Doa Sebelum Ulangan Sekolah, Jadi Andalan Agar Lulus Ujian

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Membaca doa sebelum ulangan sekolah adalah salah satu upaya untuk memohon kepada Allah agar diberi kelancaran dalam mengerjakan setiap soal.

INDIFFS.COM – Dalam setiap aktivitas yang akan dilakukan, umat Islam dianjurkan untuk selalu membaca doa terlebih dahulu, terutama sebelum menghadapi ujian atau ulangan di Sekolah.

Pasalnya, ujian sekolah menjadi momen yang cukup mendebarkan bagi para siswa. Pada momen tersebutlah sangat dibutuhkan ketenangan hati dan pikiran untuk bisa mengerjakan soal.

Nah, agar hati tetap tenang dan dimudahkan dalam mengerjakan ujian, umat muslim dianjurkan untuk berdoa dan memohon bantuan Allah.

Meski begitu, tetap diperlukan untuk menguasai materi pelajaran dan belajar mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan hasil yang baik.

Doa Sebelum Ulangan

Dalam Islam sendiri, Allah menyukai hamba-Nya yang berikhtiar dan berdoa. Adapun berikut doa-doa yang bisa diamalkan sebelum memulai ujian atau ulangan.

1. Doa Agar Dilancarkan Ujian

Berikut merupakan doa yang terdapat pada QS. Thaha ayat 25-28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyrah lii Shadrii wa yassir li amrii wahlul ‘uqdatam mil lisaanii yafqahu qaulii.

Artinya: “Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.”

2. Doa Agar Tak Deg-Degan

Berikut bacaan yang bisa kamu amalkan:

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a’in wa laa tu’assir.

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah (aku). Jangan Kau persulit.”

3. Doa Agar Dipermudah Ketika Mengerjakan Soal

Adapun berikut bacaan doanya yang bisa kamu amalkan:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.”

4. Doa Agar Diberikan Petunjuk

Berikut merupakan bacaan doa agar senantiasa diberikan petunjuk dan kemudahan:

اللهم إني أسألك رحمة من عندك تهدي بها قلبي، وتجمع بها شملي، وترد بها الفتن عني، وتصلح بها ديني، وتحفظ بها غائبي و عملي، وتبيض بها وجهي، وتلهم بها رشدي، وتعصمني بها من كل سوء

Allahumma inii as’aluka rahmatan min ‘indika tuhdii bihaa qalbii, wa tajma’u bihaa syamlii wa turaddu bihal fitana ‘anni watushlihu bihaa diini wa tahfadzu bihaa ghaa’ibii wa ‘amalii, watubayyidhu bihaa wajhii watulhimuni bihaa rusydii, wata’shimunii bihaa min kulli suu’in.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu curahan rahmat dari sisi-Mu, yang dengannya hatiku mendapat petunjuk, terkumpul segala yang bercerai-berai dan terhimpun segala yang terpisah-pisah, tertolak segala fitnah atas diriku dan bertambah baik urusan agamaku, terpelihara segala sesuatu yang jauh dariku dan terangkat apa yang dekat denganku, disucikan segala perbuatanku dan dicerahkan wajahku, diberi ilham menuju petunjuk dan terpelihara diriku dari segala sesuatu yang jelek.”

5. Doa Agar Diberikan Kelancaran Ketika Hendak Mengerjakan Soal

Adapun doa berikut terdapat pada QS. Al-Kahfi ayat 10.

 رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

Robbanaa aatinaa mil ladunka rohmatan wa hayyi lanaa min amrinaa rosyadaa

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini.”

Nah, itulah sejumlah doa yang bisa dibacakan sebelum mengerjakan ulangan atau ujian Sekolah. Semoga setelah membaca doa tersebut senantiasa mendapatkan kelancaran dan kemudahan, Aamiin.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru