Doa Menghilangkan Jerawat dalam Islam, Bismillah Glowing!

Hani Hnsa 0 Komentar

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang hampir dialami oleh setiap orang. Dalam Islam, ada doa menghilangkan jerawat yang bisa dibaca.

INDIFFS.COM – Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang hampir dialami oleh setiap orang, apalagi saat memasuki masa pubertas. Banyak remaja yang yang mengalami masalah ini dan sudah mencoba berbagai hal namun tetap belum teratasi dengan baik. Dalam Islam, ada doa menghilangkan jerawat yang bisa dibaca.

Dalam ajaran agama Islam, ketika sedang sakit atau ada penyakit yang tak kunjung sembuh, selain melakukan usaha penyembuhan melalui medis, juga dianjurkan untuk melakukan penyembuhan secara batin yaitu memohon kepada Allah SWT dengan cara berdoa.

Kekuatan doa tak boleh diremehkan. Sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran Surat Al-Mu’min ayat 60 bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan hamba nya yang berdoa.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Waqoo la robbukumud uwnii astajib lakum, innalladzii na yastakbiruuna an ibaadatii sayadkhuluu na jahannama daakhiriin

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-ku akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina.”

Doa Menghilangkan Jerawat

Berikut adalah bacaan doa yang dapat dibaca sebagai salah satu bentuk ikhtiar permohonan kepada Allah SWT agar diberikan kesembuhan dan dihilangkan jerawat dari wajah.

اَللّٰهُمَّ مُطْفِىءَالْكَبِيْرِ وَمُكَبِّرِالصَّغِيْرِ اَطْفِىَٔهَاعَنِّيْ

Allaahumma mutfi’al-kabiiri wa mukabbiris-saghiiri atfi’ahaa ‘annii

Artinya: “Ya Allah,Yang memadamkan yang besar dan Yang membesarkan yang kecil, padamkanlah penyakit ini dariku.”

Ada juga doa lain yang bisa dibaca untuk menghilangkan jerawat. Berikut bacaannya:

اللهم مصغر الكبير ومكبر الصغير صغر مابي

Allahumma mushogharal kabiiri wa mukabarash shaghiri soghor mabii.

Artinya: “Ya Allah, Yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini.”

Cara Amalkan Ayat Al-Qur’an Untuk Obati Jerawat

Alquran berisi ajaran-ajaran spiritual yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Tidak ada yang tidak agung dalam Alquran. Tidak hanya itu, ayat dalam Alquran juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit jika diamalkan dengan istiqomah, bahkan bisa mengobati jerawat di wajah.

Salah satunya surat Thaha. Keutamaan mengamalkan salah satu ayat dari surat Thaha adalah untuk mengobati jerawat. Cara pengamalan nya sendiri dikutip dari kitab Syamsul Ma’arif.

Pertama, menurut Zaairul Haq, orang yang ingin mengobati jerawat harus mengambil biji buah gandum. Kemudian, bacakan ayat-ayat di bawah ini sebanyak tujuh kali.

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ خَرَجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ وَهُمْ اُلُوْفٌ حَذَرَ الْمَوْتِۖ فَقَالَ لَهُمُ اللّٰهُ مُوْتُوْا ۗ ثُمَّ اَحْيَاهُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَذُوْ فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُوْنَ

Artinya: “Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang keluar dari kampung halamannya, sedang jumlahnya ribuan karena takut mati? Lalu Allah berfirman kepada mereka, ‘Matilah kamu!’ Kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah memberikan karunia kepada manusia, tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (QS al-Baqarah: 243).

وَيَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْجِبَالِ فَقُلْ يَنْسِفُهَا رَبِّيْ نَسْفًا

Artinya: “Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang gunung-gunung, maka katakanlah, ‘Tuhanku akan menghancurkan nya (pada hari Kiamat) sehancur-hancur nya’.” (QS Thaha: 105).

Dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa Maryam binti Iyas telah meriwayatkan dari sebagian istri Nabi bahwa Nabi pernah bertanya “Apakah engkau mempunyai bedak?” kemudian ia menjawab, “Ya.” Beliau lalu berdoa seraya meletakkan bedak tersebut di atas jerawat atau bisul kecil.

Itulah doa dan cara mengamalkan nya untuk menghilangkan jerawat yang bisa diamalkan setelah sholat wajib atau saat menggunakan produk kosmetik atau skincare. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru