Tata Cara Sholat Rebo Wekasan Beserta Doa, Wajib Dipahami!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Sholat rebo wekasan atau tolak bala ini dilaksanakan dengan tujuan meminta pertolongan Allah SWT agar diselamatkan dari bala' atau bencana.

INDIFFS.COM – Sholat rebo wekasan ini dilaksanakan pada hari rabu di terakhir bulan Safar tepatnya pada hari 21 september 2022 dengan membacakan doa setelah melaksanakan sholat. Rebo Wekasan ini diyakini sebagian orang sebagai hari turunnya bala. Karenanya, untuk mencegah agar tidak terkena bala itu, sebagian ulama menganjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah empat rakaat.

Para ulama berpandangan, umat Islam diperbolehkan melaksanakan sholat tolak bala Rebo Wekasan, dengan tujuan meminta pertolongan Allah SWT agar diselamatkan dari bala’ atau bencana. Adapun waktu pelaksanaan Shalat Hajat tolak bala atau rebo wekasan ini boleh dilakukan pada pagi hari (Waktu Shalat Dhuha) atau setelah Maghrib.

Melansir dari nu online, keputusan musyawarah NU Jawa Tengah tahun 1978 di Magelang menegaskan bahwa sholat khusus Rebo Wekasan hukumnya haram, kecuali jika diniati sholat sunnah muthlaqah atau niat sholat hajat. Jika kamu melakukan sholat tersebut dengan niat sholat sunah mutlak atau sholat hajat, maka hukumnya boleh dilakukan.

Sholat sunah mutlak adalah sholat yang tidak dibatasi waktu, sebab, dan bilangannya tidak terbatas. Sementara itu sholat hajat adalah salat yang dilaksanakan saat memiliki keinginan atau jahat tertentu, termasuk hajat li fa’il makhuf (menolak hal-hal yang dikhawatirkan).

Tata Cara Sholat

Tata cara pelaksanaan salat tolak bala ini sebenarnya sama seperti salat sunnah pada umumnya, hanya berbeda pada niat dan terdapat sejumlah surat yang dibaca.

  • Niat
اُصَلِّي سُنَّةً لِدَفْعِ الْبَلاَءِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatal lidaf’il balaa rokatainii lillaahi ta’ala

Artinya: “Aku berniat shalat sunat untuk menghilangkan balai dua raka’at karena Allah Swt.”

  • Pada rakaat pertama membaca Al Fatihah, kemudian membaca surat Al-Kautsar sebanyak 17x
  • Pada rakaat kedua, setelah Al Fatihah dilanjutkan surat Al-Ikhlas sebanyak 5x
  • Pada rakaat ketiga, setelah Al Fatihah kemudian surat Al-Falaq 1
  • Pada rakaat keempat membaca Al Fatihah yang dilanjutkan surat An-Nas 1
  • Salam

Doa Shalat Sunnah Rebo Wekasan

Adapun setelah melakukan salam dianjurkan untuk membaca doa berikut,

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ اِكْفِنِيْ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجَمِّلُ يَا مُتَفَضِّلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُكْرِمُ يَا مَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا أَنْتَ اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ اللهم بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِيْهِ وَأُمِّهِ وَبَنِيْهِ اِكْفِنِيْ شَرَّ هَذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ يَا كَافِيَ الْمُهِمَّاتِ يَا دَافِعَ الْبَلِيَّاتِ فَسَيَكْفِيْكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ وَصَلىَّ اللهُ تَعَالىَ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ الِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم 

Bismilahirrahmanirrahim wa shallallahu’ala sayidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam. Allahumma ya syadidal quwa wa ya syadidal mihal ya azizu zallat li ‘izzatika jami’u kholqika ikfini min jami-‘i kholqika ya muhsinu ya mujammilu ya mutafadhdhilu ya mun’imu ya mukrimu ya man la ilaha illa anta bi rahmatika ya arhamarrahimin. Allahumma bisirril hasani wa akhihi wa jaddihi wa abihi ikfini syarra hazal yauma wa ma yanzilu fihi ya kafiyal muhimmat ya dafi-‘al baliyyat fasayakfikahumullahu wa huwas sami’ul ‘alim. Wa hasbunallahu wa ni’mal wakilu wa la hawla wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azim. Wa shallallahu ta’ala ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi wasallam

Artinya: “Dengan Nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga shalawat dan salam Allah senantiasa tercurah pada junjungan kami, Nabi Muhammad Saw, keluarga dan para sahabatnya. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memiliki Kekuatan dan Keupayaan. Ya Tuhan Yang Maha Mulia dan karena kemuliaan-Mu itu, menjadi hinalah semua makhluk ciptaan-Mu, peliharalah aku dari kejahatan makhluk-Mu. Ya Tuhan Yang Maha Baik. Yang Memberi Keindahan, Keutamaan, Kenikmatan dan Kemuliaan. Ya Allah, Tiada Tuhan kecuali hanya Engkau. Kasihanilah aku dengan Rahmat-Mu, wahai Zat yang Maha Penyayang. Ya Allah, dengan rahasia kemuliaan Sayyidina Hasan dan saudaranya, serta kakek nya dan ayahnya, ibunya dan keturunannya, jauhkan aku dari kejahatan hari ini dan kejahatan yang akan turun padanya. Wahai Zat Yang Maha Mencukupi harapan dan Menolak bala’, cukuplah Allah Yang Maha Memelihara lagi Maha Mengetahui untuk memelihara segalanya. Cukuplah Allah tempat kami bersandar, tiada daya dan upaya kecuali atas izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. Dan semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarganya dan para sahabatnya.”

Itulah tatacara pelaksanaan sholat hajat tolak bala atau rebo wekasaan ini, dengan melaksanakan sholat ini sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah swt agar dijaga dari segala bahaya selama setahun. Demikian semoga kita semua terhindar dari balai atau musibah. Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru