Doa dan Cara Terhindar dari Rasa Malas, Terutama dalam Beribadah!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Doa dan cara agar terhindar dari rasa malas ini bisa kamu baca serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari, semoga selalu dalam lindungan Allah.

Indiffs – Rasa malas ini kerap sekali dialami oleh sebagian orang. Tak jarang orang yang memiliki rasa malas menjadi penghambat untuk melakukan aktivitas pekerjaan yang harusnya dilakukan. Tentunya hal ini sangat merugikan dan membuat pekerjaan menjadi menumpuk. Tak hanya malas beraktivitas dan bekerja, malas dalam beribadah pun juga pasti pernah menghampiri seorang Muslim. Dan memang rasa malas ini merupakan kodrat yang dialami oleh setiap manusia, akan tetapi dalam islam rasa malas ini menjadi peringatan yang harus di hindari. Maka dari itu minta perlindungan kepada Allah SWT dengan membacakan doa sebagai ikhtiar agar terhindar dari rasa malas.

Doa Agar Terhindar dari Rasa Malas

Doa ini tertuang dalam Hadist Riwayat Bukhari, dari Anas bin Malik radliyallahu ‘anh menyebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah memohon perlindungan dengan berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبُخْل

Allahumma inni a’udzubika minal kasali wa a’udzubika minal jubni wa a’udzubika minal harami wa a’udzubika minal bukhli

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari rasa malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut, dan aku aku berlindung kepada-Mu dari pikun, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pelit.”

Cara Menghindari Rasa Malas

Tentunya ikhtiar yang dilakukan antara doa dan usaha, dan cara berikut menjadikan sebuah usaha agar tidak malas:

  • Berlindung kepada Allah SWT

Berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh kita sebagai umat muslim. Lain dari pada itu bahwasanya kita makhluk yang lemah rapuh dari segala marabahaya jadi hendaklah kita selalu berlindung pada Allah dengan memohon pertolongannya tiap saat.

  • Jangan Banyak Mengkhayal

Cara agar terhindar dari rasa malas selanjutnya jangan terlalu banyak mengkhayal., karena dengan mengkhayal justru akan menambahkan angan-angan di dalam hati dan pikiran tanpa action apapun.

  • Menikmati Anugerah dari Allah SWT

Coba renungkan nikmat sehat yang berada dalam diri kita, nikmat bisa melakukan aktivitas, nikmat bisa mendengar melihat dan berjalan. Dengan merenungi sebuah nikmat dan Anugerah dari Allah SWT, setidaknya ini dapat mengingatkan kepada kita bahwasanya rasa malas harus dihindari, karena masih banyak orang yang di luaran sana yang belum bisa mendapatkan nikmat yang kita punya seperti melihat, mendengar, bahkan berjalan yang tidak bisa mengerjakan aktivitasnya secara normal.

  • Menjauhi Hal-hal yang Tidak Bermanfaat

Gunakan waktu dengan sebaik mungkin lakukan pekerjaan yang harus kamu lakukan, karena sejatinya waktu tidak bisa di putar kembali. Cari kegiatan yang memberi dampak positif dan bermanfaat bagi kita agar tidak bermalas malasan.

  • Mengingat Kematian

Mengingat kematian ialah motivasi terbesar agar tidak bermalas malasan terutama dalam beribadah kepada Allah SWT, dengan mengingat kematian ini kita pasti akan membayangkan bagaimana apabila kita meninggal dalam kondisi sedang bermalas-malasan dan lalai akan perintah-Nya. Tentunya hal ini tidak diinginkan bagi setiap umat muslim, maka dari itu ingatlah kematian yang pasti akan datang menjemput kapan dan dimana saja.

Itulah doa dan cara agar terhindar dari rasa malas, semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Wallahu a’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru