Doa Semangat Kerja dan Dimudahkan dalam Menjemput Rezeki

Admin 0 Komentar

Sebelum bekerja, sebaiknya kita berdoa agar dimudahkan dan mendapatkan keberkahan rezeki. Amalkan bacaan doa sebelum kerja ini!

INDIFFS.COM – Membacakan doa agar semangat kerja bisa kita amalkan untuk mempermudah perjalanan pekerjaan. Membaca dan mengamalkan doa ini bisa menjadi semangat sebelum kita memulai pekerjaan. Dalam Islam sendiri kita patut berdoa sebelum melakukan apapun, agar rezeki dan yang kita lakukan mendapatkan keberkahan serta kelancaran atas izin Allah SWT. 

Bekerja adalah bentuk ikhtiar kita untuk menjemput rezeki yang telah ia janjikan. Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha diiringi dengan doa serta niat karena Allah SWT. Manfaat dari membacakan doa ialah agar kita mendapatkan pahala, keberkahan serta kelancaran maupun perlindungan darinya dalam menjemput rezeki. 

Kumpulan Doa Agar Semangat Bekerja

Islam sendiri mengharuskan umatnya untuk bekerja keras demi menghidupi keluarga. Bahkan, bekerja dapat tergolong sebagai jihad. Dengan bekerja keras, maka kebutuhan keluarga akan terpenuhi dengan baik. Bila kita masih malas dalam menjemput rezeki, itu akan membuat kita dan keluarga menderita karena terlilit hutang maupun menahan lapar.

  • Doa Sebelum Bekerja Agar Dimudahkan Menjemput Rezeki
اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a rizqika’alayya’inda kibari sinnii wanqithoo’i’umrii. Alloohummakfinii bihalaalika’an haraamika. wa aghninii bifadhlika’amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an. Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

“Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.”

  • Doa Bekerja Untuk Rezeki Halal dan Banyak
اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ أَنْ تَرْزُقَنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَ مَشَقَّةٍ وَلاَ ضَيْرٍ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesunggunya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

  • Doa Mulai Bekerja
اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik),” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305).

  • Doa Semangat Bekerja
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

Allaahumma innii a’Uudzu bika Minal ‘ajzi wal kasali wal jubni wal haromi wa a’uudzu bika min fitnatil mahyaa wal mamaat wa w’uudzu bika min ‘adzaabil qobri.

“Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari sikap lemah, malas, pengecut dan kepikunan dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur,” (HR. Bukhari).

  • Doa Ketika Selesai Bekerja atau Melakukan Sesuatu
اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُ بِكَ اَنْ اَضِلّ اَوْ أُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ أَظْلَمَ اَوْ أَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ.

Allahuma innii a’uudzubika an adhilla, au udhalla, au azilla, au adzlama, au ajhala, au yujhala ‘alayya. (dibaca 3x)

“Ya Allah, sungguh aku berlindung kepadaMu agar tidak tersesat atau disesatkan atau aku tergelincir atau digelincirkan atau aku berbuat dzalim atau didzalimi atau aku berbuat bodoh atau dibodohi” (HR. Nasa’i, Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah).

Itulah beberapa bacaan doa semangat kerja yang bisa kita baca dan amalkan sebelum bekerja. Semoga bermanfaat!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

[quads id=1]

Konten Terbaru