Doa Sebelum Adzan Yang Dapat Di Panjatkan Seorang Muadzin

Wiwin Indriani 0 Komentar

Dengan membaca doa sebelum adzan, sebagai umat Islam memohon pertolongan Allah SWT dan juga memanjatkan pujian untuk Rasulullah SAW.

INDIFFS.COM – Doa sebelum adzan dianjurkan para ulama supaya mendapat syafaat dari Allah SWT. Bacaan sebelum adzan yang perlu dipanjatkan oleh seorang muadzin adalah kalimat basmallah atau “Bismillahirrahmanirahim”.

Hal ini sendiri didasarkan kepada pernyataan bahwasan nya segala hal haruslah didahului dengan menyebut nama Allah SWT agar apa yang seseorang lakukan memiliki amalan pahala dan keberkahan di dalamnya.

Namun, pada dasarnya bacaan sebelum adzan tidaklah dijelaskan secara syariat kecuali diperkenankan untuk membaca basmallah. Meski begitu, terdapat sumber lain yang menyebutkan bahwa seorang muadzin perlu memanjatkan doa untuk memuji Allah SWT sebelum mengumandangkan adzan.

Berikut dalil doa sebelum adzan yang diriwayatkan oleh Imam Thabarani dalam Mujam al-Ausath-nya sebagai berikut,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : كَانَ بِلَالٌ إِذَا أَرَادَ أَنْ يُقِيمَ الصَّلَاةَ قَالَ : السَّلَامُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ، الصَّلَاةَ رَحِمَكَ اللَّ

Dari Abi Hurairah, ia berkata : Sahabat Bilal biasanya ketika akan mengumandangkan iqamah salat (ada juga yang memahaminya sebagai azan) membaca shalawat berupa, “Keselamatan untukmu wahai Nabi Muhammad Saw dan rahmat serta kasih sayang Allah. Kita akan salat, semoga Allah merahmatimu”.

Doa Sebelum Adzan

Menurut para ulama, berdasarkan hadits Sunan Abu Dawud, membaca doa ini bagi muadzin itu diperbolehkan karena bukan sesuatu yang menyalahi sunnah Rasulullah SAW.

Berikut ini doa yang perlu dipanjatkan seorang muadzin sebelum adzan:

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ.

Subhanallahi wal hamdulillahi wa lailaa ha illallahu wallahu akbar, walaa haula walaa quwwata illa billahi ‘aliyul ‘adhim, allahummasholli wa salim ‘ala sayidinaa muhammadillahu ya kariim.

Artinya: “Maha suci Allah, Segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah Yang Maha besar, dan tidak ada daya serta upaya kecuali pertolongan dari Allah. Ya Allah, limpahkan kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad yang pemurah.”

Adapun doa sebelum adzan lainnya yang dapat dipanjatkan muadzin yakni dengan membaca surat al-Ahzab ayat 56 berikut ini,

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Innallaaha wa malaa ikatahu yushalluuna ‘alan-nabiyy, yaa ayyuhalladziina aamanuu shalluu ‘alaihi wasallimuu tasliimaan

Artinya: Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Nah, itulah bacaan doa sebelum adzan yang dapat dipanjatkan dan di amalkan. Dengan membaca doa ini, kita sebagai umat Islam memohon pertolongan Allah SWT dan juga memanjatkan pujian untuk Rasulullah SAW. Sehingga, umat musim akan senantiasa mengingat Allah SWT dan menjalankan segala perintah-Nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru