Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda, Penuh Makna dan Inspirasi!

Admin 0 Komentar

Salah satu hal yang dicari untuk menyambut perayaan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober ini adalah teks pidato Hari Sumpah Pemuda.

INDIFFS.COM – Kurang dari dua pekan, masyarakat Indonesia akan segera memperingati Hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2022 mendatang. Salah satu hal yang dicari untuk menyambut perayaan ini adalah teks pidato Hari Sumpah Pemuda, yang kemudian disesuaikan dengan tema pada tahun ini.

Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda

Contoh pidato sumpah pemuda digunakan untuk memperingati momen yang jatuh pada tanggal 28 Oktober tersebut. Berikut contoh teks pidato:

  • Contoh Pidato 1

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Yang pertama saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan nikmat serta karunia-Nya yang begitu banyak. Tidak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW Suri tauladan umat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Untuk mengenang kembali hari Sumpah Pemuda marilah kita merenungkan diri, Apakah kita sudah berkontribusi dengan baik untuk negara ini? Apakah kita memiliki semangat kebangsaan yang tinggi? Apakah negara ini sudah sangat kokoh serta kuat?

Hadirin sekalian, sebagai pemuda pemudi bangsa serta yang memiliki jiwa muda sudah sepatutnya kita bersatu membangkitkan bangsa.

Hal ini sesuai dengan filosofi Sumpah Pemuda yang merupakan perjuangan dari para pemuda demi persatuan Indonesia.

Namun sayangnya, para pemudi dan pemuda Indonesia kurang memiliki jiwa pejuang dan rasa nasionalisme serta patriotisme.

Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya kasus kenakalan dan kriminal yang dilakukan oleh para pemuda, padahal para pemuda ini memiliki peran yang penting bagi bangsa dan negara.

Teman-teman seperjuangan, alangkah baiknya kita mengikuti jejak pemuda terdahulu yang membela negara Indonesia mati-matian. Mereka rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran bahkan nyawanya demi kemerdekaan.

Meskipun saat ini negara Indonesia sudah merdeka, Namun perjuangan tidak boleh berhenti. Kita perlu gencarkan kembali semangat anak muda untuk membangun negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Mulai dari sekarang, kita harus bisa memilih lingkungan dan pergaulan yang positif agar tidak terjerumus dengan kegiatan yang negatif dan merusak diri. Serta mulai membangun relasi dengan orang-orang yang membawa pengaruh baik.

Demikian pidato yang saya bawakan hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

  • Contoh Pidato 2

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Para hadirin dan para pemuda yang pada saat ini berkumpul di ruangan tempat ini semuanya. Alhamdulillah, apa yang telah diperjuangkan para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 silam sampai saat ini masih tetap bisa kita jaga utuh, baik tekad maupun tujuan dari apa yang telah para pemuda “ikrarkan” pada saat itu.

Untuk itu saya bersyukur, marilah kita panjatkan do’a kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, agar kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir dan batin dalam meneruskan perjuangan pembangunan bangsa dan negara ini untuk mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik.

Para hadirin dan pemuda sekalian, hari ini kita semua kembali memperingati hari bersejarah yaitu hari sumpah pemuda.

Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan di negara Republik Indonesia tercinta ini.

Perjuangan mereka tidak mengenal waktu perjuangan mereka tidak dapat dinilai dengan harta benda maupun keluarga, mereka semua mempunyai tujuan yang sama mereka hanya ingin mencapai satu tujuan yaitu merdeka.

Para hadirin dan para pemuda sekalian, kita sebagai penerus pejuang bangsa ini, alangkah baiknya bila hasil dari perjuangan mereka di masa lampau itu tidak kita sia-siakan dengan hanya mengisi menghabiskan waktu kita dengan bersenang-senang dan dengan membuang waktu secara percuma kita sebagai pemuda harus menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa ini, disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan IPTEK dan keterampilan yang lebih baik.

Demikian pidato singkat yang bertemakan sumpah pemuda ini saya akhiri sampai di sini, mudah-mudahan menjadi bangsa bermoral, adil, makmur, sejahtera sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nah, itulah contoh pidato dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru