Doa Memohon Untuk Dijauhkan Dari Orang Dan Sifat Munafik

Wiwin Indriani 0 Komentar

Munafik merupakan sifat yang sangat dibenci Allah. Terdapat doa yang dapat dipanjatkan agar terhindar dari orang dan sifat munafik

INDIFFS.COM – Munafik adalah perbuatan seseorang yang hanya menampakkan sisi baiknya saja dibanding sisi buruk. Memohon perlindungan kepada Allah dari kemunafikan merupakan bukti adanya perasaan takut terhadap penyebab hilangnya iman. Maka dari itu, penting bagi kita sebagai umat muslim untuk memanjatkan doa memohon untuk dijauhkan dari orang dan sifat munafik.

Doa Dijauhkan dari Orang dan Sifat Munafik

Nifaq atau munafik merupakan sifat yang sangat Allah benci. Hal ini sebagaimana tercantum dalam Al-Quran surat An-Nisa ayat 145, yaitu berikut ini:

اِنَّ الْمُنٰفِقِيْنَ فِى الدَّرْكِ الْاَسْفَلِ مِنَ النَّارِۚ وَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ نَصِيْرًاۙ

Artinya: “Sungguh, orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka.”

Berikut ini doa agar terhindar dari orang dan sifat munafik yang dapat kita panjatkan:

1. Doa Dijauhkan dari Orang Munafik

Orang munafik akan selalu ada disekitar kita. Mereka senang menebar perkataan buruk tentang orang lain yang tidak sejalan dengan fakta. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk menghindari orang-orang tersebut dengan cara berdoa kepada Allah. Berikut ini bacaan doanya:

اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ خَلِيلٍ ماكِرٍ عَيْناهُ تَرَيانِي وقَلْبُهُ يَرْعانِي إنْ رَأى حَسَنَةً دَفَنَها وإنْ رَأى سَيِّئَةً أذاعَها

Allahumma inni a’udzu bika min kholilin makir ‘ainahu taroyani, wa qolbuhu yar’ani. Ina ro’a hasanatan dafanaha, wa in ro’a sayyi’atan adza’aha.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari sahabat pengkhianat, kedua matanya selalu perhatian padaku, tapi hatinya selalu mencari kesalahanku. Saat melihat kebaikan (yang aku lakukan), dia menyembunyikannya. Tapi jika ia melihat keburukan (yang aku lakukan), ia bermulut ember.”

2. Doa Terhindar dari Sifat Munafik

Adapun doa agar terhindar dari sifat munafik sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ummi Ma’bad berkata, “Aku mendengar Nabi SAW berdoa dengan doa ini”:

اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِي مِنَ النِّفَاقِ ، وَعَمَلِي مِنَ الرِّيَاءِ ، وَلِسَانِي مِنَ الْكَذِبِ ، وَعَيْنِي مِنَ الْخِيَانَةِ ، فَإِنَّكَ تَعْلَمُ خَائِنَةَ الأَعْيُنِ وَمَا تُخْفِي الصُّدُورُ ”

Allahumma thohhir qolbii minn nafaa qi, wa ‘amalii minar riyaai, walisaanii minal kadzibi, wa ‘aynii minal khiyaanati, fainnaka ta’lamu khooinatal a’yuni wamaa tukhfiish shuduuru.

Artinya: “Wahai Allah bersihkanlah hatiku dari nifaq, (bersihkanlah) amalku dari riya, (bersihkanlah) lisanku dari dusta, (bersihkanlah) mataku dari pengkhianatan. Sesungguhnya Engkau mengetahui pandangan mata yang khianat dan apa yang disembunyikan didalam dada.” (HR. Hakim (2/227), al Khotib (5/267), ad Dailamiy (1/478 No. 1953).

Selain itu, terdapat juga doa yang diriwayatkan oleh al-hakim (19944) dan dishahihkan al-Albani. Berikut ini doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْفَقْرِ وَالْكُفْرِ ، وَالْفُسُوقِ ، وَالشِّقَاقِ ، وَالنِّفَاقِ ، وَالسُّمْعَةِ ، وَالرِّيَاءِ

Allahumma inni a’uudzubika minal faqri wal kufri, wal fusuuqi, wassyiqooqi, wannifaqi, wassum’ati, waarriyaai.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kefakiran, kekufuran, kefasikan, kedurhakaan, kemunafikan, sum’ah dan riya’.”

3. Doa Memohon Keselamatan dari Munafik

Doa ini dibacakan oleh Nabi Nuh AS saat memohon perlindungan dari Allah SWT atas kaum-kaum yang berdusta kepadanya. Berikut ini bacaannya:

قَالَ رَبِّ انْصُرْنِيْ بِمَا كَذَّبُوْنِ

Qoola Rabbin surnii bimaa kazzabuun

Artinya: “Dia (Nuh) berdoa, “Ya Tuhanku, tolonglah aku karena mereka telah mendustakanku.”(Q.S. Al-Mu’minun: 26)

Demikian doa agar kita terhindar dari orang dan sifat munafik. Semoga dengan membaca doa-doa tersebut kita dapat dijauhkan dari sifat dan orang-orang munafik oleh Allah SWT.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru