Contoh Teks Pidato Hari Guru Nasional 2022, Penuh Dedikasi!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Berikut contoh pidato Hari Guru Nasional yang singkat, jelas, dan menyentuh hati. Cocok untuk sambutan amanat pembina upacara HGN mendatang.

INDIFFS.COM – Tinggal menghitung beberapa hari lagi, peringatan Hari Guru Nasional 2022 akan tiba. Serangkaian pidato yang disampaikan oleh para guru, menjadi salah satu sambutan hangat untuk memperingati momen hari guru nasional tersebut.

Tentunya, pidato yang disampaikan bertujuan untuk mengapresiasi seluruh guru, serta mengajak untuk kian peduli dengan pendidikan. Karena memang, tantangan guru saat ini tidak lah mudah. Terlebih, mereka harus berhadapan dengan perkembangan teknologi, dan trend-trend masa kini.

Pidato Sambut Hari Guru Nasional 2022

Adapun berikut, serangkaian pidato yang bisa disampaikan pada upacara peringatan Hari Guru Nasional 2022 mendatang.

Contoh Teks Pidato Pertama

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam saya sampaikan kepada kalian semua.

Yang terhormat Bapak kepala sekolah, beserta bapak ibu guru yang saya cintai dan staf TU sekalian.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua. Tak lupa sholawat serta salah tercurah limpahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Berdirinya saya disini yaitu untuk memperingati acara hari guru nasional, sekaligus memberikan beberapa pesan dalam pidato Hari Guru ini.

Hadirin yang saya cintai,

Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang perlu kita hormati. Karena berkat mereka kita bisa menjadi orang-orang sukses, berkarakter, bermoral, dan berkompeten. Karena setiap dokter, presiden, menteri, pengusaha merupakan orang-orang yang telah dididik oleh para guru.

Dengan begitu, peran guru sangat penting terhadap kemajuan negara. Karena, tanpa guru tidak ada penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter. Guru juga menjadi salah satu profesi yang berada di muka bumi ini.

Mereka merupakan orang yang mengajarkan kita tentang segudang pengetahuan.  Oleh karena itu, mustahil jika ada orang yang berhasil tanpa peran guru di belakangnya.

Hadirin yang saya hormati,

Seorang guru tidak pernah berhenti untuk mengantarkan anak-anak Indonesia ke gerbang pintu kesuksesan. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengajar kita dan mewujudkan cita-cita muridnya. Dengan begitu, maka wawasan yang kita miliki semakin luas.

Hadirin yang saya cintai

Kini saatnya kita memberikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi terhadap guru-guru kita semua. Kita juga harus berterima kasih yang mendalam kepada guru-guru kita. Karena telah bersusah payah untuk membimbing dan mendidik kita, agar kelak menjadi manusia yang berguna.

Sikap peduli datangnya dari hati, terutama hati yang lemut dan tulus dalam abdi. Berangkat dari kepedulian, mari kita bergerak bersama-sama untuk memulihkan kembali pendidikan di Bumi Pertiwi.

Akhir kata, pada momentum yang berbahagia ini, saya dengan tulus mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional yang ke-77 Tahun 2022.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Teks Pidato Part II dari Siswa Untuk Guru

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam saya sampaikan kepada kalian semua.

Yang terhormat Bapak kepala sekolah, beserta bapak ibu guru yang saya cintai.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan kepada kita semua. Tak lupa sholawat serta salah tercurah limpahkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW.

Para hadirin sekalian

Dimana saat ini di seluruh pelosok negeri, kembali bersama mengingat seluruh pengorbanan yang dilakukan oleh guru-guru dalam mencerdaskan generasi bangsa.

Menurut saya, guru ibarat sebuah lentera diruangan yang gelap, yang mampu menerangi segala sisi ruangan. Betapa tidak, karena guru memberikan pengetahuan yang ia miliki untuk anak didiknya, untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa tanpa pamrih, tanpa imbalan.

Hadirin sekalian, patut berbangga dan bersyukur, karena disini kita memiliki guru yang sangat sabar dalam membimbing.

Seperti yang kita tahu, tak mudah mengemban tugas mulia seperti yang dilakukan oleh guru kita ini, harus mengajarkan, membimbing berkali-kali tanpa bosannya sampai kita memahami pelajaran yang diberikan.

Bayangkan hal tersebut dilakukan oleh guru kita terhadap begitu banyaknya peserta didik dan dalam kurun waktu yang lama, yakni bertahun-tahun hingga ia pension.

Tak mudah mendedikasikan diri untuk terus menjadikan anak-anak Indonesia bisa bersaing di kancah dunia, dengan kemampuan yang setara atau bahkan melebihi yang lain didunia.

Terima kasih yang sedalam-dalamnya saya mewakili teman-teman yang ada disini atas jasa yang telah ditorehkan bapak/ibu guru dalam membimbing kami. Maaf atas segala kekurangan muridmu ini.

Maaf pula, jika kadang kami suka menguji kesabaran bapak dan ibu guru, sungguh kami tidak bermaksud sama sekali.

Harapan kami, semoga guru-guru selalu diberikan kemudahan dalam mendidik murid. Semoga ilmu yang diajarkan menjadi ilmu yang bermanfaat dan menjadi amalan yang tidak pernah terputus.

Sekali lagi, “Selamat hari guru nasional”.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demikianlah pidato yang cocok untuk menyambut momen Hari Guru Nasional. “Serentak berinovasi, wujudkan merdeka belajar“. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru