Doa Menempati Rumah Baru Agar Senantiasa Dilindungi Oleh-Nya

Resa Azzahra 0 Komentar

Doa menempati rumah baru ini akan membawakan keberkahan kehunian yang akan dijaga oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

INDIFFS.COM – Pindah ke dalam rumah baru adalah hal yang mungkin sangat membahagiakan. Tapi, pastikan kamu tidak lupa untuk mengamalkan doa menempati rumah baru. Karena dalam aturan tertulis yang harus diucapkan pada saat akan menempati rumah baru, kita tidak boleh sembarangan dalam menepatinya. Ada aturan agar kita terhindar dari marabahaya dan agar keberuntungan selalu menyertai keluarga.

Banyak juga yang meyakini bahwa pindah rumah ada aturan tertentu, dan salah satunya adalah dengan menggelar syukuran pengajian seraya melakukan doa. Tujuannya tak lepas agar rumah atau tempat baru dapat dihuni dan mendapatkan keberkahan serta aman dari gangguan jin. Berikut Adab yang harus kamu ketahui:

  • Amalkan doa menempati runah baru agar berkah dan terlindungi, dengan membacakan surah Al-Baqarah, Surat Al-,u’min ayat 28-29 dan al Ikhlas.
  • Membacakan doa menempati rumah baru.
  • Doa masuk rumah baru pertama kali.
  • Perilaku saat memasuki rumah baru.

Doa Menepati Rumah Baru

Seperti yang sudah di jelaskan, doa ini salah satu adab atau amalan yang wajib kita bacakan. 

  • Dalam Hadis Muslim (Doa Rumah Baru)

Dalam hadist riwayat Imam Muslim tersebut dijelaskan bahwa saat memasuki rumah baru dan membaca doa tersebut, maka akan senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq.

Artinya : “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR. Imam Muslim).

  • Dalam Hadis Abu Daud (Doa Masuk Rumah Baru)

Mereka bertawakal dengan selalu menyebut nama Allah. Jadi saat hendak masuk ataupun keluar rumah, sebaiknya lantunkan doa minimal basmalah atau menyebut nama Allah.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud).

  • Dalam Hadits Anas BinMalik (Doa Rumah Baru)

Hadist dari riwayat Anas bin Malik tersebut memaparkan adanya doa rumah baru di mana di dalamnya terdapat keluarga, harta dan anak yang harus dijaga.

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Masya Allah Laa Quwwata Illa Billah

Artinya : “Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah.” (HR. Anas bin Malik).

Dengan membacakan doa tersebut, seseorang tidak akan melihat sesuatu yang buruk. Jadi keluarga akan selamat karena mendapatkan perlindungan-Nya. Doa-doa ini dimaksudkan agar senantiasa  bertaqwa dan mengharapkan perlindungan dari Allah semata. Semoga dapat bermanfaat.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru