Doa Agar Dinaikan Derajat Oleh Allah, Lengkap Arab dan Latin

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Agar seimbang antara derajat dan ketakwaan kepada Allah Subhanhu Wata'ala, ada beberapa doa mohon agar dinaikan derajat oleh Allah-Nya.

INDIFFS.COM – Dengan memanjatkan beberapa doa ini, senantiasa agar dinaikan derajat oleh Allah Subhanahu Wata’ala. Karena pasalnya di mata Allah, derajat seseorang dipandang bukan karena kekayaan dunia maupun karena urusan-urusan lain yang bersifat duniawi.

Namun Allah akan memuliakan seseorang tergantung ketakwaannya, Allah juga akan mengangkat derajat seseorang jika ia memiliki ilmu dan ketakwaan yang tinggi. Karena memang, dengan ketakwaan yang sejati dapat dicapai dengan menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Tentu bagi seorang muslim, takwa menjadi sebuah keharusan pertama untuk memperoleh derajat terbaik di hadapan Allah Subhanahu Wata’ala. Karena dengan takwa, sesuatu yang diinginkan setiap hambanya niscaya Allah akan mengabulkan-Nya.

Doa Agar Dinaikan Derajat

Agar seimbang antara derajat dan takwa kepada Allah Subhanu Wata’ala, berikut beberapa doa memohon derajat agar dinaikkan oleh Allah.

Doa Pertama

Berikut doa pertama yang bisa dibacakan ialah sebagai berikut:

اَللهُمَّ اِنِّيْ ضَعِيْفٌ فَقَوِّنِيْ وَاِنِّيْ ذَلِيْلٌ فَأَعِزَّنِيْ وَاِنِّيْ فَقِيْرٌ فَأَغْنِنِيْ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma innii dho’iifun faqowwinii wa innii dzaliilllun fa a’izzanii wa innii faqirun fa aghninii ya arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku ini lemah maka kuatkanlah aku, dan aku ini hina maka muliakanlah aku, dan aku fakir maka kayakanlah aku, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

Tentu jika dilihat arti dari doa tersebut ialah sebagai wujud permintaan hamba kepada Allah Subhanahu Wata’ala supaya kelemahan, kehinaan, dan fakir dapat diubah menjadi derajat yang makmur.

Doa Kedua

Adapun Doa lainnya yang bisa dibacakan ialah terdapat pada Qur’an Surat Yusuf ayat 101,

رَبِّ قَدْ آتَيْتَنِي مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِي مِنْ تَأْوِيلِ الْأَحَادِيثِ ۚ فَاطِرَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ أَنْتَ وَلِيِّي فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ۖ تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

Rabbi qad aataitanii minal mulki wa allamtanii min ta’wilil ahaadiits, faathiras samaawaati wal ardhi anta waliyyii fiddunyaa wal aakhirah, tawaffani musliman wa alhiqnii bish shaalihin.

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebahagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebahagian ta’bir mimpi. (Ya Tuhan) Pencipta langit dan bumi. Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh.”

Amalan yang Dapat Meningkatkan Derajat

Selain memanjatkan doa-doa berikut, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan agar dinaikkan derajatnya oleh Allah Subhanahu Wata’ala, diantaranya:

  • Banyak bersedekah.
  • Banyak membaca Al-Qur’an.
  • Duduk bersama orang yang selalu mengingatkan akhirat dan zuhud terhadap dunia.
  • Bersilaturrahim.
  • Menjenguk orang sakit.
  • Sedikit bergaul dengan orang-orang kaya yang sangat sibuk dengan masalah dunia sehingga lupa kepada akhirat.
  • Banyak memikirkan apa yang akan terjadi pada dirinya kelak.
  • Membatasi angan-angan dan banyak mengingat mati.
  • Banyak diam dan sedikit bicara.
  • Tawadhu, rendah hati, memakai pakaian yang sederhana, mencintai orang-orang miskin dan bergaul dengan mereka, serta sering menemui anak-anak yatim dan mengusap-usap kepala mereka.

Demikian beberapa doa yang bisa dipanjatkan serta amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan derajat yang baik di hadapan-Nya. Semoga dengan membaca doa-doa tersebut kita dapat diberikan kemudahan untuk menjadi manusia terbaik di muka bumi serta selalu diberkahi dan dirahmati oleh Allah-Nya.

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru