Doa Nabi Ayub AS, Panjatkan Agar Mendapatkan Kesembuhan!

Resa Azzahra 0 Komentar

Nabi ayub AS adalah nabi yang terkenal akan kesabaran dan ketabahan nya. Berikut doa nabi Ayub AS yang bisa kamu amalkan ketika sedang sakit.

Indiffs – Nabi Ayub merupakan salah satu utusan Allah SWT yang mempunyai ketabahan luar biasa ketika di uji dengan penyakit yang sangat berat. Dan beliau selalu memanjatkan doa untuk kesembuhan nya. Doa Nabi Ayub ini bisa menyembuhkan penyakit dengan izin Allah.

Nabi ayub AS adalah nabi yang terkenal akan kesabaran dan ketabahan nya. Beliau merupakan keturunan Nabi Ibrahim AS, yang sudah di jelaskan dalam surat Al – An’am ayat 84.

Bunyi surat Al – An’am ayat 84:

وَوَهَبْنَا لَهُۥٓ إِسْحَٰقَ وَيَعْقُوبَ ۚ كُلًّا هَدَيْنَا ۚ وَنُوحًا هَدَيْنَا مِن قَبْلُ ۖ وَمِن ذُرِّيَّتِهِۦ دَاوُۥدَ وَسُلَيْمَٰنَ وَأَيُّوبَ وَيُوسُفَ وَمُوسَىٰ وَهَٰرُونَ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلْمُحْسِنِينَ

Wawahabna lahuۥ ‘iishaq wayaequb ۚ kullan hadayna ۚ wanuhan hadayna min qabl ۖ wamin dhurriatihiۦ dawuۥd wasulayman wa’ayuwb wayusuf wamusaa waharun ۚ wakadhalik najzia ٱlmuhsinin

Artinya: “Dan kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya’qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing  telah kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah kamu beri petunjuk, dan kepada sebagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. demikianlah kami memberi balasan kepada orang orang yang berbuat baik.”

Nabi Ayub merupakan salah satu utusan Allah SWT yang mempunyai ketabahan luar biasa ketika di uji dengan penyakit yang sangat berat. Dikisahkan bahwa Nabi Ayub adalah seseorang yang diberikan nikmat oleh Allah SWT. Yang diceritakan bahwa anak Nabi Ayub berjumlah 12 orang dan semuanya adalah laki-laki.

Nabi Ayub merupakan salah seorang nabi dan rasul yang memiliki cobaan amat besar. Beliau yang diberikan harta berlimpah menjadi jatuh miskin dan anak-anak yang asalnya sehat menjadi jatuh sakit dan meninggal dunia. Tak hanya itu, perawakannya yang kuat dan tampan kemudian digerogoti penyakit selama 18 tahun.

Pada saat beliau memasuki usia 51 tahun, beliau diberikan cobaan oleh Allah SWT dengan memiliki penyakit kulit yang amat mengerikan. Kulit beliau mengeluarkan nanah serta rambutnya yang rontok. Hal ini membuat banyak orang menjauhinya.

Setelah berita kondisi Nabi Ayub AS tersebar ke seluruh negeri. Beliau takut bahwa penyakit yang di deritanya akan menular, beliau pun mengasingkan diri ke pinggir kota. Walau begitu, beliau tetap sabar dan tak pernah menyerah untuk memohon kesembuhan kepada sang pencipta atas penyakit nya.

Sang istri Nabi Ayub (Siti Rahma) pun pergi menggantikan dirinya untuk mencari nafkah ketika tak ada lagi uang untuk membeli makanan. Siti Rahma yang merupakan istri Nabi Ayub terpaksa menjual rambutnya sendiri dan berbohong kepada Nabi Ayub AS tentang dari mana makanan yang istri beliau dapatkan.

Beliau yang mengetahui tentang kebohongan nya, Nabi Ayub pun bersumpah akan menghukum istrinya dengan 100x cambukan ketika sudah sembuh.

Doa Nabi Ayub Ketika Sakit

Walaupun penyakit nya yang membuat beliau dijauhi banyak orang. Beliau tak pernah menyerah dan berkucil hati dengan terus berdoa akan kesembuhan kepada Allah SWT. Beliau selalu memanjatkan bacaan doa supaya diberikan kesembuhan. Doa tersebut ada dalam surat Al-Anbiya ayat 83, yang berbunyi:

  • Surat Al-Anbiya ayat 83
وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Wa’ayuwb ‘iidh nadaa rabbahu anni massaniayad-durru wa’ant ‘arham ٱlrrahimin

Artinya: ” Dan (ingatlah kisah)Ayub, ketika menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku). Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

  • Doa Agar Diberi Kesembuhan

أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Anni massaniyad-durru wa anta ar-hamur-rahimin

Artinya “(Ya Tuhanku). Sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang.”

Itulah doa Nabi Ayub AS ketika diberi cobaan atas penyakitnya itu. Kamu bisa memanjatkan doa tersebut ketika sedang sakit. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru