Doa Nabi Yunus Saat Ditelan Ikan Raksasa, Bisa Kabulkan Hajat

Admin 0 Komentar

Doa Nabi Yunus adalah doa yang paling mustajab, doa ini bisa digunakan untuk memohon taubat dan meminta kesembuhan. Simak disini!

INDIFFS.COM – Doa Nabi Yunus Alaihi Salam, sangat penting untuk dibaca agar dapat keluar dari segala masalah yang dihadapi, termasuk masalah berat sekalipun.  Doa Nabi Yunus sendiri diutarakan pada saat beliau berada dalam perut ikan paus, ikan yang kita kenal sangat besar. 

Disamping berusaha, berdoa menjadi bentuk ikhtiar manusia untuk memohon sesuatu kepada Allah SWT. Melalui doa, diharapkan hajat yang diinginkan manusia dapat terkabul. Salah satunya dengan doa yang tak boleh dianggap sebelah mata, yakni Doa dari Nabi Yunus.

Penting nya doa sebagai usaha terkabulnya hajat, tercantum dalam Al-Quran Surat Al-Mu’min ayat 60 yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Wa qaala rabbukumud’unii astajib lakum, innallazina yastakbiruna ‘an ‘ibaadatii sayadkhuluna jahannama daakhirin

Artinya: Dan Tuhan-Mu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina”. (QS. Al-Mu’min : 60).

Doa Nabi Yunus

Salah satu doa yang mustajab yang juga tertera dalam kitab suci Al-Qur’an. Saking mustajabnya, doa ini masih diamalkan oleh umat muslim hingga sekarang. Seperti yang sudah di jelaskan bahwa Nabi Yunus pernah diberikan cobaan oleh Allah SWT, yang dimana beliau di telan ikan paus dan terkurung dalam perut ikan yang berukuran besar atau raksasa.

Dalam situasi ini, ia pun pantang menyerah dan optimis serta yakin bahwa Allah adalah penyelamat terbesar, ia kemudian memanjatkan doa yang berbunyi:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

La ilaaha illaa anta, subhaanaka, inni kuntu minadz dzalimiin

Artinya: “Ya Allah, Tiada Tuhan selain Engkau. Maha Suci Allah. Sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri dan aku termasuk golongan orang yang zalim.”

Nabi Yunus yang tanpa henti meminta pengampunan kepada Allah selama 40 hari berturut-turut dengan menggerakkan kaki dan bersujud. Tak lama kemudian beliau mendengar suara tasbih dari para penghuni lautan. Hal ini sehingga dapat mengilhamkan kepada beliau untuk menyadari kesalahannya. Nabi yunus pun sadar bahwa keputusannya meninggalkan kaum Ninawa dalam keadaan marah adalah hal yang tidak benar. Oleh karena itu Allah menghukumnya dengan memenjarakannya di dalam perut paus.

Karena nabi Yunus optimis dan bersujud kepada Allah untuk meminta ampunannya. Karena keyakinannya, Allah mengabulkan doa Nabi Yunus dan mengeluarkannya dari perut ikan besar raksasa.

Doa ini dilakukan sebagai bentuk Taubat, atau Doa Taubat serta bisa menjadi permohonan agar meninggal dalam keadaan Syahid untuk meminta kesembuhan dari suatu penyakit.

Dengan demikian, keutamaan atau keistimewaan tersebut di antaranya yaitu:

  1. Pengakuan tauhid bahwa Allah SWT adalah tuhan yang agung dan esa.
  2. Pengakuan dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.
  3. Permohonan ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.

Pelajaran Dari Kisah Nabi Yunus:

  1. Sabar dalam menyeru Kepada Kebaikan.
  2. Memperbanyak dzikir kepada Allah.
  3. Berserah diri serta mohon ampunan kepada Allah.
  4. Tidak mengambil keputusan pada saat emosi.

Dan itulah doa nabi Yunus serta yang bisa kita amalkan, berikut dengan keutamaan serta pelajaran dari kisah beliau. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru