Doa Minta Jodoh dan Amalan Untuk Mempercepat Doi Datang

Hani Hnsa 0 Komentar

Jangan khawatir jika jodoh tak kunjung datang kepadamu. Baca saja doa minta jodoh yang ada di sini agar jodohmu cepat didekatkan!

Indiffs – Jodoh, rezeki dan maut, semua ini semata-mata hanya Allah SWT yang tahu. Sebagai hamba-Nya yang bertakwa, dianjurkan untuk senantiasa berusaha dan berupaya mendapat jodoh yang terbaik. Tidak hanya usaha saja yang dilakukan, harus disertai pula dengan doa minta jodoh terbaik kepada Allah SWT.

Doa memang menjadi salah satu kunci utama bagi umat Islam yang menginginkan sesuatu. Tak terkecuali perihal jodoh yang terbaik. Hal ini karena, Allah SWT menyukai umat-Nya yang berdoa dengan sungguh-sungguh. Sebagaimana yang tertuang dalam hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa tidak meminta kepada Allah, Allah murka kepadanya.”

Allah menciptakan Adam dan Hawa sebagai sepasang jodoh, artinya Allah sudah menyiapkan manusia berpasang-pasangan. Kita hanya bisa memanjatkan doa meminta jodoh agar Allah segera mempertemukan kita dengan belahan jiwa kita.

Pada kesempatan ini Indiffs akan mengulas tentang doa meminta jodoh lengkap dengan amalan-amalannya, yuk, simak!

Doa Minta Jodoh

Sebenarnya, tidak ada doa khusus untuk meminta jodoh. Meski begitu, Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang berdoa, termasuk jika seseorang berdoa untuk dipilihkan yang terbaik dalam urusan pasangan hidupnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa doa minta jodoh yang bisa dipanjatkan:

1. Surah Al-Furqan

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallazina yaquluna rabbana hab lana min azawajina wa zurriyyatina qurrata a’yuniw waj’alna lil-muttaqina imama

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS Al-Furqan: 74).

Doa ini dapat dilantunkan setelah salat wirid setiap selesai shalat agar Allah SWT dapat mengabulkan keinginan untuk mendapatkan pasangan ideal, sehidup se-surga.

2. Surah Al-Qasas

فَسَقٰى لَهُمَا ثُمَّ تَوَلّٰىٓ اِلَى الظِّلِّ فَقَالَ رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Fa saqa lahuma summa tawalla ilaz-zilli qala rabbi ini lima anzalna ilayya min khairin faqir

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (QS Al-Qashash: 24).

Selain untuk mendapatkan kebaikan, ayat ini juga dapat dibacakan sebagai doa minta jodoh. Sebab, kebaikan yang dimaksud dalam ayat tersebut bersifat universal. Sehingga, bisa saja diartikan bahwa kebaikan tersebut berbentuk pasangan yang shalih/shalihah.

3. Surah Al-Anbiya

وَزَكَرِيَّآ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥ رَبِّ لَا تَذَرْنِى فَرْدًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْوَٰرِثِينَ

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta Khairul waaritsiin.Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta Khairul waaritsiin

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang terbaik.” (QS Al-Anbiya: 89).

Doa ini diangkat dari kisah Nabi Zakaria yang mengalami cobaan karena belum memiliki keturunan setelah puluhan tahun. Meski begitu, ini juga bisa digunakan sebagai doa minta jodoh bagi orang yang belum diberikan pasangan hidup.

Amalan Untuk Mempercepat Datangnya Jodoh

Selain dengan memanjatkan doa meminta jodoh, beberapa amalan berikut ini bisa dilakukan agar pasangan segera datang dengan izin Allah SWT. Sebab, doa tanpa usaha akan sia-sia, dan usaha tanpa doa akan menjadi hal yang mustahil.

Saat memanjatkan doa minta jodoh yang baik, seseorang memohon kepada Allah SWT agar dipermudah dalam menemukan pasangan. Selain itu, ikhtiar tetap dilakukan sebagai wujud berserah diri kepada Allah SWT, bahwa jodoh yang diberikan-Nya adalah yang terbaik. Amalan-amalan tersebut yakni:

  • Memelihara shalat wajib. Karena merupakan ibadah yang paling utama, apalagi jika selalu dilakukan secara berjamaah, maka akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan begitu, aka nada kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT pada makhluk yang sering beribadah pada-Nya.
  • Mengerjakan shalat tahajud. Ini adalah salah satu shalat sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Selain mendapatkan pahala yang luar biasa, dapat melanjutkan dengan membaca doa minta jodoh karena termasuk dalam salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.
  • Mengerjakan shalat hajat. Shalat ini merupakan shalat sunnah yang dilakukan saat memiliki keinginan yang ingin segera tercapai. Ini adalah salah satu cara untuk mempermudah doa agar diijabah oleh Allah SWT.
  • Menjaga wudhu. Selain dapat terbebas dari hadas kecil, hal ini juga dapat seseorang menjaga diri dari melakukan hal-hal yang berpotensi negatif dan menjurus kepada dosa. Selain itu, sering berwudhu akan membuat wajah terlihat selalu segar, berseri dan tidak kusam.
  • Menjaga silaturahmi. Dengan sering bersilaturahmi, karena selain akan memanjangkan kasih sayang kepada sesama, bisa saja jodoh yang baik akan dipertemukan melalui sillaturahmi tersebut.
  • Berserah diri dan tawakal. Setelah mengerjakan amalan-amalan tersebut, serahkan kembali semua keputusan kepada Allah SWT. Karena semua yang terbaik menurut seseorang belum tentu baik menurut Allah SWT.

Itulah ulasan tentang doa meminta jodoh lengkap dengan amalan-amalannya, semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan baru untuk kamu sekalian. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru