Doa Berlindung dari Kesesatan Agar Terhindar Perbuatan Syirik

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Baca doa ini agar senantiasa berlindung dari perbuatan syirik, dan terhindar dari segala periaku buruk yang menjerumuskan pada kesesatan.

INDIFFS.COM – Setiap manusia tentunya akan mendapatkan balasan dari setiap perbuatan yang telah dilakukan semasa hidupnya di dunia. Agar terhindar dari perbuatan buruk, manusia harus memohon serta memanjatkan doa kepada-Nya dan berlindung dari perbuatan yang menjerumuskan pada kesesatan.

Karena pasalnya kesesatan merupakan jalan yang menyimpang dari ajaran-Nya, sehingga akan menjerumuskan seseorang pada api neraka, A’udzubillah. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim, wajib memohon kepada Allah agar hati kita tidak berbelok, ragu-ragu, atau cenderung pada kesesatan dan perbuatan syirik.

Doa Berlindung Dari Kesesatan

Adapun doa ini merupakan permohonan kepada Allah agar selama hidupnya senantiasa mendapat perlindungan dan selalu berada di jalan yang lurus.

Doa Menghindari Kesesatan

Dengan membaca doa berikut senantiasa selalu diberikan keimanan yang tetap dan terhindar dari perbuatan syirik yang akan menjerumuskan pada kesesatan. Adapun doa yang dibaca ini terdapat pada Qur’an Surat Ali Imran ayat 8:

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa, wa hab lanaa mil-ladunka rohmah, innaka antal wahhaab

Artinya: “Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau, karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

Doa Terhindar Dari Perbuatan Syirik

Adapun doa ini terdapat pada Hadist Riwayat Imam Ahmad:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوذُ بِكَ مِنْ أَنْ نُشْرِكَ بِكَ شَيْئًا نَعْلَمُهُ وَنَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لاَ نَعْلَمُهُ

Allahumma Innaa Nau’dzubika min An Nusyrika bika Syaian Na’lamuhu Wa Nastaghfiruka Limaa Laa Na’lamuhu

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu dengan sesuatu yang kami ketahui, dan kami memohon ampun kepada-Mu atas apa yang tidak kami ketahui.”

Doa Berlindung Dari Perbuatan yang Menyesatkan

Doa selanjutnya sebagaimana telah diriwayatkan dari HR Imam Bukhari, No. 7383 dan Imam Muslim, No. 2717, dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhu. Dimana Lafaz ini adalah riwayat Imam Muslim.

اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَنْ تُضِلَّنِي أَنْتَ الْحَيُّ الَّذِي لاَ يَمُوتُ وَالْجِنُّ وَاْلإِنْسُ يَمُوتُونَ

Allahumma Laka Aslamtu Wabika Aamantu Wa Alaika Tawakkaltu Wailaika Anabtu Wabika Khooshomtu Allahumma Innii A’udzubika Bii’zzatika Laa Ilaha Illa Anta An Tudhillanii Antal hayyul ladzii Laa Yamuutu Wal jinna Wal insu Yamuutuna

Artinya: “Ya Allah, hanya kepada-Mu aku berserah diri, hanya kepada-Mu aku beriman, hanya kepada-Mu aku bertawakkal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dan hanya dengan (nama)Mu aku membela. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keperkasaan-Mu, tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau, agar Engkau tidak menyesatkan ku. Engkaulah Yang Maha hidup yang tidak akan pernah mati, sedangkan jin dan manusia itu akan mati semuanya.”

Doa Berlindung Dari Perbuatan Buruk Agar Terhindar Dari Kesesatan

Ada beberapa doa yang bisa dibacakan agar terhindar dari perbuatan buruk dalam diri.

Doa yang Diriwayatkan dari Hadist Riwayat Abu Dawud Dan At Tirmidzi

Adapun bacaannya ialah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ سَمْعِىْ، وَمِنْ شَرِّ بَصَرِىْ، وَمِنْ شَرِّلِسَانِيْ، وَمِنْ شَرِّقَلْبِيْ، وَمِنْ شَرِّ قَلْبِيْ، وَمِنْ شَرِّمَنِيِّيْ

Allahumma innii a’uudzubika min syarri sam’ii, wa min syarri bashorii, wa min syarri lisaanii, wa min syarri qolbii, wa min syarri maniyyii

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari keburukan pendengaran ku, kejahatan penglihatanku, keburukan lidahku, keburukan hatiku dan keburukan air mani ku.”

Doa yang Diriwayatkan dari Hadist Riwayat Al Hakim

Adapun bacaannya ialah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ جَنِبْنِيْ مُنْكَرَاتِ اْلأَخْلاَقِ، وَاْلأَهْوَاءِ، وَاْلأَعْمَالِ، وَاْلأَدْوَاءِ

Allahumma janibnii munkarootil akhlaaqi, wal ahwaa i, wal a’maali, wal adwaa i

Artinya : “Ya Allah, jauhkanlah aku dari berbagai kemungkaran akhlak, hawa nafsu, amal perbuatan dan segala macam penyakit.”

Doa yang Diriwayatkan Dari Hadist Riwayat Muslim

Adapun bacaannya ialah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا عَمِلْتُ، وَمِنْ شَرِّمَالَـمْ أَعْمَلْ

Alloaahumma innii a’uudzubika min syarri maa ‘amiltu, wa min syarri maa lam a’mal

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang telah aku kerjakan dan dari keburukan apa yang belum aku kerjakan.”

Itulah beberapa doa yang harus dibaca agar terhindar dari segala perbuatan syirik yang menjerumuskan pada kesesatan.

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru