Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah Lengkap Arab dan Latin

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Dianjurkan bagi seorang muslim untuk memanjatkan Doa setelah selesai membaca Surat Al-Waqiah, Simak doanya dalam ulasan berikut ini!

INDIFFS.COM – Surat Al-Waqiah merupakan surat ke-56 dalam Al-Qur’an dan memiliki 96 ayat di dalamnya. Surat yang termasuk ke dalam golongan Makiyyah ini memiliki keutamaan, salah satunya dapat menjadi syafaat di hari akhir kelak. Selain itu, dianjurkan juga untuk memanjatkan doa setelah selesai membaca Surat Al-Waqiah.

Terlebih surat Al-Waqiah juga menjadi pengingat kita akan datangnya hari kiamat dan hari pembalasan atas apa yang pernah kita lakukan di Dunia. Mengutip dari Galamedia pikiran rakyat, bahwasan nya Ibnu Mardawaih daripada Anas: Kasyf al-Khafa, bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Surah Al-Waqiah adalah surah kekayaan. Hendaklah kamu membacanya dan ajarkanlah ia kepada anak-anak kamu.” Ajarkanlah surah Al-Waqiah kepada isteri-isterimu, karena sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.

Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah

Jika kamu telah membaca surat Al Waqiah, dianjurkan untuk menutupnya dengan doa. Adapun beberapa versi doa yang bisa dipanjatkan diantaranya sebagai berikut:

Versi Pertama

Adapun doa pertama ini dinukil dari kitab Khalashah Nabawiy dari al-Habib Umar bin Muhammad bin Hafidz. Berikut bacaan lengkapnya:

اَللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِاْليَسَارِ ,وَلاَتُوهِنَّابِاْلاِقْتَارِ , فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِيْ رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَخَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ اَعْطَانَاوَنُبْتَلَى بِذَمِّ مَنْ مَنَعَنَاوَاَنْتَ مِنْ وَرَاءِذَلِكَ كُلِّهِ اَهْلُ اْلعَطَاءِ وَاْلمَنْعِ . اَللَّهُمَّ كَمَاصُنْتَ وُجْوُ هَنَاعَنِ السُّجُوْدِاِلاَّلَكَ فَصُنَّاعَنِ اْلحاَجَةِاِلاَّاِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ , يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ (ثلاثا) اَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ . وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allahumma shun wujuhana bil yasar wala tuhinna bil iqtar fanastarziqa tholibi rizqika wa nasta’thifa syiroro kholqika wa nasytaghila bihamdi man a’thona wa nubtala bi zammi man mana’ana wa anta min wara-i zalika ahlul ‘atho i wal man i. Allahumma kama shunta wujuhana ‘anis sujudi illa laka fa shunna ‘anil hajati illa ilaika bijudika wa karomika wa fadhlika ya arhamar rohimin (3x) Aghninaa Bifadlika A’mman Siwaak wa shollallohu ‘ala sayyidina muhammadin wa’ala alihi wa shohbihi wa sallam

Artinya: “Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan hinakan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rizki dari para pencari rizki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berbudi buruk dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi. Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kecuali kepada-Mu, maka jagalah kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang. Cukupkanlah kami dengan karunia-Mu dari siapa pun selain Engkau. Semoga Allah merahmati junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya, juga semoga Allah memberi keselamatan.”

Versi Kedua

Selain doa di atas, ada pula doa setelah membaca surat Al-Waqiah yang di ijazah-kan KH Ali Maksum Krapyak, yakni sebagai berikut:

الّلهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِحَقِّ سُوْرَةِ الْوَاقِعَةِ وَأَسْرَارِهَا أنْ تُيَسِّرَلِيْ رِزْقِي كَمَا يَسَّرْتَهُ لِكَثِيْرٍ مِن خَلْقِكَ يَا ألله يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allahumma inni as aluka bihaqqi suuratil waaqi’ah wa asroorihaa antu yassiroli rizki kamaa yassartahu li katsiirin min kholqika yaa Alloh yaa robbal ‘aalamiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan kebenaran surat Waqiah dan rahasia-rahasianya, agar Engkau berkenan memudahkan rezekiku sebagaimana Engkau memudahkan nya untuk kebanyakan makhluk-Mu, ya Allah, ya robbal ‘alamin.”

Waktu yang Tepat Membaca Qur’an Surat Al-Waqiah

Adapun waktu yang tepat membaca Surat Al-Waqiah disebutkan dalam sejumlah hadits Nabi ialah pada malam hari dan saat shalat subuh. Hal ini juga sebagai mana tertuang dalam hadist riwayat berikut:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا

Artinya: “Dari Abdullah Ibnu Mas’ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.” (Hadist Riwayat Ibnu Mas’ud)

Adapun hadist lain yang menganjurkan membaca Surat Al-Waqiah saat shalat subuh. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang meriwayatkan dari Jabir ibnu Samurah,

“Mengatakan bahwa dahulu Rasulullah Shalallahu A’laihi Wassalam dalam shalat subuh nya membaca surat Al-Waqiah dan surat-surat lainnya yang semisal.”

Demikianlah doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan setelah membaca Qur’an surat Al-waqiah disertai dengan waktu yang lebih tepat untuk membaca Surat Al Waqiah. Wallahua’lam

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru