Menyeramkan! Fakta Hiu Megalodon Punah 2,5 Juta Tahun Lalu

Siti Nurul Azizah 0 Komentar

Fakta Hiu Megalodon ini yang merupakan ikan terbesar sepanjang sejarah di berbagai belahan dunia, yang mampu dan suka memangsa paus lainnya.

Indiffs – Siapa nih yang pernah nonton film The Mag? Dalam film tersebut juga menceritakan hiu terbesar yakni hiu megalodon. Megalodon bukan hanya hiu terbesar di dunia, tetapi juga salah satu ikan terbesar yang pernah ada. Perkiraan panjangnya menunjukan antara 15 dan 18 meter, tiga kali lebih panjang dari hiu putih besar terbesar yang tercatat. Dengan berat sebanyak 30 hiu putih besar, megalodon adalah salah satu ikan yang tampak menakutkan. Akan tetapi hiu yang terbesar yang satu ini telah punah sekitar 2,5 juta tahun yang lalu.

Megalodon memang dikenal sebagai hiu raksasa yang menyeramkan. Ia buas dan senang memangsa manusia. Megalodon juga merupakan salah satu hewan predator paling berbahaya di bumi. Ukurannya yang besar ditambah kekuatannya menjadikan mahluk ini.

Fakta Megalodon

Terdapat beberapa fakta hiu Megalodon yang mungkin belum kamu ketahui, antara lain sebagai berikut:

1. Hiu dengan Ukuran Super Besar

Hiu bersejarah yang paling terkenal ini menguasai lautan dari sekitar 17 juta tahun yang lalu hingga hampir tiga juta tahun yang lalu. Predator ini mencapai panjang hingga 60 kaki, membentang sepanjang gerbong. Satu-satunya hewan laut yang melebihi megalodon besar adalah paus biru, yang beratnya mencapai 200 ton, atau hanya lebih dari dua kali lipat ukuran megalodon. Mengutip dari laman Natural History Museum menyatakan, Ahli paleontologi memperkirakan hiu raksasa yang dibutuhkan untuk melahap 2.500 pon makanan sehari. Itu seperti memakan 3.300 kaleng tuna setiap harinya.

2. Menjadi Hiu Kosmopolitan

Hiu Megalodon ini beradaptasi dengan lokasi tropis dan sub-tropis yang hangat di seluruh dunia. Spesies ini tersebar begitu luas sehingga gigi megalodon telah ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

“Kami dapat menemukan banyak gigi mereka di lepas pantai timur Amerika Utara, di sepanjang pantai dan di dasar sungai air asin dan sungai di Carolina Utara, Carolina Selatan dan Florida,” jelas Emma yang dikutip dari Natural History Museum. Hal ini mungkin sebagian karena usia bebatuan, tetapi juga karena mereka dapat dengan mudah ditemukan di dasar laut yang memungkinkan para kolektor untuk menyelam untuk mereka.

3. Rupa Megalodon

Sebagian besar berpendapat dan menunjukkan megalodon tampak seperti hiu putih besar yang sangat besar. Namun, ini sekarang diyakini tidak benar. Karena, fakta nya megalodon kemungkinan memiliki hidung, atau mimbar yang jauh lebih pendek, jika dibandingkan dengan si putih besar, dengan rahang yang lebih rata dan hampir terjepit. Seperti hiu biru, ia juga memiliki sirip dada ekstra panjang untuk menopang berat dan ukurannya.

4. Banyak Gigi Hiu Megalodon

Seperti bagian tubuhnya yang lain, mulut megalodon ini juga besar. Rahang nya bisa terbuka yang cukup lebar bisa untuk menelan dua orang dewasa. Hiu ini menggunakan giginya yang tajam se-ukuran pisang untuk memakan ikan paus, lumba-lumba, anjing laut dan mungkin hiu lainnya. Namun, menjadi ikan terbesar dan paling bergigi di laut tidak selalu melindungi megalodon dari pemangsa. Megalodon yang baru lahir, yang panjangnya hanya sekitar enam kaki, kemungkinan dimakan oleh hiu dewasa lainnya.

5. Tempat Megalodon

Hiu megalodon ini cenderung hidup di sebagian besar wilayah lautan (kecuali di dekat kutub). Akan tetapi terdapat studi yang mengatakan bahwa hewan ini lebih hidup di perairan pantai, karena terdapat beberapa fosil tersebut yang ditemukan di pesisir pantai.

6. Kepunahan Hiu Megalodon

Kita telah mengetahui bahwa megalodon ini telah punah pada 2,6 juta tahun yang lalu. Kapan tepatnya megalodon terakhir mati tidak diketahui pasti, tetapi bukti baru menunjukkan bahwa setidaknya 3,6 juta tahun yang lalu.

Hiu dewasa yang bergantung pada perairan tropis, penurunan suhu laut dan pemanasan global kemungkinan mengakibatkan hilangnya habitat ini. Mungkin juga mengakibatkan mangsa megalodon punah atau beradaptasi dengan air yang lebih dingin dan pindah ke tempat yang tidak bisa diikuti oleh hiu.

Itulah beberapa fakta terkait mengenai ikan terbesar di sepanjang sejarah dan menjadi hiu yang terbesar di berbagai penjuru dunia, akan tetapi hiu ini telah punah dan hingga kini belum di ketahui pasti penyebab kepunahan nya.

Tanggapan

Belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Konten Terkait

Konten Terbaru