Doa Ketika Overthinking Agar Diberi Ketenangan Hati dan Pikiran

Admin 0 Komentar

Seseorang yang overthinking biasanya akan sering cemas dan gelisah, dengan memanjatkan doa kepada Allah maka hati akan terasa lebih tenang.

INDIFFS.COM – Dalam menjalani kehidupan antara hati, pikiran, dan perbuatan harus senantiasa seimbang agar kita menjadi manusia yang bijaksana. Hanya saja, menyeimbangkan hati dan pikiran tidak semua orang mudah melakukannya. Sering muncul pikiran yang membuat kita jadi overthinking. Nah, jika sering overthinking, baiknya kita membaca doa agar hati dan jiwa lebih tenang.

Doa Ketika Overthinking

Seorang yang overthinking atau memikirkan hal-hal berlebihan biasanya akan sering cemas, gelisah dan takut pada sesuatu yang belum pasti. Dengan berdoa kepada Allah, dapat menjadi salah satu cara agar hati dan pikiran kita lebih tenang.

1. Doa Agar Dijauhkan dari Pikiran Buruk

Doa ini dapat kita panjatkan apabila mulai digerogoti oleh berbagai pikiran buruk. Berikut ini bacaan doanya:

سُبْحَانَ اْلمَلِكِ اْلخَلاَّقِ إِنْ يَشَأْ يُذْهِبْكُمْ وَيَأْتِ بِخَلْقٍ جَدِيْدٍ وَمَا ذَلِكَ عَلَى اللهِ بِعَزِيْز.

Subhaanal malikil khollaaq. Iyyasya’ yudzhibkum wa ya’ti bi kholqin jadiid, wa maa dzaailika ‘alallaahi bi ‘aziiz.

Artinya: “Maha Suci Dzat Yang Merajai dan Yang Menciptakan. Jika Dia berkehendak, niscaya Dia membinasakan kalian dan mendatangkan makhluk yang baru.Dan, yang demikian itu tidak sukar bagi Allah.”

2. Doa Terhindar dari Overthinking Sebelum Tidur

Doa ini adalah nasihat dari Rasulullah SAW kepada Zaid bin Tsabit untuk mengamalkan doa ketika mengalami masalah susah tidur.

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Allaahumma ghaaratin nujuum wa hada’atil ‘uyuun, wa anta hayyun qayyuumun, laa ta’khudzuhuu sinatun wa laa naum. Yaa hayyu, ya qayyuum, ahdi’ laylii wa anim ‘aynii.

Artinya: “Ya Allah, sunyilah semua bintang dan tenanglah semua mata, dan Tuhan yang hidup dan berdiri sendiri. Tuhan tidak mengantuk dan tidak tidur. Wahai Tuhan yang hidup dan berdiri sendiri. Tenangkanlah malamku ini dan tidurkanlah mataku.” (HR. Ibn Sunni dan Thabrani dari Zaid bin Tsabit).

3. Doa Ketenangan Hati dan Pikiran

Rasulullah telah mengajari kita doa agar hati dan pikiran selalu diberikan ketenangan. Berikut ini bacaannya:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ‘atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

4. Membaca Ayat Kursi

Ketika overthinking, bacalah ayat kursi agar mendapatkan perlindungan. Baca ayat kursi satu kali setiap pagi dan petang.

اَللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya segala yang ada di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa pun dari ilmu Allah melainkan sesuai kehendak-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dia Mahatinggi lagi Mahabesar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

Demikian doa ketika overthinking yang dapat kita amalkan supaya diberikan ketenangan dan terhindar dari pikiran-pikiran buruk.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru