Deretan Gaji Kurir Berdasarkan Ekspedisinya, Banyak Tunjangan!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Beberapa gaji kurir ini yang jarang di ketahui banyak orang, dan bahkan ada yang mencapai 9 juta per bulannya lho. Ini dia selengkapnya!

Indiffs – Di jaman sekarang yang serba online, kerap sekali seseorang memesan paket yang di antar oleh kurir. Dan tak jarang profesi sebagai kurir ini banyak diminati oleh sebagian orang pada umumnya, lho. Jadi, tak heran banyak ekspedisi baru yang bermunculan yang terus meningkat. Namun, pernah terbayang tidak mengenai gaji kurir yang sering mengantarkan paket kita ini? Simak di bawah ini, ya!

Gaji Kurir 2022

Berikut beberapa gaji kurir yang berbeda-beda dan mendapatkan tunjangan beserta ekspedisi nya:

Gaji Kurir J&T

J&T merupakan jasa pengiriman barang dan ekspedisi di Indonesia yang dikelola oleh PT Global Jet Express. J&T yang telah beroperasi sejak tahun 2015 ini telah memiliki banyak pegawai, yakni sebanyak 10 ribu pegawai. Tentunya gaji yang diberikan pada pegawai kurir ini di tentukan oleh Upah Minimum Reginal (UMR) di setiap daerah masing-masing. Dan untuk macam-macam pekerjaannya pun berbeda beda, yaitu:

  • Kurir Spinter (Pengantar paket dari kantor ke alamat tujuan)
  • Kurir Ekspedisi (Pengantar paket dari satu drop point ke drop point berikutnya)

Dan untuk gaji yang diberikan Maksimum mencapai Rp. 2.500.000 per bulannya, dan tak hanya itu kurir J&T juga akan memperoleh tambahan bonus jika berhasil mencapai target yang diberikan perusahaan. Baik sprinter maupun staf drop point akan diberikan bonus apabila memenuhi target harian dalam mengantar pesanan. Dan perhitungan bonus paket yang dikirim satuannya mendapatkan Rp.1000. Jika, kurir berhasil mengantarkan 60 paket dalam sehari berarti ia mendapatkan tambahan Rp. 60.000 per harinya dan dikalikan 30 apabila ini terus dilakukan sebanyak 30 hari.

Gaji Kurir Shopee Express

Shopee Express merupakan jasa pengiriman resmi yang berada di bawah naungan Shopee. Shopee ini didirikan pada tahun 2015 dan Shopee Express menjadi salah satu untuk mengembangkan jaringan logistik dan pengiriman nya. Dilihat berdasarkan jenis pengiriman nya terbagi menjadi beberapa ekspedisi, yakni:

  • Instan (Jasa kirim yang memungkinkan dapat mengirim paket dalam waktu 3 jam)
  • Sameday (Jasa kirim yang memungkinkan barang sampai tujuan di hari sama)
  • Shopee Xpress Standard (Jasa kirim regular dengan rentang waktu sampai bervariasi sesuai jarak tempuh)
  • Hemat (Jasa kirim murah dengan rentang waktu lebih lama dibandingkan regular)
  • Warehouse Shopee. Warehouse Shopee merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan barang. Setiap barang yang disediakan oleh Shopee akan dikirim langsung dari gudang ke alamat penerima. Ini bisa dilacak melalui fitur yang terdapat di dalam shopee. 

Untuk gaji yang didapatkan pada kurir shopee ini dihitung perhari. Yakni gaji atau insentif yang didapat ialah Rp2.213 per paket nya. Jika pegawai berhasil mengirimkan 80 paket dalam sehari, maka perhitungan upah yang didapatkan dikali 80, kira-kira sebesar Rp177.040 per hari. Jika, dikali kan dengan jumlah hari dalam satu bulannya mencapai Rp. 3.500.000. Akan tetapi, insentif yang di dapat perhari tergantung UMR masing-masing di setiap wilayah.

Gaji Kurir JNE

JNE merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang dirikan sejak tahun 1990 oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Sistem penggajian di JNE tidak berbeda dengan perusahaan ekspedisi lainnya. Dan terdapat beberapa tunjangan yang didapatkan yakni:

  • Gaji pokok kurir JNE Rp Rp. 2,8 juta per bulan
  • Uang servis sepeda motor Rp. 300 ribu per bulan
  • Insentif absensi kehadiran Rp. 440 ribu per bulan
  • Uang makan dan bensin Rp. 600.000 per bulan
  • Tunjangan pengiriman per paket Rp. 200 ribu per bulan
  • Uang parkir Rp. 100.000 per bulan 

Dan mendapatkan total  Rp. 440.000 perbulan untuk tunjangan, namun tetap ini di sesuaikan berdasarkan UMR masing-masing yang berbeda di setiap wilayah. Adapun gaji pokok yang di hitung satuan paket, kiranya sejumlah Rp. 1000 hingga Rp. 2000, dan ini akan di hitung berdasarkan paket yang dikirim kan per hari. Apabila perhari dapat mengirim paket sebanyak 100 makan perhari yang bisa didapatkan sejumlah Rp. 200.000 perhari dan di tambah tunjangan nya.

Gaji Kurir Anteraja

Anteraja ini merupakan dibawah naungan PT Tri Adi Bersama, yang merupakan perusahaan rintisan alias startup yang bergerak di bidang logistik yang dirintis sejak tahun 2019. Untuk jam kerja kurir anteraja ialah setiap hari mulai dari mulai 10.00 sampai pukul 20.00 WIB. Dan untuk gaji yang didapatkan berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR) masing-masing, yang  berkisar Rp2.500.000 hingga Rp3.500.000. Tak hanya itu, ekspedisi ini mendapatkan tunjangan, diantaranya:

  • Insentif atau bonus pemenuhan target pengiriman
  • Biaya perawatan kendaraan
  • Uang makan harian
  • Uang transport

Gaji Kurir Si Cepat

PT SiCepat Ekspres merupakan perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana pengiriman 15 Jam sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung. Untuk nominal gaji pokok per bulan ini bisa berbeda-beda karena mengikuti UMR di daerah masing-masing. Selain gaji pokok, kurir SiCepat juga memperoleh tunjangan bulanan, bonus dan uang makan. Apabila dikumpulkan antara gaji pokok dan lain-lain total nya bisa mencapai Rp 3.500.000 sampai Rp 4.500.000 juta yang termasuk uang makan Rp. 54.000 perhari.

Gaji Kurir Lazada

Sama dengan tugas kurir pada umumnya, cara kerja kurir Lazada meliputi mengirim barang dari penjual sampai pada akhirnya sampai di tangan konsumen. Agar pengiriman barang menjadi lebih efisien, kurir Lazada terbagi menjadi dua kelompok, yakni kurir motor dan juga kurir mobil. Untuk nomimal gaji yang di berikan pada kurir Lazada ini di hitung berdasarkan per hari:

  • Kurir Lazada Motor Rp 175.000 perhari.
  • Kurir Lazada Mobil  Rp 367.000 perhari.

Jika, gaji ini di hitung dalam harian dan kerja penuh selama  30 hari, maka akan di dapat kan gaji sebesar Rp. 5.250.000 untuk kurir motor, dan paling kecil sebesar Rp. 9.000.000 untuk kurir mobil.

Itulah beberapa gaji kurir yang bisa dinominalkan berdasarkan hariannya, bagaimana lumayan, bukan? tertarik ingin bekerja menjadi kurir?

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru