Deretan Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Indonesia

Admin 0 Komentar

Indonesia berada di wilayah cincin api Asia Pasifik. Di Indonesia sendiri ada beberapa bencana gempa terdahsyat sepanjang sejarah.

INDIFFS.COM – Indonesia berada di wilayah cincin api Asia Pasifik yaitu daerah yang sering mengalami bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi. Sekitar 90 persen dari gempa bumi yang terjadi dan 81 persen dari gempa bumi terbesar di dunia, terjadi di sepanjang cincin api. Di Indonesia sendiri ada beberapa bencana gempa terdahsyat sepanjang sejarah.

Gempa Terdahsyat di Indonesia

Dari sejumlah gempa bumi yang pernah terjadi di wilayah Indonesia, terdapat beberapa gempa terparah yang pernah mengguncang Indonesia. Melansir dari berbagai sumber, berikut gempa terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia:

1. Gempa Aceh (2004)

Pada tahun 2004 menjadi tahun kelam bagi Indonesia. Pada penghujung tahun di tanggal 26 Desember 2004, Aceh dilanda gempa bumi dengan kekuatan paling besar. Gempa itu memiliki kekuatan 9,3 Skala Richter. Gempa terjadi akibat pergerakan lempeng bumi di dasar Samudera Hindia yang subduksi lempeng Burma.

Mengutip dari situs Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bnpb.go.id, tsunami Aceh diawali dengan gempa besar berkekuatan magnitudo (M) 9,1 tepat pada pukul 07.58 WIB. Kemudian, disusul tsunami besar setinggi 30 meter yang meluluh lantahkan sebagian besar wilayah di Banda Aceh.

Gempa yang terjadi ini tidak hanya menimpa wilayah Indonesia saja. Melainkan juga di sejumlah negara lain yakni Thailand, India, Maladewa, Malaysia, Sri Lanka, Somalia, Kenya, Seychelles, Tanzania, Bangladesh, Myanmar. Akibat dari gempa tersebut ada sekitar 230.000 korban jiwa.

2. Yogyakarta (2006)

Pada 2006 silam, tepatnya 27 Mei pukul 05.55 WIB, gempa bumi mengguncang Yogyakarta dan wilayah Jawa Tengah. Gempa yang berkekuatan 5,9 Skala Richter (SR) atau 6,3 SR menurut perhitungan Balai Survei Geologi Amerika Serikat (USGR) memiliki kedalaman 7,5 km.

Akibatnya banyak rumah warga di wilayah tersebut yang hancur dan menjadi rata dengan tanah. Bahkan, sampai menelan korban jiwa yang mencapai 6.234 orang. Jaringan komunikasi juga terputus dan sebanyak 200.000 orang harus mengungsi.

3. Pangandaran (2006)

Wilayah pantai Selatan Pulau Jawa mengalami gempa bumi yang disusul gelombang setinggi 5 meter pada 17 Juli 2006 silam. Pusat gempa terjadi di kawasan pantai Selatan Jawa Barat dengan kekuatan gempa yang mencapai 7,7 SR.

Gempa tersebut juga menyebabkan gempa-gempa susulan yang memiliki kekuatan lumayan besar. Gempa bumi itu menyebabkan sekitar 668 jiwa meninggal dunia, puluhan orang dinyatakan hilang dan lebih dari 9.200 orang luka-luka.

4. Nias (2005)

Pada tahun 2005 wilayah Indonesia di bagian Sumatera kembali dilanda gempa bumi yang terbilang cukup parah. Pusat gempa berada di dasar Samudra Hindia, di lepas pantai Pulau Sumatera di antara dua pulau yakni Pulau Nias dan Pulau Simeulue.

Gempa tersebut berkekuatan 8,7 SR berdasarkan catatan seismik dan getaran nya dirasakan hingga ke negara sekitar yakni Bangkok, Thailand dan sekitar Nias dalam jarak 1.000 km.

5. Padang (2009)

Sekitar 50 km dari lepas pantai barat laut Sumatera terjadi gempa bumi, pada 30 September 2009 sore hari. Gempa terdeteksi berkekuatan 7,6 SR dengan kedalaman berkisar 87 km dari permukaan.

Gempa tersebut menyebabkan kerusakan di beberapa wilayah Sumatera barat hingga wilayah Jabodetabek, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura.

Total goncangan gempa tersebut menyebabkan lebih dari 1.100 orang meninggal dunia dan 2.329 alami luka-luka. Ratusan ribu bangunan pun menjadi hancur dan mencapai kerugian dengan nilai yang sangat besar.

6. Gempa Palu (2018)

Peristiwa gempa bumi juga pernah melanda warga Kola palu dan Kabupaten Donggala pada 28 September 2018 lalu. Goncangan di palu sebesar 7,4 SR dengan kedalaman mencapai 10 km. Sedangkan, posisinya berada 27 meter arah timur laut Donggala. Setelah itu, gelombang tsunami setinggi 6 meter melanda Donggala.

Tak hanya gelombang tsunami, gempa ini juga mengakibatkan tanah bergerak (likuifaksi). Akibat gempa yang termasuk parah ini lebih dari 2.113 orang menjadi korban jiwa, 1.309 orang hilang dan sebanyak 4.612 orang mengalami luka-luka.

Demikian deretan gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru