Doa Walimatul Ursy Setelah Akad Nikah: Arab, Latin dan Artinya

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Doa Walimatul Ursy menjadi salah satu doa yang kerap dibacakan ketika resepsi pernikahan sebagai bentuk rasa syukur atas terlaksananya akad.

INDIFFS.COM – Dalam agama Islam, ketika melakukan pernikahan biasanya akan diberikan doa-doa yang baik agar pernikahan berjalan lancar. Adapun Doa yang sering dibaca dalam resepsi pernikahan ialah doa Walimatul Ursy.

Di masyarakat Walimatul Ursy ini kerap disebut dengan resepsi pernikahan. Yang mana ini sering dimaknai sebagai acara tasyakuran kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas keberlangsungan terlaksananya akad pernikahan.

Doa Walimatul Ursy

Perlu diketahui jika Walimatul Ursy ini memiliki arti Walimah yang berarti berkumpul. Sementara maknanya, yaitu jamuan khusus untuk pernikahan. Lazimnya, doa ini dibaca setelah akad nikah sebagai ungkapan rasa syukur atas terlaksananya pernikahan.

Nah, agar resepsi pernikahan penuh berkah, kamu disunnahkan untuk membaca doa berikut untuk kedua pengantin setelah akad nikah:

1. Doa Agar Diberi Keberkahan dan Kebaikan Suami Istri

Doa berikut menjadi salah satu doa yang lazim diamalkan, dengan harapan mendapatkan keberkahan hidup dan kebaikan sebagai suami istri.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Baarakallahu laka wabarakoa ‘alaika wajma’a bainakumaa fii khoir.

Artinya: “Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah padamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan”.

2. Doa Keberkahan Hidup

Adapun doa berikut dapat diamalkan dan dibacakan oleh pengantin laki-laki agar senantiasa memohon keluasan rezeki untuk keluarga barunya.

اللهم بارِكْ لي في أهلي، وبارِكْ لأهلي فِيَّ،

Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya.

Artinya: “Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku.”

3. Doa Dijauhkan dari Perpisahan

Kemudian, doa berikut berisi harapan agar dijauhkan dari perpisahan atau perceraian yang tidak diinginkan.

اللهم اجمع بينَنا ما جمعتَ في خيرٍ، وفرِّق بيننا إذا فرقتَ في خيرٍ

Allahummajma’ bainana ma jama’ta fi khair. wa farriq bainana idza faraqta fi khair.

Artinya: “Ya Allah kumpulkanlah kami sebagaimana Engkau kumpulkan dalam kebaikan, juga jangan pisahkan kami kecuali dalam perpisahan yang baik.”

4. Doa Diberi Kerukunan Seperti Keluarga Nabi

Selanjutnya, ialah doa yang berisi permohonan agar diberi kerukunan dalam rumah tangga seperti keluarga Nabi.

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ أَبِيْنَا آدَمَ وَأُمِّنَا حَوَّاءَ، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ اْلكُبْرَى، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِىٍّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءِ، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ الْمَاءِ وَالثَّلْجِ.

Allahumma Allif bainahuma kamaa allafta baina aadama wa ammanaa hawwaa a wa allaf bainahumaa kamaa allafta baina sayyidina muhammadin shollallahu ‘alaihi wasallama wasayyidatina khodijatal kubraa, wa allif bainamuha kamaa allafta baina sayyidina ‘aliyii wasayyidatina fathimatazzahraa wa allif bainahuma kamaa allafta bainalmaai watstalji.

Artinya: “Ya Allah, Ya Karim Ya Waduud, untuk putra-putri kami yang telah bersanding di atas pelaminan nan indah dekornya, rukunkanlah dua mempelai ini sebagaimana Engkau telah merukunkan Bapak kami Adam dan Ibu kami Hawaa. Rukunkanlah keduanya sebagaimana Engkau telah merukunkan junjungan kami Nai Muhammad SAW dan Khadijah Al Qubro. Dan rukunkanlah keduanya sebagaimana Engkau merukunkan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra dan cinta yang Engkau jadikan penghias keluarga Nabi-Mu yang suci.”

5. Doa Keluasan Rezeki

Tentu setiap muslim yang menikah pasti menginginkan diberikan keluasan rezeki untuk kehidupan keluarga barunya. Untuk itu doa berikut bisa kamu bacakan dan amalkan.

اللهم ارزقْهم مِنِّي، وارزقْني منهم

Allahumarzuqhum minni, warzuqni minhum.

Artinya: “Ya Allah berikanlah rezeki untuk keluargaku dari ku dan berikanlah rezeki untukku dari keluargaku.”

6. Doa Kelanggengan Keluarga

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا العَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا عَقْدًا لَيْسَتْ عَاقِبَتُهُ فِرَاقًا وَلَا خُصُوْمًا عَقْدًا مُبَارَكًا لَهُمَا وَعَلَيْهِمَا فِى أُوْلَاهُمَا وَأُخْرَاهُمَا حَتَّى يَلْقَاكَ وَأَنْتَ رَاضٍ عَنْهُمَا يَارَبَّ العَالَمِيْنَ

Allahummaj’Alhadzaal ‘Aqda ‘Aqdan Mubaarokan ‘Aqdan Laisats A’aqibatuhu Firooqon Wa Laa Khushuuman ‘Aqdan Mubaarokan Lahumaa Qa’Alaihimaa Fii Ulaahumaa Waukhroohumaa Hatta Yalqooka wa Anta Roodhi ‘Anhumaa YaaRabbal’Alamiin.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah akad ini, akad yang penuh berkah, akad yang tidak ada setelahnya perpisahan (perceraian) maupun permusuhan, akad yang diberkahi bagi keduanya dan kepada keduanya dari awal sampai akhirnya hingga keduanya bertemu Engkau dan Engkau ridha kepada keduanya Wahai Tuhan Semesta Alam.”

Demikianlah doa Walimatul Ursy uang bisa kamu amalkan. Semoga Allah selalu melimpahkan keberkahan dan kebahagiaan untuk kedua mempelai.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru