Daerah yang di Juluki Kota Santri di Indonesia, Bisa Menimba ilmu!

Resa Azzahra 0 Komentar

Ada beberapa daerah di juluki sebagai Kota Santri dan salah satunya ialah kota semarang dan tasikmalaya di indonesia. Simak selengkapnya!

INDIFFS.COM – Kota yang mendapatkan julukan Kota Santri memiliki banyak pesantren yang berdiri dan menjadi pusat pembelajaran Islam di Indonesia. Kota-kota ini termasuk pesantren klasik, modern atau bahkan pesantren tempat mencetak para tahfidz Al-Qur’an.

Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional yang para santri nya tinggal bersama dan belajar di bawah bimbingan guru yang lebih dikenal dengan sebutan kyai, ustadz dan ustdzah. Biasanya, para santri yang mengikuti pesantren akan menetap di asrama khusus.

Kota yang di Juluki Kota Santri di Indonesia

Kota Santri sendiri sudah tidak asing lagi di dengar. Bahkan, julukan ini sempat dibuat lagu yang cukup viral. Seperti yang diketahui istilah kota santri ini semakin populer setelah diciptanya lagu yang pertama kali dinyanyikan oleh grup qasidah Nasida Ria Semarang. Berikut deretan kota yang dijuluki kota santri:

1. Kabupaten Jombang

Kabupaten Jombang merupakan daerah Jawa Timur dan masyarakat disana harus bangga karena memiliki pahlawan yang berjasa, yakni Presiden Indonesia, Abdurrahman Wahid yang lahir di kota ini. Jombang ini termasuk salah satu daerah yang di juluki Kota Santri yang penuh dengan pesantren. Sebut saja Tebu Ireng pada tahun 1899 M, ini merupakan tonggak penting bagi sejarah Nadhatul Ulama di indonesia. 

Belum lagi ada beberapa pesantren lainnya, yakni Wali Songo, Darul Ulum Peterongan, Denanyar, kemudian tambak besar. Begitu banyak pesantren di daerah ini, sehingga jombang menjadi salah satu daerah yang di juluki Kota Santri.

2. Tuban

Daerah yang kedua ialah Kota Tuban. Di Tuban terdapat pesantren yang cukup terkenal dan merupakan salah satu pesantren terbaik di Indonesia. Yakni Pondok Pesantren Langitan yang dikenal memiliki identitas khas pesantren salaf dengan metode pembelajaran tradisional. Metode tersebut membuat pesantren lainnya semakin tumbuh dan berkembang. Karena itulah Tuban layak masuk ke dalam julukan Kota Santri.

3. Kediri

Kediri merupakan kota santri dari perkotaan sampai desanya, banyak pesantren yang bertebaran. Bahkan, beberapa pesantren yang ada disini masuk dalam jajaran pesantren terbaik di Jawa Timur bahkan Indonesia.

Beberapa diantaranya yang terkenal ialah Lirboyo, Alfalah Ploso dan Kwagean, Pompes Gontor Putri dan Al-Amin. Dikota ini memiliki rasio jumlah satri sebesar 6,76% dibandingkan dengan total penduduk. Selain itu, human development index di Kota Kediri juga terdorong dengan banyaknya Pondok Pesantren.

4. Sukabumi

Terletak di bagian selatan tengah Jawa Barat, Kota Sukabumi dikenal dengan julukan Kota Santri, karena di daerah ini terdapat banyak pesantren yang melahirkan para ulama besar, dan terdapat beragam pesantren  dari sekolah hafiz, salafi sampai pesantren modern. Hal ini kerap menjadi pilihan orangtua dan santri untuk menuntut ilmu, dan tak terlepas dari letaknya yang dekat dengan jakarta dan sekitarnya.

5. Cirebon

Kota Cirebon memiliki banyak pesantren besar, diantaranya yakni Buntet, Kempek dan Babakan Ciwaringin. Kini di cirebon juga telah berdiri pesantren Al-bahjah yang dikenal dengan Buya Yahya. Selain dari itu, masih banyak pesantren kecil lainnya yang ada di Cirebon. 

Tak hanya itu, sejarah kota dan Kabupaten Cirebon menunjukkan kaitan eratnya dengan sejarah dan budaya kaum santri, yang dimana kota ini pernah jadi salah satu area islamisasi dari gerakan dakwah kultural Wali Songo, Sunan Gunung Djati atau yang dikenal dengan Syarif Hidayatullah yang hadir di Cirebon sebagai pendakwah Islam Kultural. Keberadaan Sang Sunan ini selain bagian dari islamisasi Jawa, merupakan bagian dari perjalanan besar Kerajaan Cirebon pada masa lampau.

6. Banten

Selain dikenal dengan kota debus, Banten juga terkenal sebagai Kota Santri, karena di kota ini memiliki banyak pesantren. Identitas pesantren di kota ini dekat dengan DKI Jakarta adalah modern, dengan ciri khas pendidikan umum yang mewarnai. 

7. Jember

Jember yang terletak di Jawa Timur merupakan kota yang mendapatkan julukan Kota Santri, karena memiliki jumlah pondok yang terbilang cukup banyak dan tersebar hingga ke pelosok desa. Di kota ini terdapat 367 pesantren yang resmi terdaftar dan salah satunya ialah Pompes Al-Qodir yang menjadi salah satu tujuan wisata religi ke Walisongo. 

8. Tasikmalaya

Kota dan Kabupaten Tasikmalaya secara teritorial merupakan daerah pusat lembaga pendidikan pesantren di wilayah Priangan Timur, Jawa Barat. Ada banyak pesantren hingga rubuah dengan ribuan santri dari pelosok daerah Tasikmalaya sendiri maupun luar. Kenapa dijuluki Kota Santri? Karena kota ini memiliki ratusan pesantren yang nyaris berda di setiap pelosok desa, mulai dari Pesantren salafia, tradisional dan modern. Salah satu pesantren yang terbilang cukup banyak dan di huni oleh Ribyah santri yakni esantren Cipasung Desa Cipakat Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Itulah beberapa deretan Kota yang di juluki sebagai Kota Santri, dan ada juga beberapa kota lainnya yang termasuk kota santri yakni, Kota Kendal, Cianjur, Kudus, Situbondo, Pasuruan, Ponorogo, Gresik Dan Martapura. Sebagai Kota Santri di Indonesia. Semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru