Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk Lengkap Arab, Latin dan Arti

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Agar lebih afdhol dalam mendapatkan keutamaannya, umat muslim juga dianjurkan untuk membaca doa setelah selesai membaca surat Al-Mulk.

INDIFFS.COMSurat Al-Mulk termasuk golongan surat Makiyyah dan surat ini juga merupakan surat ke-67 dalam Al-Quran. Tentunya dengan rutin membaca surat ini, diyakini seorang muslim akan terbebas dari siksa kubur. Terlebih agar lebih sempurna, umat muslim dianjurkan untuk memanjatkan doa setelah selesai membaca Surat Al-Mulk.

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk

Surat A-Mulk memiliki banyak keutamaan tersendiri, namun keutamaan surat Al-Mulk tentu akan lebih maksimal jika diiringi dengan doa untuk memohon dalam keteguhan iman agar tak tergoyahkan.

Berikut doanya terdapat pada kitab Al Minahus saniyah:

اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قَاعِدًا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللَّهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ

Allahumma’shimnaa bil Islaami Qoo ‘idan wa Rooqidan walaa Tusymit Fiinaa ‘Aduwwan walaa Haasidan, Allahumma Innaa Na’uudzu bika Min Syarri Kulli Daabbatin Anta Aakhidzun Binaashiyatihaa wa Nas Alukal Khoirol Ladzi Biyadika.

Artinya: “Ya Allah, jagalah diriku dengan tetap memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Janganlah Engkau bahagiakan hati musuh dan orang yang hasud kepada kami. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan setiap makhluk. Engkau adalah Dzat yang mengendalikan mereka. Dan aku memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan yang ada pada-Mu.”

Adapun memanjatkan doa tersebut sebagai mana berdasarkan keterangan yang ditulis dalam kitab Al Minahus Saniyah, karya Syekh Abdul Wahab Sya’rani:

يا علي من قرا سورة الملك وتلا بعد قرائتها اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ كفاه الله ما اهمه من الجن والانس والدواب

“Wahai Ali, barangsiapa membaca Surah Al-Mulk dan setelah itu membaca; Allohumma’shimnaa bil islaami qoo ‘idan wa rooqidan walaa tusymit fiinaa ‘aduwwan walaa haasidan. Allohumma innaa na’uudzu bika min syarri kulli daabbatin anta aakhidzun binaashiyatihaa wa nas alukal khoirol ladzi biyadika, maka Allah hindarkan darinya sesuatu yang menyusahkannya, baik dari jin, manusian dan hewan buas.”

Waktu yang Tepat Untuk Membaca Qur’an Surat Al Mulk

Membaca Al-Quran memang bisa dilakukan tiap waktu, begitu pun dengan Surat Al Mulk. Namun, ada beberapa waktu yang dianjurkan untuk membaca Surat Al-Mulk.

Dimana, waktu yang tepat membaca Surat Al-Mulk yakni pada malam hari setelah shalat Isya sebelum tidur.

Adapun hal tersebut sebagai mana tertuang dalam Hadist Riwayat An Nasa’i yang diceritakan dari sahabat Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu A’nhu:

من قَرَأَ ( تبَارك الَّذِي بِيَدِهِ الْملك ) كل لَيْلَة مَنعه الله بهَا من عَذَاب الْقَبْر

Man Qoro’a (Tabaarakalladzii Biyadihil Mulk) Kulla Lailatin Mana’ahullahu biha min adzabil qobri.

Artinya: “Siapa yang membaca surat Al Mulk setiap malam, Allah SWT akan menghindarkannya dari siksa kubur dengan surat tersebut.”

Itulah doa setelah membaca surah Al-Mulk serta waktu yang paling utama dalam membacanya, semoga bermanfaat!

Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru