Doa Masuk dan Keluar Rumah Beserta Artinya, Perlu Diingat!

Resa Azzahra 0 Komentar

Doa masuk dan keluar rumah adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan agar kita senantiasa terjaga oleh Allah SWT. Berikut doanya!

INDIFFS.COM – Dalam Agama Islam, sekecil apapun kegiatan, kita dianjurkan untuk memulai dan menyudahi nya dengan membacakan doa. Karena dalam Islam segala hal memiliki aturan dan doa tersendiri, termasuk doa masuk rumah dan keluar rumah. Walau dianggap sesuatu yang sepele, akan tetapi dalam Islam sangat memperhatikan segala aktivitas umatnya dan selalu meletakkannya dengan doa agar senantiasa dilindungi.

Hakikat doa bukanlah hanya sekedar ritual keagamaan saja. Melainkan doa adalah komunikasi antara manusia dengan Tuhannya yang justru sangat berperan penting pada penyampaiannya pesan serta terkabulnya sebuah doa.

Berdasarkan anjuran dari Rasulullah SAW, muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dalam setiap memulai aktivitas. Selain memohon perlindungan dan keselamatan, Rasulullah SAW menganjurkan seseorang untuk mengucapkan salam takala memasuki rumah, tujuannya agar keberkahan datang, baik kepada yang mengucapkan maupun keluarganya.

Sebelum melangkahkan kaki saat masuk rumah atau keluar hendaknya kita membacakan doa masuk serta keluar rumah. Berikut ini adalah doanya:

Doa Masuk Rumah

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Alloohumma Innii As-Aluka Khoirol Mauliji Wa Khoirol Makhroji Bismillaahi Wa Lajnaa Wa Bismillaahi Khorojnaa Wa ‘Alallohi Robbinaa Tawakkalnaa

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.”

Doa Masuk Rumah Kosong

Ketika kamu membacakan doa masuk rumah diatas. Kemudian bisa dilanjut dengan membacakan salam.

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalamualaikum alaina wa ala ibadillah hissalihin

Artinya: “Semoga Allah melimpahkan sejahtera-Nya atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang saleh.”

Adab Masuk Rumah

Terdapat beberapa adab yang baik untuk dilakukan hendak akan masuk kerumah, yakni:

  • Mengucapkan salam
  • Mengetuk pintu
  • Membacakan doa masuk rumah
  • Dan masuk dengan mendahulukan kaki kanan.

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dengan melafalkan doa malaikat akan menjaga kita yang sudah memohon perlindungan kepada Allah SWT, dan doa ini dibacakan agar seseorang dapat dijauhkan dari marabahaya dan godaan setan. Karena ketika kita keluar rumah, dapat dikatakan akan keluar dari daerah amannya, Sehingga, permohonan doa ini akan menjaga kita dari segala bahaya, bencana dan kejahatan.

Adab Keluar Rumah

  • Sholat dua rakaat sebelum keluar rumah
  • Membacakan doa keluar rumah
  • Mengangkat pandangan ke atas ketika sedang membacakan doa
  • Melangkah dengan kaki kanan terlebih dahulu.

Itulah doa masuk serta keluar rumah beserta artinya yang wajib kita ketahui agar Allah SWT senantiasa menjaga kita dari adanya bahaya atau bencana yang ada. Semoga bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru