Doa Dan Zikir Hari Selasa Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Wiwin Indriani 0 Komentar

Ada berbagai macam doa yang dapat diamalkan, salah satunya yaitu doa yang dibaca pada hari selasa, berikut ini doa dan zikir hari selasa

INDIFFS.COM – Berdoa merupakan salah satu kebiasaan yang selalu dilakukan. Ada berbagai macam doa yang dapat diamalkan, salah satunya yaitu doa yang dibaca pada hari Selasa. Hari Selasa dikatakan penuh dengan keberkahan dan kebahagiaan.

Doa Hari Selasa

Mulai dari doa diberikan keselamatan dari bencana dan kejahatan, doa zikir untuk kebaikan, hingga doa rezeki yang lancar dan berlimpah. Berikut ini ada beberapa doa hari selasa yang bisa diamalkan:

1. Doa Selamat dari Bencana

Berikut ini bacaan doanya:

اللهم يا كافي البلاء اكفنا البلاء قبل نزوله من السم ( يا الله) تكررها سبعا

Allahumma ya kafiyal bala’ ikfinal bala’ qobla nuzulihi minas sama’. Bacaan tersebut diulang-ulang tujuh kali.

Artinya: Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha Kuasa untuk menyelamatkan hamba-Nya dari segala bala’ bencana, selamatkanlah kami dari bala bencana yg akan menimpa kami sebelum bala’ bencana itu turun dari langit.” Doa tersebut diulang-ulang tujuh kali.

2. Doa agar Selamat dari Kejahatan

اللهم يا عالم بما ينزل اكفنا الشر ما ينزل قبل ان ينزل حتى لا ينزل. (ثلاث مرات

Allahumma ya aalima bima yanzil, ikfina syarra ma yanzil qobla an yanzil hatta laa yanzil.

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha mengetahui segala apa yg akan turun, selamatkanlah kami dari kejahatan yang akan turun, sehingga tidak turun. Doa tersebut diulang-ulang tiga kali.”

Selain doa diatas, terdapat doa lain yang bisa dibaca untuk meminta agar selamat dari kejahatan, berikut ini bacaannya:

اللهم يا عالم بما يكون اكفنا الشر ما يكون قبل ان يكون حتى لا يكون. . (ثلاث مرات).

Allahumma ya aalima bima yakun, ikfina syarra maa yakun qobla an yakun hatta laa yakun.

Artinya: “Ya Allah, wahai Dzat Yang Maha mengetahui segala apa yg akan terjadi, selamatkanlah kami dari kejahatan yang akan terjadi, sehingga tidak terjadi. Doa tersebut diulang-ulang tiga kali.”

3. Doa Hari Selasa Memohon Rezeki

Doa yang dipanjatkan ini untuk memohon rezeki yang lancar dan berlimpah dari Allah. Berikut ini bacaannya:

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi, la ilaha illa Anta khalaqtani, wa ana ‘abduka, wa ana ala ahdika wawa’dika mastatha’tu, audzubka min syarrima shana’tu, abu’u laka bini’matika alayya wa abu’u laka bi dzanbi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudzunuba illa Anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.”

Dzikir Hari Selasa

Dalam Shahifah al-Fathimiyyah terdapat kumpulan doa sehari-hari yang dipanjatkan oleh Sayidah Fatimah az-Zahra, putri bungsu Nabi Muhammad. Pada hari Selasa, disebutkan Fatimah memanjatkan doa. Berikut doanya:

اللَهُمَّ اجْعَلْ غَفْلَةَ النَّاسِ لَنَا ذِكْراً ، وَاجْعَلْ ذِكْرَهُمْ لَنَا شُكْراً ، وَاجْعَلْ صَالِحَ مَا نَقُولَ بِأَلْسِنَتِنَا نِيَّةً فِي قُلُوبِنَا ، اللَّهُمَّ إِنَّ مَغْفِرَتِكَ أَوْسَعَ مِنْ ذُنُوبِنَا ، وَرَحْمَتِكَ أَرْجَى عِنْدَنَا مِنْ أَعْمَالِنَا ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَوَفِّقْنَا لِصَالِحِ الأَعْمَالِ ، وَالصَّوَابِ مِنَ الْفِعَالِ 

Allahummaj-‘al ghaflatan naasi lanaa dzikra, waj’al dzikrahum lanaa syukra, waj’al shaaliha laa naquulu bialsinatinaa niyyatan fii quluubinaa, allahumma inna maghfirataka awsa’ min dzunuubinaa, warahmataka arjaa ‘indinaa min a’maalinaa, allahumma shali ‘alaa muhammadin wa aali muhammadin, wawaffiqnaa lishalihil a’maali wash-shawaabi minal fi’aal.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah lalainya manusia sebagai zikir bagi kami, dan jadikanlah zikir mereka sebagai syukur bagi kami dan jadikanlah kebaikan yang kami ucapkan melalui lisan kami sebagai niat dalam hati kami. Ya Allah, sesungguhnya ampunan-Mu lebih lebih luas daripada dosa kami dan rahmat-Mu lebih kamu harapkan dari amal kami. Ya Allah, sampaikan salat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya dan anugerahkanlah kami taufik supaya dapat mengerjakan amal dengan baik dan bertindak secara benar.”

Manfaat Membaca Doa Hari Selasa

Membaca doa hari Selasa tentunya memiliki manfaat dan keutamaan. Berikut ini manfaat doa hari selasa:

  • Mendapatkan rahmat Allah Ketika berada dimana pun dengan membaca doa tersebut mendapatkan perlindungan dari Allah.
  • Sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap penjagaan Allah.
  • Mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW.
  • Bentuk pengingat atas penciptaan bumi yang dimulai hanya dalam 4 hari dari hari Ahad.
  • Agar perilaku kita selama di dunia selalu dihitung kebaikan.

Nah, itulah beberapa doa dan zikir yang dapat diamalkan pada hari Selasa, agar dilancarkan rezeki dan terhindar dari kejahatan. Semoga Allah SWT senantiasa mengabulkan doa-doa kita.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru