Dijamin Ampuh! 8 Cara Mudah Untuk Menghilangkan Kutu Beras

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Sering ditemukan kutu beras di penyimpanan beras yang membuatmu risih? Coba lakukan beberapa cara berikut agar dapat menghilangkan Kutu Beras

INDIFFS.COM – Adanya kutu pada beras membuat seseorang menjadi jengkel. Pasalnya kutu beras bisa menurunkan kualitas beras tersendiri. Dengan begitu banyak orang melakukan berbagai cara agar bisa menghilangkan kutu beras tersebut.

Namun nyatanya, banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Bahkan, karena ia tidak mengetahui caranya, ia meremehkannya hingga akhirnya memasak nasi dan biarkan kutu tersebut terpasak. Iwh menjijikan bukan?

Meskipun tidak beracun, serangga kecil itu bisa mengakibatkan mual, terlebih dapat membuat anak-anak muntah. Tak hanya itu, kutu beras juga bisa menyebabkan alergi jika masuk ke dalam tubuh. Untuk itu, perlu di ketahui cara-cara agar bisa mencegah dan mengatasi kutu pada beras.

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Ada cara mudah  yang bisa dilakukan dalam mengatasi kutu yang ada pada beras kamu. Tentunya cara-cara ini sangat lah mudah. Karena pasalnya, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai alternatif.

1. Daun Jeruk Nipis

Daun jeruk nipis ini sering dijadikan sebagai salah satu rempah yang digunakan dalam memasak makanan. Pasalnya jeruk ini memiliki aroma yang sangat menyengat, tentunya aroma menyengat ini sangat tidak disukai oleh kutu beras.

Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan daun jeruk nipis sebagai alternatif nya meniadakan kutu beras, yang kerap membuat risih seseorang. Caranya sangat mudah, coba letakkan daun jeruk nipis pada tempat penyimpanan beras kemudian tunggulah beberapa jam hingga kutu pergi sendirinya.

2. Daun Salam

Selanjutnya ialah dengan menggunakan daun salam, ya lagi-lagi menggunakan salah satu rempah yang sering dijadikan pelengkap masakan. Karena memang dalam hal ini, daun salam memiliki kandungan aroma kuat yang tidak disukai serangga, termasuk kutu.

Tentunya dengan menggunakan daun salam bisa mengusir kutu beras. Caranya juga sangatlah mudah, yakni dengan menyimpan daun salam kering ditempat beras yang tertutup. Dengan begitu beras dapat tersimpan dengan baik dan aman bebas dari gangguan kutu.

3. Daun Pandan

Daun pandan memiliki aroma yang wangi, tentunya aroma tersebut mampu mengusir kutu beras. Sekaligus mampu menjaga kualitas beras yang tersimpan di tempat penyimpanan. Aroma yang dihadirkan tersebut mampu mengendalikan serangga.

Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan, menaruh 0,5 cm potongan daun pandan wangi pada tiap 100 g beras mampu mengurangi serangan hama kutu beras.

4. Bawang Putih

Lagi-lagi bumbu dapur, bawang putih ini bisa kamu gunakan sebagai bahan alami yang mampu menghilangkan kutu pada beras. Pasalnya dari aroma yang dikeluarkan sangat tidak disukai serangga  termasuk kutu beras.

Tentunya dengan meletakkan beberapa buah bawang putih pada tempat penyimpanan beras, cukup efektif untuk mencegah munculnya kutu beras. Dalam hal ini kamu juga tak perlu mengupas bawang nya terlebih dahulu.

5. Kayu Manis

Terlebih aroma yang dihadirkan dari rempah yang satu ini mampu mengusir kutu beras. Karena memang, kayu manis sendiri sering digunakan sebagai salah satu pengharum dan penyedap masakan.

Namun Selebihnya kayu manis mampu mengatasi dan mengusir kutu beras. Caranya, ambil kulit kayu manis secukupnya kemudian masukkan ke dalam tempat penyimpanan beras.

6. Jemur Dibawah Terik Matahari

Cara lain yang bisa dilakukan agar kutu beras bisa hilang, ialah dengan menjemur beras tersebut di bawah panasnya terik matahari. Karena pasalnya kutu beras tidak menyukai suhu panas, hingga pada akhirnya serangga kecil itu akan berusaha menghindar dari paparan cahaya matahari dalam waktu yang lama.

Caranya coba letakkan beras pada wadah terbuka. kemudian, jemur di bawah terik matahari selama beberapa jam untuk mengusir kutu beras.

7. Tutup Beras Menggunakan Kain Basah

Cara selanjutnya yang bisa digunakan agar kutu beras bisa menghilang, ialah dengan menutup beras menggunakan kain yang basah. Hal ini dilakukan karena, kutu beras tidak menyukai tempat yang lembab dan basah.

Sehingga dengan cara ini sangat efektif untuk menghilangkan kutu pada beras. Caranya tutuplah tempat penyimpanan beras dengan kain yang sudah dibasahi selama kurang lebih 30 menit atau sampai semua kutu menempel pada kain tersebut.

8. Menggunakan Kotak Korek Api

Meskipun terdengar aneh, faktanya ini mampu mengusir kutu beras lho. Bukan tanpa alasan, melainkan pada kotak korek api biasanya akan ada belerang. Nah, aroma-nya lah yang tidak disukai oleh kutu beras, sehingga akan membuat kutu beras tidak nyaman dan meninggalkan beras tersebut.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat menghilangkan kutu beras. Tentunya cara-cara tersebut harus dilakukan, karena demi menjaga kualitas beras agar tetap baik. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru