Doa Menyambut Bulan Ramadhan, Baca Setelah Melihat Hilal!

Hani Hnsa 0 Komentar

Selagi menanti keputusan dari pemerintah, umat muslim dapat menyiapkan diri dengan mengamalkan doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah.

INDIFFS.COM – Awal puasa Ramadhan 2023 akan ditentukan melalui sidang isbat yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag). Selagi menanti keputusan dari pemerintah, umat muslim dapat menyiapkan diri dengan mengamalkan doa menyambut Ramadhan sesuai sunnah.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia, penuh berkah dan menjadi bulan yang mendidik untuk mencapai derajat yang paling mulia yakni ketakwaan.

Bulan Ramadhan memang harus disambut dengan suka cita. Betapa tidak, bulan yang suci in begitu penuh dengan keberkahan dan ampunan Allah SWT. Tak hanya itu, Rasulullah SAW juga kerap mengucapkan rasa syukur nya saat kembali bertemu dengan bulan Ramadhan.

Sebelum mendapatkan beragam pahala yang menanti, ada baiknya bagi umat Muslim membacakan doa memasuki bulan Ramadhan.

Doa Bulan Ramadhan 2023

Melansir dari berbagai sumber, berikut bacaan doa bulan Ramadhan 2023 yang bisa kamu amalkan:

  • Doa Melihat Hilal

Berdasarkan riwayat hadits dari Thalhah bin Ubaidillah, doa ini dilafalkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau melihat bulan sabit atau hilal sebagai tanda masuknya bulan Ramadan. Berikut bacaannya:

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ، وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلَامِ، رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ هِلَالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni, wal imani, was salamati, wal islami. Rabbi wa rabbukallahu. Hilalu rusydin wa khairin.

Artinya: “Ya Allah, pertemukan bulan Ramadhan yang telah mendatangi kamu dalam keadaan aman dan beriman, dalam keadaan selamat dan Islam. Wahai bulan sabit! Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Dan sungguh engkau adalah bulan yang baik dan telah memberi petunjuk kepada kami,”

  • Doa Menyambut Bulan Ramadhan

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالْعَافِيَةِ الْمُجَلَلَةِ وَدِفَاعِ الْأَسْقَامِ وَالْعَوْنِ عَلَى الصَّلَاةِ وَالصَّيَامِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ اللهم سلمْنَا لِرَمَضَانَ وَسَلَّمَه لنا وَسَلَّمَهُ مِنَا حَتَّى يَخْرُجُ رَمَضَانَ وَقَدْ غَفَرْتَ لَنَا وَرَحْمَتُنَا وَعَفَوْتَ عَنَّا

Allahumma ahillahu ‘alaina bil amni wal imani was salamati wal islami wal ‘afiyatil mujallalati wa difa’il asqomi wal ‘aini ‘alash sholati wash shiyami wa tilawatil qur’ani. Allahumma sallimnaa liromadhona, wasallamahu lanaa, wa sallamahu minna hatta yakhruju romadhona wa qad ghofarta lanaa warahmatunaa wa ‘afawta ‘annaa.

Artinya: “Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca Al Quran. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadhan ini. Serahkan Ramadhan pada kami. Selamatkan Ramadhan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadhan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami.”

Demikian beberapa doa menyambut bulan Ramadhan yang dibacakan Rasulullah SAW saat melihat hilal, semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru