Doa Melihat Langit Yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Yuk Amalkan!

Admin 0 Komentar

Terdapat doa melihat langit yang dianjurkan membacanya dalam Islam. Rasulullah menganjurkan doa berikut ini

INDIFFS.COM – Menikmati indahnya ciptaan Allah SWT senantiasa sepatutnya kita harus berdoa dengan baik untuk memuji-Nya. Sehingga, saat seseorang menyaksikan keindahan ciptaan Allah SWT semestinya juga membawa kepada pengalaman ruhaniyah (kelakuan yang berasal dari hati) akan kemahabesaran itu. Salah satunya ialah ketika kita melihat langit. Terdapat doa melihat langit yang dianjurkan membacanya dalam Islam.

Doa Melihat Langit

Segala ciptaan baik di alam raya maupun dalam diri manusia adalah tanda atau ayat (keagungan) Allah. Sehingga, saat seseorang menyaksikan ciptaan, apa saja, semestinya juga membawa seseorang kepada pengalaman rohaniyah akan kemahabesaran Allah SWT. Begitu pun juga ketika melihat langit.

Menatap langit bisa jadi sarana kita melepas lelah. Sekaligus mengagumi keindahannya. Tidak sedikit orang suka memandang langit untuk menikmati keindahannya. Selain itu, aktivitas memandang langit bisa mengantarkan kita pada pengalaman ruhiyah. Kita jadi bersyukur dengan keindahan yang tertangkap mata.

Ketika memandang langit, sebagai umat Islam kita dianjurkan membaca doa ini. Dalam hadits sahih, Rasulullah menganjurkan kita untuk membaca doa berikut ini yang merupakan kutipan dari Surat Ali Imran ayat 191:

رَبَّنا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلاً سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa maa khalaqta haadzaa baathilan subhaanaka faqinaa ‘adzaaban naar.

“Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa Neraka. (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkar, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir)

Dan berikut ini merupakan bacaan lengkap surat Ali Imran ayat 191,

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), ‘Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”

Adapun doa yang diambil dari hadist sahih yang diriwayatkan Ibnu Majah. Bacaan doa ini adalah doa ketika melihat keindahan ciptaan Allah SWT, termasuk saat melihat langit cerah. Berikut ini bacaannya,

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Alhamdulillahil ladzii bini’matihi tatimmush shoolihaatu.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya bisa sempurna segala kebajikan. (HR Ibnu Majah).

Selain itu, ada doa lainnya yang diriwayatkan Ibnu Sunni seperti dinarasikan Anas bin Malik. Selain saat melihat keindahan, doa ini juga bisa disebutkan saat melihat sesuatu yang menakjubkan hingga merasa kagum atas ciptaan Allah SWT.

مَا شَاءَ اللهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Masya Allah la quwwata illa billah.

Artinya: “Sesuatu dikehendaki Allah. Tiada kekuatan selain kekuatan Allah.” (HR Ibnu Sunni).

Nah, itulah bacaan doa melihat langit cerah yang dapat diamalkan. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru