Doa Ketika Bencana Alam Tsunami Lengkap Arab, Latin dan Arti

Resa Azzahra 0 Komentar

Ketika musibah bencana alam terjadi sebaiknya kita sebagai umat muslim memanjatkan doa ketika bencana alam seperti tsunami dll melanda.

INDIFFS.COM – Bencana alam tengah menimpa beberapa daerah di Tanah Air. Bagi umat muslim, bencana alam adalah peringatan dari Allah SWT agar umat manusia semakin mendekatkan diri kepada-Nya. Ada juga doa yang dapat kita panjatkan ketika bencana alam atau tsunami terjadi agar dihindarkan dari segala marabahaya.

Diketahui juga, letak geografis Indonesia yang rawan gempa bumi, mengakibatkan masyarakat harus siap menghadapi bencana. Sejatinya, tidak ada yang tau kapan bencana tersebut akan terjadi. Maka diharuskan bagi kita umat muslim untuk banyak berdoa agar dihindarkan dari bahayanya tsunami serta marabahaya.

Doa Ketika Tsunami

Umat Islam dianjurkan untuk senantiasa berdoa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Berdoa juga menjadi bentuk rasa peduli dan simpati kepada para korban agar segara dipulihkan dan membaik. Berikut ini adalah doa yang di panjatkan ketikan terjadi Tsunami:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allaahumma innii asaluka khairaha wa khaira maa fîihaa, wa khaira maa arsalta bihi, wa a’uudzubika min syarrihaa, wa syarri maa fiîhaa wa syarri maa arsalta bihi.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kehadiratMu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepadaMu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepadaMu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.” (HR An Nasa’i)

  • Doa Bagi Terkena Bencana Alam

Hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulukkah SAW memanjatkan doa tersebut bagi orang yang terkena musibah, berikut bacaan doanya,

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أَجْرُهُم فِي مُصِيبَتِهِمْ، وَأخْلِفْ لَهُمْ خَيْرًا مِنْهَا

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Allahumma ajirhum fii mushiibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha.

Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

  • Doa Mohon Perlindungan Dari Segala Bencana

Ketika musibah atau bencana alam seperti tsunami melanda, segera amalkan bacaan mohon perlindungan pada Allah SWT, agar tetap aman di tengah bencana. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفَجْأَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni a’uudzu bika min zawaali ni’matika, wa tahawwuli ‘aafiyatika, wa faj’ati niqmatika, wa jami’i sakhathika.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari lenyapnya nikmatmu, dari beralihnya keselamatan yang merupakan anugerahmu, dari datangnya siksamu (bencana) secara mendadak, dan dari semua kemurkaanmu.” (HR. Imam Muslim)

Dengan memanjatkan doa dan berlindung hanya pada-Nya, kita akan merasa lebih aman dan nyaman dalam mengarungi kehidupan. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru