Doa Agar Diberikan Panjang Umur Diri Sendiri dan Orang Tua

Resa Azzahra 0 Komentar

Doa agar diberikan panjang umur oleh Allah Swt dapat kita panjatkan dengan beberapa doa berikut ini. Serta doa meninggal husnul khotimah

INDIFFS.COM – Memiliki umur panjang untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia menjadi impian banyak orang. Umur panjang merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-Nya. Selain kita menjaga kesehatan tubuh, kita juga bisa berikhtiar kepada Allah dengan memanjatkan doa agar diberikan kesehatan serta panjang umur.

Anugrah umur yang panjang bisa di manfaatkan manusia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik lagi serta berguna untuk semua orang yang ada si sekitar kita. Umur panjang menjadikan seseorang memiliki kesempatan lebih banyak untuk beribadah kepada Allah SWT.

Doa Panjang Umur Diri Sendiri

Doa ini biasanya diucapkan ketika berulang tahun. Akan tetapi dalam Islam tidak mengajarkan seperti itu, doa ini dapat dibacakan setiap saat. Berikut ini doanya:

اَللّٰهُمَّ طَوِّلْ عُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil umuutona, wa shohhi ajsaadana, wa nawwr quluubana, wa  sabbit iimaananaa wa ahsin a’malanaa, wa wassi’ araqonaa, wa ilal khoiiri qorribna, wa ‘anisy-syarri ab’idna, waqdhikhawaa-ijana fiddini waddunya wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodir.

Artinya: “Ya Allah, penjangkanlah umut kami, sehatkanlah jasad kami, terangilah hati kami, tetapkanlah iman kamu, baikanlah amalan kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kamu pada kebaikan dan jauhkanlah kami dari kejahatan, kebulkanlah segala kebutuhan kamu dalam pada agama, dunia dan akhirat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Doa Memohon Keselamatan Untuk Diri Sendiri

Atau bisa juga membaca doa berikut untuk memohon keselamatan dan panjang umur:

اللَّهُمَّ أكْثِرْ مَالِي، وَوَلَدِي، وَبَارِكْ لِي فِيمَا أعْطَيْتَنِي وَأطِلْ حَيَاتِي عَلَى طَاعَتِكَ، وَأحْسِنْ عَمَلِي وَاغْفِرْ لِي

Allahumma aktsir mali wa waladi wa barik li fima a’thoitani wa athil hayati ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amali waghfirli

Artinya: “Ya Allah, perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau berikan padaku. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.

Doa Panjang Umur Untuk Orang Tua

Adapun bacaan doa agar orang tua diberi kesehatan dan umur panjang adalah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ، َاْلاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiron. Walijamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati al ahyaa’I minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur raahimiina, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil adhiimi.

Artinya: “Ya Allah Swt., berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah Swt., berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

Doa Meninggal Husnul Khotimah

Setalah membacakan doa agar diberikan umur yang panjang, kita juga dapat memanjatkan doa tersebut. Doa ini dipanjatkan agar kita meninggal dalam keadaan husnul khotimah.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allahumma inna nas aluka salamatan fiddiini wa ‘aafiyatan fil jasadi waziaadatan fil’ilmi wabarakatan firrizqi wataubatan qablal maut warahmatan ‘indal maut wamaghfiratan ba’dal maut allahumma hawwin’alainaa fii sakaraatil maut wa najjata minanaari wal’afwa indal hisaab

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab”

Itulah beberapa doa yang dapat kita panjatkan agar memiliki umur yang panjang yang dirodhoi serta diberkahi oleh Allah SWT. Semoga dapat membantu.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru