Deretan Makanan Yang Menyebabkan Kolesterol, Yuk Cari Tau!

Resa Azzahra 0 Komentar

Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, sehingga munculnya penyakit serius. Untuk itu harus tau makanan apa yang menyebabkan kolesterol

Indiffs – Kolesterol adalah komponen lemak yang berperan penting. Karena berfungsi untuk menjaga sel dan jaringan tubuh agar tetap berfungsi. Untuk menjaga konsumsi kolesterol yang diperbolehkan dari makanan dengan jumlah tidak lebih dari 200 mg perhari. Jika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, risiko munculnya penyakit serius, seperti stroke, obesitas dan penyakit jantung. Untuk itu sebaiknya perhatikan makanan yang menyebabkan kolesterol agar tubuh tetap sehat dan terjaga.

Kolesterol berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Selain itu, kolesterol juga membantu tubuh dalam proses produksi empedu, vitamin D, serta beberapa jenis hormon, seperti kortisol, testosteron, estrogen, dan progesteron. Kolesterol bisa ditemukan di dalam makanan, dan berikut ini adalah beberapa makanan penyebab kolesterol yang wajib dihindari dan dibatasi:

1. Makanan Laut Dan Jeroan

Beberapa jenis makanan laut, seperti lobster, merupakan makanan penyebab kolesterol tinggi. Karena didalam setiap 100 gram lobster terkandung sekitar 70 mg kolesterol. Untuk mengurangi asupan kolesterol, pilihlah hidangan laut lain, seperti ikan, dan sebaiknya olah makanan laut tersebut dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng. Tak hanya itu, jeroan atau bagian isi perut dan organ hewan, seperti usus, babat, atau otak, mengandung lebih banyak kolesterol dibandingkan bagian dagingnya. Bagian tersebut juga mengandung banyak asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan, terutama bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi dan asam urat.

2. Meminum Alkohol

Jika kamu suka meminum alkohol, sebaiknya kurangi untuk tidak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Usahakan untuk tidak minum lebih dari 1-2 alkohol per hari. Meski Anda mengkonsumsi sedikit alkohol, jumlah trigliserida dalam tubuh akan melonjak. Selain tak baik untuk jumlah kolesterol, kesehatan tubuh secara menyeluruh juga bisa terganggu.

3. Kulit Dan Telur Ayam

Kuli ayam, sapi atau kikil yang mengandung lemak jenuh yang lebih tinggi dari dagingnya. Hal ini bisa meningkatkan kolesterol secara signifikan. Tak hanya itu, sebutir telur yam negeri lengkap dengan kuning dan putih telur mengandung 164 miligram kolesterol. Sementara kuning telur nya saja memiliki 2 miligram kandungan kolesterol. Untuk itu sebaiknya, jika makan ayam jangan disajikan dengan kulitnya dan agar lebih aman, baiknya konsumsi sumber protein lain, misalnya tempe dan tahu.

4. Lemak Trans

Lemak trans adalah minyak yang sudah dipadatkan. Lemak ini biasanya ada dalam margarin dan minyak kelapa. Maka, hidangan yang diolah dari margarin dan minyak kelapa pun tinggi kolesterol. Kalau bisa, pilih margarin yang mengandung 0 gram lemak trans atau bebas lemak trans.

5. Makanan Cepat Saji

Selain karena gizinya kurang lengkap, makanan cepat saji atau junk food mengandung kolesterol tinggi karena proses pengolahan nya. Oleh karenanya, sebaiknya jadikan makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, burger, dan sejenisnya sebagai pantangan,

Seperti hamburger dan pizza, mengandung sekitar 85–180 mg kolesterol dalam satu porsi nya. Jumlah kolesterol yang dikonsumsi juga dapat bertambah saat Anda minum soda dan mengkonsumsi kentang goreng bersamaan dengan makanan tersebut.

Karena jumlah kolesterolnya yang tinggi, Anda dianjurkan membatasi konsumsi makanan cepat saji dan mengganti minuman bersoda dengan air putih guna mencegah meningkatnya kolesterol dalam tubuh.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru