Contoh Teks Sambutan Ketua Panitia Pesantren Kilat 2023/1444 H

Admin 0 Komentar

Bagi kamu selaku ketua panitia Pesantren Kilat, wajib menyiapkan teks sambutan sanlat yang baik dan bermakna. Berikut ini kumpulan teksnya!

INDIFFS.COM – Pesantren Kilat (Sanlat) adalah salah satu kegiatan dalam rangka memantapkan pembinaan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh sekolah maupun majelis sebagai pengisi kegiatan selama bulan Ramadhan. Bagi kamu selaku ketua panitia Pesantren kilat wajib menyiapkan teks sambutan sanlat yang baik dan bermakna.

Sebagaimana kita ketahui, jika sambutan pembuka acara merupakan sesuatu yang cukup penting. Audien pada dasarnya ingin mendengarkan seperti apa rencana kegiatan, siapa yang menginisiasi kegiatan, hingga secarik motivasi terutama di bulan Ramadhan.

Contoh Teks Sambutan Ketua Panitia Pesantren Kilat (Sanlat) 1444 H

Maka dari nya, berikut ini beberapa contoh teks sambutan kegiatan pesantren kilat yang cocok untuk disampaikan ketua panitia serta pembuka acara sekolah:

1. Contoh Teks Sambutan Ketua Panitia Sanlat  (Umum)

Bismillah;

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillah wa syukurillah wa ni’matin fi syahril Ramadhan. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala sayyidina Muhammad.

Yang kami muliakan, al-Mukarrom al-Ustadz…..
Yang terhormat, Bapak/Ibu……..
Serta anak-anak sekalian yang saya banggakan;

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat, rezeki, hidayah, hingga kesempatan sehingga kita bisa hadir dan berkumpul di ruangan yang penuh ilmu ini dalam rangka melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan.

Sholawat berbingkaikan salam, marilah kita sampaikan kepada Nabi Akhir Zaman, kekasih Allah azza wa jalla, Rasul penutup para Nabi, Muhammad SAW. Semoga dengan teriringnya shalawat atas Nabi, kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Alhamdulillah, pada bulan Ramadhan tahun ini kita bisa saling sapa, saling bersua, dan senantiasa bersemangat berlomba-lomba dalam kebaikan.

Ramadhan memang bulan yang istimewa, bulan yang mulia, penuh berkah, serta penuh dengan keindahan. Alhasil, rugilah kita yang pada bulan ini angin-anginan beribadah, malas-malasan dan mencari keberkahan.

Salah satu ikhtiar kita dalam merengkuh kebaikan di bulan Ramadhan yaitu melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat.

Bersyukur kita memiliki anak-anak yang semangat, siswa-siswa yang punya jiwa motivator sehingga menginisiasikan kegiatan ini.

Besar harapan kita bersama bahwa acara keislaman di bulan Ramadhan ini agar memiliki nilai maslahat yang tinggi.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Yang terpenting di dalam kegiatan Pesantren Kilat itu bukanlah meriahnya acara, bukan pula mewahnya acara, melainkan nilai-nilai keberkahan dan manfaat yang bisa dirasakan.

Misalnya tentang semangat berpuasa, yaitu kita menjadikan puasa sebagai landasan untuk meningkatkan ibadah lainnya seperti Shalat Tarawih, membaca Al-Qur’an, berzikir, hingga bersedekah.

Semakin semangat kita berpuasa, semakin mengerti kita tentang bagaimana kemuliaan yang terdapat di bulan Ramadhan, maka semakin tertatalah niat diri dalam beribadah.

Niat adalah kunci, karena inna a’malu bin-niyat. Segala sesuatu mulainya dari niat. Jangan sampai kita berpuasa sebulan penuh, namun tidak memiliki niat yang ikhlas dalam melaksanakannya.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Saya harap, siswa-siswi semuanya bersemangat dan mengikuti kegiatan Pesantren Kilat dengan tertib, dan juga dengan niat yang tulus demi mengharap Ridho Allah. Mohon kepada Bapak/Ibu Dewan guru untuk ikut mendampingi serta menyemangati anak-anak kita.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri tentu saja untuk meningkatkan pemahaman, keimanan dan pengamalan siswa tentang ajaran agama islam. Sehingga menjadi muslim yang berkhlaq. Diharapkan juga dengan adanya kegiatan sanlat, dapat memperbaiki spiritual, akhlaq dan keimanan para siswa-siswi.

Baiklah, dengan mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim”, kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan resmi dibuka.

Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatu

2. Contoh Teks Sambutan Sanlat Sekolah (Pendidikan)

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Alhamdulillah alhamdulillahirobbil alamin washalatu wasalamuala asrafil ambiya’I wal mursalin waala alihi wasahbihi ajmain qalallahu tu ala filquranil karim auzubillahiminasyaitonirrajim lainsyakartum laazidanakum walaingkafartum innaadzabilasyadid al aya

Pertama-tama marilah kita pnjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat tuhan yang maha esa yang mana asata berkat limpah rahmat dan hidayatnya jualah kita masih dapat berkumpul diruangan ini dalam keadaan sehat walafiat insyaallah , shalawat beriringkan sallam marilah kita layangkan ke arwah junjungan kita nabi besar Muhammad saw yang mana atas berkat perjuangan beliaulah kita dibawanya dari alam kegelapan kealam yanh terang benderang seperti yang kita rasakan sekarang ini .

Yang saya hormati bapk walikota kota …./ yang mewakili
Yang saya hormati bapak kepala kantor kementrian agama kota …./ yang mewakili
Yang saya hormati bapak kepala dinas pendidikan kota ….
Yang saya hormati ketua komite … kota ….
Yang saya hormati kepala sekolah ….. dan guru-guru sekalian serta staf tata usaha yang saya hormati
Dan adik-adik serta teman-teman  panita sekalian yang saya banggakan

Acara pesantren kilat ini bertujuan agar siswa siswi …. kota …. dapat memiliki sikap dan perilaku mulia sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad saw , mengimani dan menjalankan syariat islam dalam setiap sendi kehidupannya, mengamalkan ibadah-ibadah baik ibadah wajib maupan sunat, memiliki sikap hormat terhadap orang tua dan guru , meningkatkan tingkat intelektualitas peserta didik , serta yang terakhir menanamkan kedisiplinan dan selalu istiqomah dalam beribadah.

Demikian yang dapat saya sampaikan selaku ketua panitia penyelenggaraan pesantren kilat, atau sanlat. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatu..

3. Contoh Teks Sambutan Panitia Pesantren Kilat

Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Alhamdulillah wa syukurillah wa ni’matin fi syahril Ramadhan. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala sayyidina Muhammad.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kepada Allah SWT. Karena berkat karunia dan rahmat-Nya jualah kita masih dapat berkumpul diruangan ini Insya Allah dalam keadaan sehat walafiat. Shalawat beriringkan salam marilah kita lantunkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad saw yang mana atas berkat perjuangan beliaulah kita dibawanya dari zaman kebodohan, menuju zaman yang terang seperti saat ini.

Yang saya hormati ……………………………
Yang saya hormati ……………………………
Yang saya sayangi para peserta pesantren kilat

Acara pesantren kilat ini bertujuan agar siswa siswi/anak-anak/majelis ……………….. dapat memiliki sikap dan perilaku mulia sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad saw, mengimani dan menjalankan syariat Islam dalam setiap sendi kehidupannya, mengamalkan ibadah-ibadah baik ibadah wajib maupan sunah, memiliki sikap hormat terhadap orang tua dan guru, meningkatkan tingkat intelektualitas peserta didik, serta yang terakhir menanamkan kedisiplinan dan selalu istiqomah dalam beribadah.

Adapun tema pesantren kilat tahun ini adalah “Menjaga Keimanan Bagi Anak Zaman Now”. Kegiatan kita ini akan diikuti oleh peserta sebanyak …..  orang yang terdiri dari siswa kelas/jenjang … dan … . Untuk pelaksanaannya sendiri akan berlangsung selama 10 hari sejak hari ini tanggal …………………. sampai dengan tanggal ………………….. Mengenai tempat akan dibagi menjadi 2 yaitu sebelah kiri merupakan asrama bagi peserta laki-laki dan sebelah kanan adalah asrama bagi peserta perempuan.

Demikian yang dapat saya sampaikan selaku ketua panitia penyelenggaraan pesantren kilat, atau sanlat. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatu..

4. Sambutan Panitia Pesantren Kilat

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi wa sohbihi wa mawwalah. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah…..
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru
Yang terhormat, Segenap Tamu Undangan
Yang kami banggakan, teman-teman seperjuangan siswa-siswi/anak dari kelas/jenjang…….sampai…….

Dan yang bersama-sama kita muliakan, al-mukarrom, al ustadz…….yang alhamdulillah telah hadir di tengah-tengah kita sebagai pemateri utama kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan.

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat umur, kesempatan dan kesehatan sehingga kita semua bisa berkumpul di lapangan/ruangan penuh ilmu ini dalam rangka mengikuti kegiatan Pesantren Kilat tanggal……Ramadhan 1444 Hijriah Tahun 2023.

Shalawat beserta salam tiada bosan-bosannya kita sanjung dan kirimkan kepada Nabiyullah kekasih Allah, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau hingga Hari Kiamat nanti. Bapak, Ibu, serta, teman-teman yang berbahagia…

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya mewakili para panitia untuk menyampaikan sepatah dua patah kata terkait kegiatan kita pada bulan Ramadhan yang mulia ini.

Adapun kegiatan yang segera kita laksanakan hari ini ialah Pesantren Kilat Ramadhan dengan tema (“…………….. .”)

Kegiatan Pesantren Kilat yang akan kita ikuti sebentar lagi diinisiasi oleh pihak Rohis dan bekerja sama dengan OSIS sembari dipandu oleh Bapak/Ibu Dewan Guru.

Bapak, Ibu, serta, teman-teman yang berbahagia; Saya mewakili para panitia mengucapkan terima kasih atas kehadiran, partisipasi, serta bantuan dari para panitia, Bapak/Ibu Dewan Guru, serta teman-teman sekalian baik secara materi maupun non-materi.

Bersamaan dengan itu pula, kami memohon maaf atas segala kekurangan yang ditimbulkan dari acara ini semenjak persiapan, penyambutan, pelaksanaan, hingga selesainya acara Pesantren Kilat Ramadhan.

Harapan kami, semoga kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan tahun 1444 Hijriah ini bisa berjalan dengan lancar, diikuti dengan hikmat, tertib, dan semangat demi menggapai ridho Allah SWT.

Kami mohon pula kepada al-Ustadz………nantinya untuk menyampaikan motivasi kepada kita semua dalam rangka meraih keberkahan Ramadhan serta untuk menata pribadi para generasi masa depan supaya istiqomah berakhlak mulia.

Bapak, Ibu, serta, teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah sambutan singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Mari kita sukseskan bersama kegiatan Pesantren Kilat Ramadhan.

Saya akhiri. Wabillahi taufik wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Demikianlah beberapa contoh teks sambutan ketua panitia pesantren kilat atau sanlat yang biasanya disampaikan dengan ringkas. Semoga dapat membantu serta bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru