Efek Tidur Siang Terlalu Lama Bagi Kesehatan Tubuh, Berbahaya!

Wiwin Indriani 0 Komentar

Apabila tidur siang dalam jangka waktu yang terlalu lama, maka dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh.

INDIFFS.COM – Tidur memang salah satu komponen penting dalam gaya hidup sehat. Tidur siang dalam jangka waktu sebentar memang memberikan efek yang baik untuk kesehatan. Sebaliknya, jika tidur siang dalam jangka waktu yang terlalu lama dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh. Penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja efek tidur siang terlalu lama.

Efek Tidur Siang Terlalu Lama

Penelitian menunjukkan bahwa terlalu lama tidur siang atau merasa sangat mengantuk di siang hari bisa jadi berhubungan dengan meningkatnya risiko dari berbagai macam kesehatan. Melansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah efek yang terjadi di antaranya:

1. Inersia Tidur

Inersia tidur adalah rasa lelah, kebingungan, dan ketidaksiapan yang di alami setelah bangun dari tidur siang. Efek tidur siang terlalu lama ini biasanya juga akan muncul ketika seseorang terbangun karena ada tempat yang akan dituju atau pekerjaan yang perlu di selesaikan setelah tidur.

Otak belum bekerja sepenuhnya sehingga tubuh mengalami transisi lambat yang menyebabkan kebingungan dan rasa pening. Kondisi ini biasanya bisa hilang dengan sendirinya, namun juga bisa sangat parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Sindrom Metabolik

Hasil dari penelitian yang di presentasikan di American College of Cardiology’s 65th Annual Scientific Session ini menunjukkan bahwa tidur siang dalam jangka waktu yang panjang berhubungan dengan meningkatnya risiko sindrom metabolik. Tidur siang kurang dari 40 menit tidak menyebabkan meningkatnya risiko terkena sindrom metabolik.

Akan tetapi, risiko mulai meningkat bila orang tersebut tidur siang lebih dari 40 menit. Faktanya, orang yang tidur siang selama 1,5-3 jam memiliki kenaikan risiko terkena sindrom metabolik hingga 50%. Peneliti melihat bahwa risiko dari sindrom metabolik ini menurun jika waktu tidur siang orang tersebut kurang dari 30 menit.

3. Diabetes Tipe 2

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tidur siang yang lama berhubungan dengan diabetes tipe 2. Tidur siang lebih dari 1 jam akan meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 46%, sedangkan bila kamu selalu merasa sangat lelah di siang hari, risiko terkena diabetes tipe 2 meningkat hingga 56%. Hasil penelitian ini sudah di presentasikan di Annual Meeting of the European Association for the Study of Diabetes pada 2015 lalu.

4. Sakit Kepala

Jika sedang mengalami sakit kepala, biasanya seseorang hanya ingin tidur untuk meredakan sakit kepala. Namun, jika terlalu banyak tidur siang justru bisa menimbulkan sakit kepala. Hal ini di sebabkan oleh efek oversleeping pada neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin.

Bagi kamu yang banyak tidur di siang hari bisa mengakibatkan terganggu nya jadwal tidur saat malam. Ini bisa membuat kamu sakit kepala esok harinya.

5. Stroke

Tidur siang terlalu lama juga menjadi salah satu penyebab stroke. Efek ini sudah di buktikan melalui penelitian yang di kutip dan melibatkan 31.750 orang. Hasilnya menunjukkan bahwa tidur siang lebih dari 90 menit bisa meningkatkan risiko stroke. Namun, jumlah penelitian mengenai efek ini perlu diperbanyak untuk mengetahui kaitan pasti.

The National Sleep Foundation merekomendasikan jangka waktu tidur siang terbaik yang dapat meningkatkan ketajaman performa yaitu 20-30 menit.

Nah, itu dia efek yang terjadi pada tubuh apabila seseorang tidur siang terlalu lama. Semoga membantu!

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Konten Terkait

Konten Terbaru