Daftar Orang Terkaya di Dunia, Apa yang Membuat Mereka Kaya?

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Inilah sederet daftar orang terkaya di Dunia dengan kekayaan minimal yang mereka sumbangakan sebanyak Rp119 Triliun. Simak selengkapnya!

INDIFFS.COM – Setiap tahunnya majalah Forbes selalu merilis deretan nama dan perusahaan yang dianggap berpengaruh dalam periode satu tahun terakhir. Adapun kali ini, Forbes telah merilis daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2022.

Ini menjadi edisi ke-16 dari daftar tahunan yang telah disoroti oleh Forbes. Yang mana, Forbes menyoroti para seseorang terkemuka di dunia, yakni orang paling kaya.

Jika sebelumnya deretan teratas orang paling kaya di dunia didominasi oleh miliarder asal Amerika Serikat. Kini menjadi orang Asia pertama yang berhasil masuk ke posisi tiga besar.

Daftar Orang Terkaya di Dunia

Adapun berikut merupakan deretan orang paling kaya di Dunia, yang telah kami rangkum:

1. Gautami Adani, India

Gautami Adani menjadi salah satu orang yang menduduki posisi pertama yang menjadi orang paling kaya di Dunia. Menjadi sebagai orang paling kaya di India, ia berjanji akan mendonasikan sebanyak 600 miliar rupee (US$ 7,7 miliar) ketika dia berusia 60 tahun pada bulan Juni.  Janji tersebut menjadikannya salah satu orang kaya paling dermawan di India.

Yang mana, nantinya uang tersebut akan digunakan untuk perawatan kesehatan, pendidikan, dan pengembangan keterampilan. Selain itu, ia juga mendirikan sebuah yayasan yang bernama Yayasan Adani yang didirikan pada tahun 1996. Setiap tahunnya ia membantu hampir 3,7 juta orang di seluruh India.

2. Melanie Perkins dan Cliff Obrecht, Australia

Mereka merupakan pendiri Canva asal Australia yang merupakan sepasang suami dan istri. Mereka juga menandatangani Giving Pledge, sebuah perjanjian untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka seumur hidup.

Selain itu, sejauh ini atas nama perusahaan canva, mereka telah memberikan dukungan kemanusiaan diberbagai penjuru Dunia. Bahkan mereka turut berkontribusi berikan dukungan covid-19 dan dana respon kemanusiaan di Ukraina.

3. Jean Salata dan Melanie Salata, Hongkong

Jean Salata dan istrinya Melanie merupakan ketua firma ekuitas swasta EQT Asia yang berbasis di Hongkong. Mereka telah menyumbangkan $200 juta untuk mendirikan Institut Iklim dan Keberlanjutan Salata di Universitas Harvard.

Tak hanya itu, sebelumnya pasangan tersebut juga telah mendonasikan US$5 juta untuk membantu membangun Pusat Teknologi dan Inovasi Salata di Cathedral Prep-Villa Maria di AS, tempat Jean bersekolah.

4. Geoffrey Cumming, Australia

Geoffrey Cumming telah membuat sejarah di tahun ini dengan memberikan donasi sebesar A$250 juta (US$168 juta) kepada Universitas Melbourne. Ini menjadi salah satu sumbangan tunggal terbesar di Australia.

Uang yang ia miliki berasal dari industri minyak dan gas, yang mana ia berperan sebagai pemimpinnya, semuanya berbasis di Kanada. Ia juga merupakan pendiri dari perusahaan investasi Emerald Capital dan Karori Capital.

5. Shiv Nadar, India

Ia merupakan seorang Miliarder swadaya yang termasuk termasuk di antara para pendonor teratas di India. Shiv Nadar juga termasuk orang dermawan karena memberikan USD1 miliar atau setara Rp15,5 triliun untuk berbagai tujuan sosial melalui Yayasan Shiv Nadar.

6. Lika Shing, Hongkong

Miliarder asan Hongkong ini telah menyumbangkan lebih dari USD 128 juta atau setara dengan Rp1,9 triliun untuk berbagai prakarsa di China, Hong Kong, dan tempat lain di dunia melalui Yayasan Li Ka Shing.

Tak hanya itu, ia juga telah menandai penelitian di fakultas kedokteran Universitas China Hongkong. Yang mana, yayasan tersebut mendukung rumah sakit swasta dalam merawat pasien non-Covid dan mendanai pembelian bahan pelindung untuk panti jompo dan makanan untuk orang yang kurang mampu.

7. Ronnie Chan dan Gerald Chan

Selanjutnya ialah dua saudara kandung yang telah menyumbangkan USD100 juta atau setara Rp1,5 triliun kepada Massachusetts Institute of Technology untuk mendirikan MIT Morningside Academy for Design.

Yang mana nantinya, program yang diluncurkan akan mengawasi program akademik dan penelitian yang berfokus pada desain di MIT. Dengan penekanan pada kolaborasi antara Sekolah Teknik dan Sekolah Arsitektur dan Perencanaan.

8. Ashok Soota, India

Ia merupakan Ketua eksekutif, Happiest Minds Technologies yang telah berumur 80 tahun. Ashok Soota telah memberikan USD75 juta atau setara Rp1,1 triliun kepada sebuah penelitian medis yang ia dirikan pada April 2021 untuk mempelajari penuaan dan penyakit saraf.

Tak hanya itu, Soota juga mendapatkan kekayaannya dari saham mayoritas di perusahaan layanan perangkat lunak Happiest Minds Technologies yang berbasis di Bangalore.

Nah, sedikitnya telah kami rangkum 8 orang terkaya di Dunia berdasarkan Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru