perhatianmu saja.

3. Lebih mengutamakan diri sendiri

Teman toxic ini juga lebih peduli dengan dirinya sendiri melebihi apapun. Mereka cenderung mampu membuatmu atau teman lainnya seolah tidak baik dan tidak akan berpikir panjang untuk melakukan sesuatu demi keuntungannya sendiri tanpa memikirkan efeknya pada orang lain. Misalnya, para toxic friend ini akan mengambil keuntungan dengan cara apapun supaya karirnya baik. Bahkan dalam dunia kerja, teman yang memiliki sifat ini tidak akan segan-segan menyinggung kamu demi mendapatkan posisi yang dia inginkan, tidak peduli seperti apa imbas nya untukmu.

4. Manipulative

Seseorang yang toxic bisa menjadi sangat manipulatif jika mereka menginginkan sesuatu. Mereka mampu mengungkapkan fitnah, memutarbalikkan fakta, serta memanipulasi  keadaan. Contoh yang lainnya yaitu, demi mendapatkan perhatian teman lain ketika berada di hadapanmu tapi berkata sebaliknya ketika tidak bersamamu.

5. Hanya memanfaatkan

Datang hanya sekedar butuhnya saja ketika kita membutuhkannya dia malah tidak ingin membantu, hal ini adalah toxic friend yang umum. Teman toxic hanya menemani atau bahkan mengunjungi kita jika dia sedang membutuhkan bantuan, setelahnya dia akan meninggalkan dan tidak mempedulikan kita.

6. Tidak mempunyai kesempatan bicara

Dia hanya ingin membicarakan diri sendiri dan memonopoli semua percakapan. Saat giliran kita berbicara, dia seolah tidak mendengar atau tidak memperhatikan perkataan. Jika itu teman sejati, mereka akan dapat mendengarkan kita dan bahkan memberikan solusi ketika sedang dalam masalah.

Itu dia beberapa ciri dari toxic friend (teman toxic), apakah temanmu termasuk dalam ciri-ciri tersebut? jika iya, jauhilah mereka karena bila terus berlanjut hanya akan membuatmu merasa tertekan.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru