Doa Kelancaran Berbicara Agar Tidak Gugup di Depan Umum

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Setiap doa yang di panjatkan pasti akan memberikan manfaat, termasuk doa meminta kelancaran berbicara di depan umum pada saat presentasi.

Indiffs – Kemampuan berbicara pada setiap orang tentunya berbeda-beda dan tidak sama. Ada orang yang ketika bicara di depan umum secara percaya diri serta kelancaran dan tidak berbelit, namun ada juga orang yang ketika di suruh berbicara di depan depan umum akan merasa tidak percaya diri dan sulit terhadap pembicaraan apa yang harus di sampaikan. Lantas, bagaimana doa kelancaran bicara agar tidak gugup di depan umum? Simak di bawah ini.

Meski demikian, kemampuan public speaking atau berbicara di depan umum, berpidato, presentasi di depan umum ini kadang bikin gerogi dan deg-degan bagi yang belum terbiasa. Perasaan tidak percaya diri akan dirasakan orang yang jarang berbicara di depan umum. Sehingga, terkadang orang tidak berani untuk berbicara dan tidak dapat mengungkapkan apa yang seharusnya diungkapkan.

Meskipun kita sudah menyediakan materi yang akan di sampaikan, tapi tetap rasa gerogi selalu ada, dengan itu sebaiknya kita selalu membaca doa agar di berikan kelancaran dalam segala aktivitas, termasuk kelancaran dalam berbicara.

Doa Kelancaran Berbicara

Doa kelancaran berbicara ini merupakan doa Nabi Musa as yang diabadikan dalam Al-Qur’an Surat Thā-hā: 25-28.

 رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِّن لِّسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrahlī shadrī wayassirlī amrī wahlul ‘uqdatan min lisānī yafqahū qaulī

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

Selain itu juga ada beberapa cara yang perlu di perhatikan pada saat menyampaikan pembicaraan kamu menurut Kiai Yusuf Yasin,

Sebagai tambahan, bahwa ceramah, orasi, presentasi, public speaking atau bicara di depan umum juga merupakan skill yang dapat dilatih.

  • Pertama, yang perlu dipersiapkan adalah menyusun materi. Misalnya mau berbicara soal sejarah Indonesia, tentu perlu riset dan membuat materi terlebih dahulu.
  • Kedua, menentukan poin-poin yang dianggap penting atau krusial. Hal ini untuk memudahkan dalam mengingat dan tidak terkesan text book, walaupun harus membawa catatan.
  • Ketiga, belajar untuk membawakan atau menyampaikan. Sebagai latihan, bisa dilakukan di depan cermin, di depan kelas kosong (dengan menganggap kursi adalah audiens), di depan teman atau rekan kerja. Yang terakhir ini lebih efektif karena langsung berhadapan dengan orang lain.

Kemudian perlu juga memintanya untuk memberi feedback atau masukan, kritik dan saran.

Itulah doa yang bisa kamu baca agar di beri kelancaran dalam berbicara, setiap doa yang di panjatkan pasti akan memberikan manfaat, termasuk doa tersebut. Selain itu, doa tersebut sering juga diucapkan langsung oleh seorang penceramah dalam mukadimah atau pembukaan pidato nya. Namun, pastikan pula adab ketika berbicara di depan umum ataupun berbicara dengan seseorang. Doa tersebut juga bisa kamu baca pada saat presentasi, ujian lisan dan lain sebagainya.

Wallahua’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru