Doa Sebelum dan Setelah Membaca Al Quran, Wajib Tau!

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dengan membaca doa sebelum dan setelah membaca Al Quran semoga senantiasa mendapatkan keberkahan serta Ridho-Nya.

INDIFFS.COM – Al Quran adalah kitab suci dan bagian penting dalam hidup umat Muslim. Bagi kaum muslimin Al Quran ialah hukum, perintah, pedoman untuk berperilaku serta menjadi filosofi agama. Dan bagi umat islam membaca Al Quran ialah menjadi salah satu kewajiban yang harus di lakukan. Membaca Al-Qur’an juga termasuk ibadah paling utama yang memiliki berbagai keutamaan. Agar mendapatkan berkah dari Allah Swt, di sunnah kan untuk melafalkan doa sebelum dan setelah membaca Al Quran.

Bagi umat Muslim, perlu mengetahui bacaan doa sebelum dan sesudah membaca Al-Qur’an.

Doa Sebelum Membaca Al Quran

Salah satu adab saat membaca Al Quran yakni dengan membaca doa terlebih dulu. Berikut beberapa doa yang dibaca sebelum membaca Al Quran:

Doa Pertama

Berikut bacaan doa sebelum membaca Al-Quran yang pertama:

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ عَلَىَّ حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَىَّ رَحْمَتَكَ وَذَكِّرْنِىْ مَانَسِيْتُ يَاذَاالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allohummaftah ‘alayya hikmataka wansyur ‘alayya rohmataka wa dzakkirnii maanasiitu yaa dzal jalaali wal ikhroomi

Artinya: “Ya Allah bukakanlah hikmah-Mu padaku, bentangkanlah Rahmat-Mu padaku dan ingatkanlah aku terhadap apa yang aku lupa, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Doa Kedua

Doa ini terdapat pada Quran Surat Thaha ayat 25-28.

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahli shadri wayassyirli amrI wahlul uqdatam mil lisani yafqahu qauli

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

Doa Ketiga

Selain membaca doa diatas, kita juga sangat di anjurkan untuk membaca Ta’awudz. Dengan Ta’awudz secara langsung kita sedang memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah SWT.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

A’uudzu billaahi Minasy syaithoonir Rojiim

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Ta’ala dari godaan setan yang terkutuk.”

Doa Keempat

Setelah mengucapkan Ta’awudz, kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk membacakan Basmallah di setiap awal surah, terkecuali surah At Taubah, karena Basmallah adalah lafadz penuh Rahmat Allah serta penuh kedamaian.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

Bismillahir Rahmaanir Raahiim

Artinya: “Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”

Doa Setelah Membaca Alquran

Adapun bagi umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika selesai membaca Al Quran, 

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِيإِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin

Artinya: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al Qur’an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

Selain itu, kamu bisa membaca doa berikut:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ 

Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alla Ilaha Illa Anta Astaghfiruka Wa Atubu Ilaik

Artinya: “Maha suci Engkau, ya Allah sambil memuji-Mu. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada diri-Mu.”

Itulah doa yang dianjurkan untuk dibaca bagi umat Muslim, pada saat akan membaca Al Quran baik sesudah membaca nya. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dalam membaca ayat ayat-Nya. Wallahua’alam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru