Doa Mendengar Kabar Buruk, Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Baca doa ini ketika mendengar kabar buruk yang menimpa orang lain dengan mengamalkannya, senantiasa tidak tertimpa cobaan sepertinya.

INDIFFS.COM – Setiap orang pasti tak terlepas dari cobaan-cobaan yang menimpa. Terlebih ketika musibah atau cobaan yang tengah menimpa kerabat atau teman dekat kita. Untuk itu, sebagai saudara umat muslim sangat dianjurkan memanjatkan doa ketika mendengar kabar buruk tersebut.

Pasalnya dalam hidup, musibah bisa datang dan menimpa manusia kapanpun dan dimana pun dengan atas kehendak-Nya dan tidak bisa ditolak. Namun, dengan berdoa artinya kita berserah diri hanya kepada-Nya untuk segala keputusan terakhir dalam kehidupan kita.

Terlebih, dengan berdoa ketika mendengar kabar buruk Allah yang akan mencukupi dan menjaganya dari apa yang akan menimpa. Karena menang hanya kepada-Nya lah sebaik-baik tempat bersandar.

Doa Mendengar Kabar Buruk

Ketika tengah mendengar seseorang tertimpa cobaan atau musibah, sebaiknya sebagai umat Islam memanjatkan doa supaya hatinya menjadi tabah dan bisa melewati semua cobaan dengan menambah rasa iman kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Doa yang Diriwayatkan Imam An Nawawi

Doa ini berasal dari Rasulullah Shalallahu A’laihi Wassalam yang diriwayatkan oleh Imam An-Nawawi dalam kitab Al Adzkar,

اَللَّهُمَّ لَا يَأْتِي بِالحَسَنَاتِ إِلَّا أَنْتَ، وَلَا يَذْهَبُ بِالسَّيِّئَاتِ إِلَّا أَنْتَ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Allahumma laa ya’tii bil hasanati illa anta, wa laa yadzhabu bis sayyi’ati illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: “Tuhanku, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Engkau. Tiada pula yang menghilangkan keburukan kecuali Engkau. Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah.”

Doa yang Terdapat Pada Riwayat Muslim

Doa ini diriwayatkan dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, yang terdapat pada hadist riwayat muslim no 1526,

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ اللَّهُمَّ أْجُرْنِي فِي مُصِيبَتِي وَأَخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا إِلَّا أَجَرَهُ اللَّهُ فِي مُصِيبَتِهِ وَأَخْلَفَ لَهُ خَيْرًا

Innaalillahi Wainnaa ilaihi Roji’un Allahumma ajurnii Fii Mushibatii Waakhlif lii Khairon Minhaa Illaa Ajrohullaha fii Mushiibatihi Waakhlafa Lahu Khoiron.

Artinya: “Segala sesuatu adalah milik Allah dan akan kembali pada-Nya. Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik”.

Doa yang Terdapat Pada Riwayat Tirmidzi

Doa ini diriwayatkan oleh Ibnu Umar dari bapaknya yaitu Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, yang terdapat pada hadist riwayat Tirmidzi, No. 3431,

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَافَانِى مِمَّا ابْتَلاَكَ بِهِ وَفَضَّلَنِى عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلاً

Alhamdulillahilladzi ‘aafaani mimmab talaaka bihi, wa faddhalanii ‘ala katsiirim mimman khalaqa tafdhilaa.

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan aku dari musibah yang menimpamu dan benar-benar memuliakanku dari makhluk lainnya”.

Doa Saat Khawatir Kabar Buruk Menimpa

Adapun doa selanjutnya ialah sebagai meminta pertongan dan petunjuk dari-Nya.

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الوَكِيلُ عَلَى اللَّهِ تَوَكَّلْنَا

Hasbunallah Wani’mal Wakiil A’laallaha Tawakkalnaa.

Artinya: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung. Hanya kepada Allah kami bertawakkal”.

Itulah beberapa doa yang bisa panjatkan ketika mendengar kabar buruk dari seseorang. Namun, untuk menjaga perasaan kepada orang yang terkena musibah, doa ini hendaknya dibaca dalam hati saja, tidak boleh membacanya di depan orang tersebut.

Dikhawatirkan jika dibaca keras-keras di depan orang bersangkutan bisa menimbulkan kesan negatif dan diskriminasi. Syariat Islam juga berupaya untuk mencegah umat muslim melakukan perbuatan maksiat seperti diskriminasi dan perbuatan merendahkan orang lain, terlebih dalam keadaan sadar.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru